gangguan bipolar
Upskill

Apa Itu Bipolar? Ini Gejala Dan Penyebabnya

Guys, di era sekarang kamu pasti pernah atau mungkin sering dengar istilah “Bipolar”. Mau dari media sosial, youtube, atau mungkin dari teman-teman kamu sendiri yang pernah menyampaikannya secara langsung ke kamu.

Mungkin di antara kamu yang pernah mendengar pasti butuh informasi yang lebih jelas untuk memberikan gambaran kan sebenarnya apa sih bipolar itu? Nah, goKampus akan kasih kamu informasi tentang bipolar yang dikutip dari Alodokter ya!

Dikutip dari website alodokter, gangguan bipolar adalah gangguan mental yang ditandai dengan adanya perubahan yang drastis pada suasana hati. Penderita gangguan bipolar ini bisa merasa sangat bahagia kemudian berubah menjadi sangat sedih.

Nah, berdasarkan data World Health Organization pada 2017, ada sekitar 45 juta orang di seluruh dunia yang menderita gangguan bipolar. Gangguan ini merupakan salah satu penyebab utama cacat dan kematian akibat bunuh diri di seluruh dunia.

Nah, untuk gangguan bipolar sendiri memang dapat diderita seumur hidup, sehingga diperlukan terapi atau pemberian obat-obatan yang bisa membantu penderita menjalani kegiatan sehari-hari.

Gejala dan Penyebab

Dilansir dari website alodokter, gejala utama gangguan bipolar adanya perubahan suasana hati (mood) yang drastis. Perubahan ini juga bisa terjadi dalam hitungan jam, hari, atau bulan. Gejalanya akan meliputi:

  • Perasaan bahagia atau antusias.
  • Semangat yang menggebu-gebu.
  • Berkurangnya minat pada suatu kegiatan atau pekerjaan.
  • Sulit tidur atau yang biasa dikenal dengan insomnia.
  • Perasaan bersalah secara berlebihan.

Bisa dibilang, penyebab gangguan bipolar belum bisa diketahui secara pasti nih guys. Tapi, kondisi gangguan ini juga bisa terjadi akibat faktor dari genetik, lingkungan, dan gaya hidup.

Pengobatan dan Pencegahan Gangguan Bipolar

Dilansir dari alodokter, metode pengobatan yang mampu dilakukan adalah pemberian obat-obatan dan psikoterapi. Tujuannya adalah untuk mengurangi frekuensi munculnya gejala, membantu penderita kembali beraktivitas seperti biasa, dan menurunkan resiko mengalami gangguan kesehatan lainnya.

Memiliki masalah terhadap kesehatan mental bukan yang perlu ditutup-tutupi ya guys. Jika kamu merasa kamu mengalami gejala serupa. Kamu bisa meminta bantuan ahli profesional ya.

Namun, kadang kamu penasaran gak sih gimana ya caranya untuk bisa belajar banyak hal tentang memahami gejala atau gangguan yang diderita oleh orang lain? Kamu bisa belajar di jurusan-jurusan tertentu loh. Seperti, jurusan psikologi atau kedokteran. Mau cari informasi lengkapnya seputar jurusan dan kampus yang oke di bidang psikologi dan kedokteran?

Ya kamu bisa cari tau lewat goKampus aja! goKampus adalah marketplace pendidikan satu-satunya di Indonesia yang bisa memenuhi kebutuhan pendidikanmu. Kamu cari tau informasi tentang kampus, jurusan, upgrade skill, beasiswa, semua ada di gokampus! Cek lengkapnya di sini yuk: klik di sini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *