digital marketing
Upskill

Serba-serbi Digital Marketing, Pekerjaan yang Lagi Hits!

Pasti kalian semua sudah sering banget mendengar istilah digital marketing, bukan? Saat ini pekerjaan digital marketing memang lagi hits banget, nih. Penasaran apa itu digital marketing dan gimana sih caranya kerja jadi digital marketer? Sini, goKampus kupas tuntas di artikel ini! Yuk simak supaya lebih paham!

Apa Itu Digital Marketing?

Digital marketing adalah kegiatan pemasaran yang menggunakan media digital melalui internet. Media digital bisa berupa blog, email, media sosial, website, iklan online, dan lain-lain. Digital marketing bisa untuk bisnis apapun mulai dari barang atau jasa tanpa terkecuali.

Digital marketing telah ada dari 1990-an ketika mesin pencarian di internet bernama Archie hadir dan World Wide Web (www) hadir. Kemunculan Archie dan WWW bikin banyak orang mulai explore banyak hal di internet yang kemudian mendorong orang untuk membuat banner iklan secara online. Banner tersebut akan mengarahkan pengguna ke situs pengiklan. 

Pada 2000-an, mulai muncul banyak layanan online, mulai dari email, media sosial sampai e-commerce seperti Amazon, Facebook, YouTube, dan lain-lain. Penemuan smartphone juga bikin orang-orang jadi mudah untuk akses internet dan makin terpapar sama dunia internet. Sejak saat itu, kehadiran digital marketing hadir dalam berbagai bentuk dan mengubah strategi pemasaran dari berbagai perusahaan untuk memanfaatkan teknologi di samping usaha pemasaran secara konvensional. 

Pada 2010-an, layanan-layanan online yang sukses berkembang mulai sadar kalau platform mereka digunakan dalam praktik digital marketing oleh berbagai perusahaan. Layanan online tersebut mulai mengembangkan layanan mereka supaya semakin punya banyak pengguna.

Contohnya, Facebook dan Instagram yang jadi raksasa media sosial. Ketika Facebook mengakuisisi Instagram, sekarang mereka punya layanan Facebook ads di mana brand bisa membayar mereka untuk mengiklankan produk lewat Facebook maupun Instagram. Pasti kalian semua pernah kan, lagi scroll Instagram terus lihat ada iklan di timeline kalian? Itu adalah salah satu contoh aktivitas digital marketing loh, guys.

Jenis-Jenis Aktivitas Digital Marketing

Aktivitas digital marketing itu luas dan banyak banget jenisnya. Secara singkat, digital marketing punya dua jenis, yaitu paid dan organic. Paid marketing berarti usaha digital marketing ini memerlukan biaya untuk pelaksanaannya, sedangkan organic marketing adalah kebalikannya, di mana kegiatannya gak pake biaya alias gratis.

Tentunya, ada kelebihan dan kekurangan dari dua jenis aktivitas digital marketing tadi. Makanya nih, brand selalu melakukan cara keduanya untuk berjalan secara beriringan dan agar mendapatkan hasil yang maksimal.

1. Paid marketing

Sesuai namanya, paid marketing adalah segala jenis upaya digital marketing yang sifatnya berbayar. Hasil dari paid marketing biasanya lebih cepat, lebih mudah untuk terukur, dan memberikan hasil yang lebih baik daripada organic marketing. Beberapa contoh dari paid marketing adalah search engine marketing (SEM), pengelolaan media sosial yang berbayar (paid social media), dan display advertising.

a. SEM

Search engine marketing adalah cara pemasaran di internet untuk meningkatkan visibilitas website di halaman hasil mesin pencarian. Kalau kamu ketik kata kunci di Google dan ada hasil situs brand tertentu di paling atas dengan embel-embel “Ad”, itu adalah contoh SEM brand tersebut. Dengan SEM, kamu bisa menjangkau orang-orang yang memang lagi cari produk atau jasa dari brand yang tawarkan.

b. Paid social media

Penggunaan media sosial memang gratis, tapi ada hal di media sosial yang berbayar, seperti pemasangan iklan melalui media sosial itu sendiri atau lewat influencer. Penggunaan iklan di media sosial ini bisa mendorong brand awareness ke para pengguna media sosial. Dengan mengiklan, kamu bisa menarik orang-orang yang belum jadi followers atau bahkan yang belum tahu brand kamu. 

c. Display advertising 

Aktivitas digital marketing ini adalah bentuk iklan yang memperlihatkan objek secara visual lewat internet. Pernah gak sih, sehabis cari informasi tentang tas incaranmu di Google, tiba-tiba banyak iklan di situs atau media sosial yang kamu kunjungi menampilkan tas incaranmu? Iklan-iklan yang kamu lihat adalah bentuk dari display advertising. Salah satu layanan yang bisa kamu coba untuk display advertising adalah Google Display Network.

2. Organic marketing

Pemasaran organik mengacu pada segala bentuk pemasaran digital yang gak melibatkan iklan berbayar. Beberapa aktivitas dari organic marketing, yaitu email marketing, search engine optimization (SEO), dan organic social media.

a. Email marketing

Email marketing adalah saluran pemasaran yang merupakan bagian dari customer relationship management (CRM). Sesuai dengan namanya, cara kerja email marketing adalah dengan mengirimkan email berisi informasi brand ke konsumen yang sudah terdata. Tujuannya untuk mengikat pelanggan supaya tetap up to date dengan informasi yang kita sebarkan dan agar pelanggan tertarik dan terikat dengan brand.

b. SEO

Search engine optimization adalah upaya untuk mengoptimasi website untuk mendapatkan peringkat teratas di hasil pencarian pada mesin pencarian, seperti Google. Hasilnya kurang lebih seperti SEM, tapi bedanya SEM berbayar, SEO gak berbayar. Untuk bisa mendapatkan traffic tinggi, ada aturan-aturan oleh Google yang harus kamu ikuti dan terapkan. Kamu harus tau cara kerja SEO, algoritma Google, dan indikator utama dari SEO. 

c. Organic social media

Aktivitas digital marketing ini mengacu pada konten yang kamu hasilkan melalui media sosial dari brand kamu secara gratis. Konten bisa berupa tulisan, foto, video, meme, dan lain-lain yang bisa followers kamu nikmati atau bahkan yang belum follow menjadi tertarik dengan media sosialmu. Penggunaan media sosial gak berbayar (organic) penting untuk bangun brand personality, menjaga hubungan dengan konsumen, dan untuk menyebarkan informasi dari brand.  

Itulah serba-serbi tentang digital marketing. Nah, buat yang tertarik menjadi digital marketer, bisa ambil course Digital Marketing Concept di goKampus. Mau kelas sertifikasi gratis? Siapa bilang upgrade skill harus mahal? Bareng goKampus, apalagi lewat program Give One, Get One (GOGO), kamu bisa jadi yang paling top di bidang yang kamu minati!

Dengan berbagai courses di bidang marketingdesignor even more, kamu bisa terus upgrade skill biar jadi expert dari teman-temanmu yang lain. Get 1 course for free and get more free courses saat temanmu juga ikutan kelas menggunakan referral-mu. Yuk, bagikan referral kamu sekarang buat dapatkan kelas gratisnya. Cek program GOGO dari goKampus di sini.

Admin

Hai, Siswa!
Ayo gabung di goKampus!

www.gokampus.com

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *