syarat donor darah
Tips Belajar

Apa Syarat Donor Darah? Teryata Harus Cek Fisik Hingga Pakaian Loh!

Syarat donor darah sebenarnya gak ribet. Namun karena darah adalah komponen penting bagi tubuh, maka ada persyaratan dan prosedur yang harus dipenuhi terlebih dahulu sebelum melakukan donor darah. Apa sajakah syarat tersebut? Kita bahas yuk. 

Mungkin kamu sudah sering mendengar bahwa donor darah gak hanya baik untuk penerimanya saja. Bagi penderma atau pemberi sumbangan darah, kegiatan donor darah juga baik untuk kesehatan. Itulah kenapa banyak orang yang ketagihan mendonorkan darahnya, bahkan sampai menjadikannya kegiatan rutin. 

Namun, seperti disebutkan tadi, darah memegang peran penting bagi manusia. Tugasnya yang sangat vital, yakni mengantarkan zat makanan dan oksigen ke seluruh tubuh, membuat transfusi darah gak boleh sembarangan. Apalagi masing-masing manusia punya golongan darah yang berbeda-beda. Termasuk juga efek samping yang akan dialami baik pendonor maupun penerimanya. Jadi jangan heran ya, guys, kalau syarat donor darah itu bersifat wajib untuk dipenuhi.

Baca Juga: 5 Manfaat Donor Darah Bagi Generasi Muda

Syarat Donor Darah Berdasarkan Fisik

Tidak semua orang bisa mendonorkan darahnya. Para pendonor akan melewati sejumlah screening sebelum dinyatakan bisa menyumbangkan darahnya. Adapun secara kondisi fisik, umumnya beberapa syarat donor darah meliputi:  

1. Usia 

Usia minimum pendonor adalah 17 tahun. Di usia ini, perkembangan tubuh telah sempurna. Sehingga, mendonorkan darah tidak mengganggu sistem kerja tubuh. Sedangkan batas usia maksimalnya adalah 66 tahun. 

2. Berat Badan

Umumnya, pendonor minimal memiliki berat badan 45 kg. Kurang dari itu, pengurangan darah dikhawatirkan akan mengganggu keseimbangan sistem kerja tubuh.

3. Suhu Tubuh

Suhu tubuh saat melakukan donor darah harus di antara 36,6 – 37,4 derajat Celcius. 

4. Tekanan Darah

Tekanan darah harus normal, yaitu sistole 110 – 160 mmHg, diastole 70 – 100 mmHg.

5. Denyut Nadi

Denyut nadi teratur yaitu sekitar 50 – 100 kali/ menit.

Syarat Donor Darah Sebelum Tindakan

Selain harus melewati prosedur screening kondisi fisik, pendonor yang hendak menyumbangkan darahnya juga dianjurkan untuk mempersiapkan beberapa hal berikut: 

1. Mengenakan pakaian longgar alias tidak terlalu ketat agar dapat memudahkan proses pengambilan darah. 

2. Khusus untuk kamu yang baru pertama melakukan donor darah, upayakan untuk rileks. Kamu bisa mencoba mendengarkan musik, baca buku, atau ngobrol santai dengan sesama pendonor agar proses pengambilan darah berjalan lancar. 

3. Jika kamu sudah biasa melakukan donor darah, proses pencarian pembuluh darah biasanya jadi lebih mudah. Kamu bisa menginformasikan hal ini kepada petugas donor sehingga tercipta suasana santai dan gak bikin tegang.

Tips Lolos Screening Sebelum Donor!

Untuk menghindari kamu gagal mendonorkan darah, ada beberapa tips yang bisa kamu ikuti sebagai berikut: 

1. Minum Cukup

Pastikan kamu mendapat cairan yang banyak sebelum donor darah, terutama saat cuaca sedang panas. Sebab saat donor darah, volume darah kamu akan menurun. Ada baiknya tiga jam sebelum mendonorkan darah, kamu disarankan untuk minum banyak air atau jus buah.

2. Mengonsumsi Asupan Bergizi

Kamu bisa mengonsumsi makanan asin kira-kira 12 jam sebelum mendonorkan darah. Sebab setelah darah diambil, kamu akan kehilangan sekitar 3 gram garam dari tubuh. Makan yang cukup 3-4 jam sebelum donor untuk mencegah lemas, pusing, atau keliyengan setelah donor darah.

3. Zat Besi Cukup

Pastikan kamu telah memenuhi kebutuhan zat besi harian supaya gak kekurangan zat besi. Kamu bisa makan daging sapi, ikan, brokoli, asparagus, bayam, dan sayuran hijau lainnya.

4. Cukup Tidur

Sudah jadi hal umum banyak pendonor yang gagal lolos screening karena begadang di malam sebelumnya. Maka dari itu, pastikan kamu tidur cukup sebelum donor darah. 

5. Jujur Bila Sedang Mengonsumsi Obat

Beri tahu semua jenis obat-obatan yang sedang kamu konsumsi (baik itu obat resep, tanpa resep, vitamin, atau herbal) sebelum mendonorkan darah.

Syarat donor darah cukup mudah, kan? So, tunggu apa lagi? Yuk atur jadwal kamu untuk donor darah. Saatnya kamu berperan penting bagi kemanusiaan dengan berperan dan menyosialisasikan donor darah ya.

Kalau kamu sudah berperan penting untuk sosialisasi donor darah, kini saatnya kamu upgrade skill agar expert di bidang kesehatan atau bidang yang kamu tekuni ya! Kini, semua bisa kamu lakukan di goKampus! Di goKampus, kamu bisa ikut kelas online bersertifikat langsung dari universitas tersohor di Singapura, Nanyang Technological University (NTU). Ada promo cicilan menarik dan diskon up to 65%! Penasaran? Klik di sini dan dapatkan promo terbatasnya .

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *