keuntungan investasi emas
Tips Belajar

5 Keuntungan Investasi Emas yang Perlu Anak Muda Tahu!

Gak ada kata terlambat untuk mulai investasi. Terdapat berbagai macam investasi yang bisa kamu lakukan, mulai dari emas, saham, deposito, reksa dana, properti, crypto, dan lain-lain. Kelebihan serta keuntungan yang kamu dapat pun bisa berbeda-beda. Apakah kamu tertarik mulai berinvestasi emas? Yuk, cek keuntungan investasi emas di artikel ini!

Keuntungan Investasi Emas

Kamu bisa memulai investasi kapan pun. Investasi adalah penanaman modal yang bisa kamu lakukan dalam kurun waktu tertentu dengan tujuan kamu bisa memetik keuntungan di kemudian hari. Berikut keuntungan investasi emas kalau kamu tertarik memulainya!

1. Nilai emas cenderung selalu meningkat

Investasi emas masih menjadi investasi favorit kebanyakan orang karena nilainya yang terus cenderung naik. Contohnya, nilai emas hari ini sangat jauh berbeda dengan nilai emas pada 5 sampai 10 tahun lalu. Saat ini nilai emas pasti sudah melambung tinggi daripada beberapa tahun lalu.

Harga yang selalu naik dapat menjadi keuntungan bagi pemilik investasi emas. Ketika ia akan menjual emas miliknya maka ia dapat menjual dengan harga yang lebih tinggi sesuai dengan harga emas saat ini. Makanya nih, banyak yang beranggapan kalau emas dapat melindungi kekayaan seseorang.

Selain itu, emas juga dapat melindungi dari inflasi. Pada saat inflasi, nilai mata uang akan turun, tetapi sebaliknya nilai emas malah naik lebih tinggi. Hal inilah yang membuat banyak orang menganggap kalau emas sangat berharga.

2. Mudah untuk kamu cairkan

Emas adalah jenis investasi yang mudah untuk kamu jual kembali. Ketika mulai investasi emas, kamu dapat mencairkan emas tersebut menjadi uang tunai kapan pun kamu mau. Hal ini karena keberadaan emas sebagai logam mulia masih sangat dihargai dan keabsahannya diakui oleh hampir di seluruh dunia.

Selain itu, investasi emas juga bersifat bebas bunga sehingga ketika kamu mencairkan emas menjadi uang tunai, jumlah uang yang kamu terima akan sama dengan nilai emas yang sedang berlaku pada saat itu.

3. Bisa menjadi dana darurat

Emas adalah salah satu investasi yang lebih baik kamu lakukan dalam jangka panjang. Hal ini karena keuntungan emas gak bisa kita dapatkan dalam jangka waktu yang cepat.

Kenaikan harga emas memang hanya beberapa tahun sekali. Namun, karena likuiditas emas yang tinggi, yaitu bisa kamu cairkan kapan pun, maka emas dapat menjadi salah satu opsi dana darurat jika kamu sedang mengalami krisis.

Emas juga dapat menjadi tabungan masa pensiun kamu, loh. Makanya nih, ketika kamu rajin menabung emas, tanpa sadar kamu juga memperkuat keadaan finansialmu di masa depan.

Baca Juga: Keuntungan dan Kerugian Investasi Emas Antam, Wajib Tahu!

4. Siapa saja bisa investasi emas

Saat ini, siapapun bisa memiliki investasi dengan mudah, baik yang berbentuk fisik maupun non fisik. Kamu bisa membeli emas melalui aplikasi investasi atau datang langsung ke lokasi penjualannya.

Gak ada patokan khusus kapan waktu yang tepat untuk memulai investasi emas. Selama kamu memiliki tabungan yang cukup, kamu bisa membeli emas mulai dari gram yang paling kecil.

Namun, perlu diingat, kamu gak perlu menunggu kapan waktu nilai emas turun. Kamu bisa mulai menabung emas sedini mungkin atau mulai dari sekarang.

5. Risiko investasi yang rendah

Emas memiliki risiko investasi yang kecil dan sangat cocok untuk para pemula atau anak muda yang baru mulai berinvestasi. Tingkat kerugian investasi emas cenderung sangat rendah.

Tahukah kamu jika kondisi fisik emas yang sudah lama kita simpan gak akan menurunkan kualitas dan nilai dari emas tersebut? Makanya nih, kita tetap akan mendapatkan harga yang sesuai dengan nilai jual yang berlaku.

Namun, tentunya perlu tingkat konsistensi yang tinggi jika ingin mendapatkan keuntungan yang tinggi di kemudian hari. Salah satu caranya, kamu harus rajin menabung emas setiap bulan sebagai contoh.

Itulah penjelasan mengenai 5 keuntungan investasi emas. Selain emas, kamu bisa berinvestasi di instrumen lainnya, seperti saham. Namun, sebelum mulai investasi, sebaiknya kamu mempelajari mengenai saham terlebih dahulu.

Yuk, belajar langsung dari profesional yang berpengalaman di bidangnya melalui kelas bersertifikat Memilih Investasi Saham di sini yang bisa kamu ikuti dari mana saja secara online. Selain itu, kamu juga akan dapat sertifikat dari institusi ternama Singapura. Keren, kan? Cus, ikutan sekarang!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *