sekolah tinggi meteorologi
Kategori Kelas

Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, Asyiknya Kuliah Bersama BMKG

Bagi sebagian orang, bidang meteorologi, klimatologi, dan geofisika merupakan hal yang menarik. Apakah hal-hal tentang cuaca, gempa bumi, dan perubahan iklim juga menarik untuk kamu? Jika iya, mungkin kamu bisa mengambil studi di Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG).

Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG) adalah Perguruan Tinggi Kedinasan yang berada di bawah Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) sebagai lembaga acuan utama di Indonesia dalam memberikan informasi meteorologi, klimatologi, geofisika, dan kualitas udara. 

STMKG berfungsi untuk mempersiapkan kader tenaga ahli tingkat madya untuk BMKG, sehingga pembinaannya di bawah Menteri Pendidikan Nasional. Secara teknis operasional pun langsung oleh Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika.

Baca Juga: Tahukah Kamu? Peran Badan Meteorologi Ternyata Bukan Sekadar Meramal Cuaca

Sejarah Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika

Pada tahun 1955, STMKG berdiri di Bandung dengan nama Akademi Meteorologi dan Geofisika (AMG). Kampusnya berada di bawah Institut Teknologi Bandung (ITB). Namun, pada tahun 1960, AMG pindah ke Jakarta. Kampusnya berada langsung di bawah Kantor Lembaga Meteorologi dan Geofisika (LMG).

Pada 1978, AMG berubah nama menjadi Balai Pendidikan dan Latihan Meteorologi dan Geofisika (BPLMG). Statusnya berada di bawah Badan Diklat Departemen Perhubungan. Sejak tahun 2000, BPLMG berubah kembali menjadi AMG dan berada di bawah Badan Diklat Departemen Perhubungan.

Kampusnya juga ikut pindah ke Jl. Perhubungan I No.5, Komplek Meteorologi DEPHUB, Pondok Betung, Bintaro. Sejak 1 Januari 2005, AMG berada di bawah Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG).

Nah, BMG berubah nama menjadi  Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika pada 2014. Karena berada di bawah lembaga tersebut, nama AMG pun ikutan berubah, yaitu menjadi Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG) sampai sekarang.

Kini, STMKG memiliki lima program studi dengan jenjang D4 yakni Klimatologi dan Geofisika, Meteorologi, Klimatologi, Geofisika, dan Instrumensasi Meteorologi.

STMKG memiliki visi menjadi sekolah tinggi yang mampu menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki kompetensi dan berwawasan global. Harapannya, mereka berkompeten di bidang meteorologi, klimatologi, geofisika dan instrumentasi meteorologi, klimatologi dan geofisika.

Sementara, tujuan STMKG adalah menjadi Perguruan Tinggi bertaraf internasional yang mampu menghasilkan alumni dengan kompetensi di bidang meteorologi, klimatologi, geofisika dan instrumentasi meteorologi, klimatologi dan geofisika sesuai dengan standar nasional dan internasional.

Jika kamu tertarik berkuliah di Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, pendaftaran mulai setiap Februari-Maret ya. Tertarik dengan jurusan ini atau kamu sedang menimbang untuk jurusan lain? Kamu bisa daftar kuliah secara cepat dan mudah melalui goKampus ya. Tinggal upload rapor, 1 hari diterima! Semudah itu! Klik di sini untuk pendaftaran!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *