prospek kerja agribisnis
Kategori Kelas

Prospek Kerja Agribisnis, Gak Cuma Jadi Petani Loh!

Tonton Sekarang

Beberapa dari kamu mungkin berpikir kalau lulusan agribisnis hanya bisa menjadi petani. Oh, tentu gak semuanya seperti itu. Prospek kerja agribisnis itu banyak banget karena kamu akan mempelajari berbagai ilmu, mulai dari saintek hingga soshum serta harus bisa menguasai bisnis dan kewirausahaan, serta berbagai ilmu lainnya. Berbekal ilmu pengetahuan tersebut, kamu tentu bisa bekerja di mana saja hingga membuka lapangan pekerjaan sendiri. Yuk, ketahui berbagai prospek kerja agribisnis di artikel ini!

Prospek Kerja Agribisnis yang Perlu Kamu Tahu

Ternyata lulusan agribisnis memiliki berbagai prospek kerja yang menjanjikan. Intip satu per satu prospek kerja agribisnis di bawah ini kalau kamu penasaran!

1. Entrepreneur

Lulusan agribisnis tentunya sudah memiliki ilmu terkait bisnis. Ketika lulus kuliah itulah kesempatanmu untuk mengaplikasikan seluruh ilmu yang kamu dapatkan di bangku kuliah. Kamu bisa membuka lahan pertanian, peternakan, perikanan, perkebunan, dan sebagainya. Gak hanya di sektor pertanian, kamu juga bisa membuka bisnis pangan, minuman hingga bisnis peralatan yang dibutuhkan dalam pertanian. Selain membantu masyarakat menyediakan bahan pangan yang berkualitas, dengan menjadi entrepreneur kamu juga menyediakan lahan pekerjaan.

Baca Juga: Mau Terjun ke Dunia Agribisnis? Kenali Peluang Usahanya!

2. Ahli bioteknologi

Jika kamu memiliki minat lebih dalam biologi, maka prospek kerja agribisnis yang satu ini cocok banget buat kamu. Ahli teknologi adalah seseorang yang memiliki keahlian untuk memanfaatkan bakteri, virus, fungi, dan lainnya untuk produksi barang atau jasa. Pemanfaatan itu bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

3. Konsultan pertanian

Sebagai konsultan pertanian, kamu akan bertanggung jawab untuk memberikan pengarahaan, pembinaan, dan penyuluhan dalam bidang pertanian. Kamu bertugas untuk membantu para petani agar dapat meningkatkan kualitas produknya dan mengedukasi perkembangan teknologi sehingga keuntungan yang didapatkan akan meningkat.

4. Peneliti

Jika kamu senang mengembangkan berbagai teknologi pangan atau sejenisnya, maka kamu bisa menjadi peneliti. Sebagai peneliti, kamu bisa mengembangkan atau menciptakan bibit-bibit tanaman atau meneliti tanah yang berpotensi bagus untuk bercocok tanam. Kamu bisa bergabung dengan berbagai instansi, baik instansi pemerintah atau non pemerintah, contohnya Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia atau Kementerian Pertanian.

5. Dosen atau akademisi

Dengan menjadi dosen, kamu bertugas untuk mengenalkan dan mengajarkan berbagai ilmu agribisnis kepada mahasiswa. Namun, untuk menjadi dosen atau akademisi, kamu perlu melanjutkan pendidikanmu ke jenjang S2. Keahlian yang dibutuhkan untuk menjadi seorang dosen adalah mampu untuk berpikir kritis, menganalisis masalah, meneliti, dan memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik.

6. Sales atau marketing pertanian

Indonesia memiliki banyak sekali kekayaan sumber daya alam, dan merupakan tempat yang tepat untuk melakukan agribisnis dan prospek kerja agribinis yang satu ini juga bisa menjadi salah satu pilihanmu. Sebagai marketing agribisnis, kamu bertugas untuk memasarkan produk kekayaan alam tersebut, khususnya di perusahaan yang memiliki fokus di bidang pertanian atau pengolahan makanan.

7. Pegawai bank

Lulusan agribisnis juga bisa bekerja di perbankan loh, apalagi bagi kamu yang memiliki minat di dunia ekonomi. Nantinya kamu akan bertanggung jawab untuk membantu dan mengoordinasikan petani-petani yang ingin mengajukan kredit untuk modal bercocok tanamnya. Karena lulusan agribisnis dinilai lebih memahami dan dapat berkomunikasi dengan baik kepada para petani tersebut.

Terbukti banyak kan prospek kerja agribisnis yang ternyata menjanjikan? Yuk, ketahui informasi mengenai jurusan yang kamu minati di Direktori Jurusan tau klik di sini untuk cek jurusan yang berhubungan dengan agribisnis!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *