ini tips diet saat puasa
Tips Belajar

Tips Diet saat Puasa agar Berat Badan Tetap Ideal

Apakah kamu memiliki niat untuk diet selagi melakukan ibadah puasa di bulan Ramadhan? Jika iya, maka ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan. Saat kamu diet selagi menjalankan ibadah puasa, maka kamu juga harus disiplin. Jika gak, diet yang kamu lakukan akan sia-sia dan bahkan berat badanmu bisa saja naik. Nah, untuk mencegah hal tersebut terjadi dan agar berat badan tetap ideal, maka penting bagi kamu untuk mengetahui tips diet saat puasa. Mengutip dari SehatQ, berikut ini tips diet saat puasa yang bisa kamu lakukan!

Tips Diet saat Puasa yang Harus Kamu Perhatikan

1. Perbanyak minum air putih

Sebaiknya kebutuhan air di tubuhmu selalu tercukupi dengan minum 8 gelas air putih setiap harinya. Kamu bisa menggunakan rumus 2 gelas air putih saat sahur, 4 gelas air putih saat buka puasa, dan 2 gelas air putih sebelum tidur. Dengan begitu, kamu gak akan merasa dehidrasi dan akan melancarkan metabolism tubuh.

2. Hindari junk food dan makanan berminyak

Ketika menjalani diet, tentu makanan junk food dan berminyak menjadi pantangan yang harus kamu perhatikan. Tahukah kamu jika kandungan monosodium glutamate (MSG), pemanis buatan, sodium dan lemak jenuh akan membuatmu mudah lapar dan sulit menahan rasa ingin makan terus menerus? Lemak jenuh yang terkandung dalam makanan tersebut akan menaikkan berat badanmu dengan mudah dan meningkatkan risiko kolesterol jahat (LDL) yang menyebabkan penyakit jantung. Makanya nih, kamu harus menghindari junk food dan makanan berminyak jika ingin diet saat puasa.

3. Hindari makanan dan minuman manis

Mengonsumsi makanan dengan kadar gula yang terlalu banyak justru bisa menyebabkan kenaikan berat badan dengan cepat. Hal ini karena rasa manis tersebut gak dapat mengurangi rasa lapar sehingga menimbulkan keinginan untuk makan lebih banyak. Sebaiknya konsumsi gula secukupnya atau kamu dapat mengganti gula dengan madu agar lebih sehat. Jika ingin berbuka dengan yang manis, buah kurma dapat menjadi solusi karena kurma memiliki banyak nutrisi tubuh butuhkan, seperti serat, mangan dan kalium.

4. Makan dengan perlahan

Karena merasa sangat lapar dan haus, kamu pun menjadi makan dengan kalap begitu buka puasa. Kamu harus hati-hati, loh. Makan dengan cepat dan banyak setelah berpuasa justru dapat mengganggu kesehatan pencernaanmu. Selain itu, kamu pun gak dapat merasakan rasa kenyang dengan benar sehingga kamu cenderung ingin terus makan. Untuk mencegah hal tersebut, sebaiknya kunyah makanan dengan perlahan. Hal ini dapat membantumu memberikan rasa kenyang yang cukup sehingga nafsu makan dan kadar gula darahmu menjadi terkontrol.

5. Perhatikan menu sahur dan buka puasa

Jika ingin melakukan diet saat berpuasa, maka penting sekali untuk tetap menjaga nutrisi yang terkandung dalam menu makanan sahur dan buka puasamu. Kamu bisa memilih menu makanan yang memiliki kandungan karbohidrat yang berasal dari gandum, kentang, oatmeal, nasi merah atau nasi jagung. Selain itu, makanan yang tinggi protein dan lemak sehat juga dapat menjadi pilihan menu dietmu. Pilihlah menu makanan yang dapat diolah sendiri karena kamu dapat menjamin kandungan nutrisinya. Jangan lupa untuk selalu menambahkan buah untuk mencukupi kebutuhan serat, seperti jeruk, melon, semangka, stroberi, apel, dan sebagainya. Selain kaya akan serat, buah-buahan juga dapat menjadi sumber vitamin.

6. Olahraga

Rutin melakukan olahraga dapat membakar kalori dan juga membuat tubuh sehat. Waktu yang tepat untuk berolahraga adalah ketika sebelum atau sesudah buka puasa. Kamu dapat meluangkan waktu 30-60 menit setiap harinya untuk berolahraga. Tentunya hal ini dapat membantu proses penurunan berat badanmu. Tapi ingat, kamu juga harus mengimbangi dengan istirahat yang cukup, ya!

Tentu semua tips diet saat puasa ini akan sia-sia jika gak kamu lakukan dengan konsisten dan sungguh-sungguh. Jangan paksa dirimu untuk melakukan tips di atas ya, misalnya jangan memaksakan diri berolahraga dengan keras. Hal ini karena bukannya menurunkan berat badan, tubuhmu justru bisa sakit.

Baca Juga: Inilah Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2021, 2022, 2023 Hingga Seterusnya

Oh iya, selama bulan puasa ini, kamu juga bisa mengisi waktumu dengan ikutan kelas yang bersertifikat di goKampus, loh. Agar gak bosan menunggu waktu berbuka puasa atau bingung melakukan kegiatan apa setelah sahur, yuk cari kelas yang kamu minati dan ikutan kelasnya dengan klik di sini!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *