macam-macam psikologi
goKampus Tips Belajar Upskill

Seluk Beluk Mata Kuliah Biologi Di Perguruan Tinggi

Hai calon mahasiswa baru khususnya dari anak-anak kelompok jurusan saintek gimana nih persiapannya daftar ke dunia perkuliahan? Sebagai anak-anak kelompok saintek pasti kamu udah mulai mencari-cari dan kepoin jurusan dan mata kuliah yang kamu inginkan kan misalnya seperti jurusan fisika, kimia, maupun mata kuliah biologi.

Meskipun jurusan-jurusan ini semuanya dipelajari waktu SMA, tapi saat masuk dunia perkuliahan, mata kuliahnya ada yang berbeda loh. Nah, sekarang goKampus akan membahas tentang jurusan biologi dan mata kuliah biologi nih. Cek artikel ini yuk!

Jurusan biologi ini adalah sebuah program studi yang mendalami ilmu tentang makhluk hidup,manusia,hewan,tumbuhan, dan mikroba. Nah, beberapa subjek yang akan dipelajari di mata kuliah biologi ini adalah terkait dengan struktur, anatomi organisme, genetika, fisiologi, dan terkait dengan setiap makhluk hidup.

Belajar di jurusan biologi ini bukan cuman bisa belajar tentang makhluk hidup dan lainnya aja nih. Tapi, kamu juga bakal dapat soft skill yang bisa berpengaruh di kamu selama jadi mahasiswa di jurusan ini, softskill yang akan kamu dapat adalah kemampuan melakukan observasi, kemampuan meneliti, kemampuan melakukan analisis, kemampuan berpikir rasional, berorientasi pada detail, serta berbagai hal yang memiliki pemahaman biologi.

Mata kuliah biologi yang akan kamu dapat selama kuliah ada yang mempelajari tentang kehidupan berbagai jenis organisme dan hubungannya dengan ekosistem. Misalnya kamu akan belajar dari soal tumbuhan, struktur perkembangan hewan, konservasi, lingkungan, dan lain sebagainya. Kamu juga akan menemukan mata kuliah biologi seperti struktur dan perkembangan hewan, Struktur dan Perkembangan Tumbuhan, Paleontologi, Ekologi, Biologi Evolusi, Genetika, Sistematika Hewan, Sistematika Tumbuhan, Mikrobiologi, Fisiologi Hewan, Fisiologi Tumbuhan, dll. Selain mata kuliah tersebut, kamu tentu saja akan belajar Matematika, Fisika, dan Kimia dasar untuk menunjang perkuliahan di jurusan Biologi. 

Misalnya nih, untuk membuat suatu pemodelan terhadap proses alam dibutuhkan pemahaman Matematika yang baik. Untuk menjelaskan beberapa fenomena alam, diperlukan pemahaman tentang konsep-konsep Fisika. Begitu pula dalam memahami reaksi-reaksi dalam tubuh makhluk hidup, kamu tidak bisa lepas dari Kimia.

Nah, untuk kamu yang ingin mengambil jurusan biologi, kamu gak perlu khawatir dengan prospek kerja mahasiswa jurusan biologi ini loh karena peluang kerjanya juga banyak banget! Apa aja ya prospek kerjanya di masa depan? Simak ini yuk!

1. Dosen atau tenaga pengajar

Prospek kerja jurusan biologi yang pertama adalah kamu bisa berkarir menjadi seorang dosen atau tenaga pengajar di sebuah universitas. Meskipun kamu harus melanjutkan pendidikan ke S2 terlebih dahulu, tapi menjadi dosen di bidang biologi di sebuah universitas selalu menjadi incaran loh.

2. Penulis

Peluang atau prospek kerja yang selanjutnya adalah kamu bisa berkarir menjadi seorang penulis. Kalau kamu suka banget dengan menulis, kamu bisa bekerja menjadi seorang penulis artikel lepas ataupun jurnal ilmiah. Kamu juga bisa mengisi kolom tulisan atau rubrik yang terkait dengan sains. 

3. Guru

Prospek kerja selanjutnya sebagai mahasiswa lulusan biologi adalah kamu bisa berkarir menjadi seorang guru di SMP atau SMA. Kamu juga bisa memulai langkah menjadi guru honorer atau lembaga bimbingan belajar. Nah, kalau kamu mengikuti tes CPNS dan bisa berhasil masuk, gaji pokok dan tunjangan yang nilainya cukup besar sangat menantimu loh!

4. Wirausaha

Prospek kerja yang selanjutnya adalah kamu bisa berkarir di dunia bisnis menjadi seorang wirausaha. Gak semua lulusan biologi harus berkutat di dunia medis atau penelitian aja loh. Kamu bisa mengubah pandangan tersebut dengan menjadi seorang wirausaha. Kamu juga bisa memanfaatkan ilmu yang kamu dapat selama di bangku kuliah misalnya saja seperti budidaya tanaman dan lain sebagainya.

5. Konsultan

Prospek kerja mahasiswa jurusan biologi yang selanjutnya adalah kamu bisa berkarir menjadi seorang konsultan loh. Kamu bisa bekerja menjadi konsultan lingkungan, atau bisa juga di bagian research and development di sebuah perusahaan.

Kamu juga bisa menjadi freelancer konsultan yang tugasnya untuk memberikan solusi,ide, dan saran terhadap hal-hal yang dimiliki oleh berbagai perusahaan yang membutuhkan hal-hal terkait di bidang teknologi.

Baca Juga: Intip Jurusan Kuliah Anak IPA Yang Cocok Untukmu

6. Ilmuwan Medis

Prospek kerja selanjutnya adalah lulusan biologi, di mana kamu bisa loh berkarir di pekerjaan medis khususnya di bidang analisis kesehatan atau biomedis. Kamu juga bisa bekerja menjadi seorang ilmuwan ahli serangga, mamalia, atau burung yang mungkin akan digunakan untuk pemetaan penyakit yang berasal dari hewan.

7. Analis laboratorium

Prospek kerja selanjutnya yang bisa kamu pilih adalah menjadi seorang analis laboratorium. Kemampuan analis laboratorium bisa berpeluang kerja di BPOM, laboratorium analisis kesehatan, laboratorium uji bahan, dan masih banyak lembaga lainnya.

8. Ilmuwan Internasional

Peluang atau prospek kerja jurusan biologi bisa semakin cemerlang juga nih kalau kamu ingin melebarkan sayap ke dunia internasional. Kamu bisa berkesempatan banget untuk menerbitkan sebuah jurnal ilmiah berdasarkan berbagai riset yang mendalam.

Jadi, kalau kamu mau menjadi ilmuwan internasional, kamu juga bisa loh ikutan program pertukaran pelajar atau study banding ke luar negeri untuk bisa mendapatkan berbagai ide-ide dan cerita dari para ilmuwan di luar sana.

9. Teknisi laboratorium

Selanjutnya adalah kamu bisa berkarir menjadi seorang teknisi laboratorium. Tugasmu adalah untuk mempersiapkan bahan dan alat yang dibutuhkan dalam pekerjaannya di institusi pendidikan tinggi atau sekolah.

10. Peneliti

Prospek kerja biologi yang terakhir dan ini salah satu yang paling banyak dicari adalah menjadi seorang peneliti. Kamu bisa menjadi peneliti ataupun pakar-pakar biologi yang bekerja untuk negara ataupun untuk perusahaan swasta karena peluang kerja ini memiliki peluang yang menjanjikan banget loh.

Daftar kuliah pake aplikasi goKampus 1 jam bisa diterima!!

Gak perlu takut repot kalau daftar kuliah pake aplikasi goKampus, cuman download aplikasi goKampus bisa dapat:

1. Bisa ngeliat 400+ kampus swasta dalam dan luar negeri dalam satu aplikasi doang!

2. Daftar kuliah gak sampe 3 menit udah kelar!

3. Tinggal upload rapor,1 jam udah langsung diterima!

4. Gak cuman kita doang yang daftar kuliah, ajakin temen daftar kuliah juga bisa dapat Rp 50 ribu!

5. Banyak student promo dan event-event yang bisa kamu jelajahi!

Kamu bisa kunjungi dan klik halaman ini untuk cari informasi selanjutnya. Semoga artikel dari goKampus menjawab seluruh kegalauan apa aja jurusan kuliah pilihanmu ya! Jangan lupa, download aplikasi goKampus di Google Play dan App Store, karena ada banyak banget informasi tentang dunia perkuliahan di sana! Bareng goKampus, semua #Pastibisakuliah

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *