manajemen agribisnis
Kategori Kelas

Manajemen Agribisnis Belajar tentang Apa Sih?

Tonton Sekarang

Dalam mempelajari agribisnis, ada salah satu hal yang penting kamu kuasai, yaitu manajemen agribisnis. Manajemen agribisnis berperan penting dalam kesuksesan bisnismu karena erat kaitannya dengan perencanaan dan pengelolaan bisnis. Makanya ada mata kuliah serta peminatan sendiri di jurusan agribisnis. Beberapa kampus malah menjadikan manajemen agribisnis ini sebagai program studi. Nah, supaya makin paham dan gak bingung lagi, langsung aja simak penjelasannya di artikel ini ya!

Manajemen Agribisnis Belajar Apa?

Mengutip dari buku Manajemen Agribisnis karya Mardia, Nurlina, Megawati, Sugiarto, Amruddin, Dhanang, Maria, dan Budi Utomo (2010), manajemen agribisnis adalah proses untuk mencapai hasil dan keuntungan yang diinginkan dalam bidang agribisnis. Secara umum, manajemen agribisnis dapat berupa pemasaran dan penjualan, produksi dan operasi, pengelolaan dan perencanaan keuangan, serta pengelolaan sumber daya manusia.

Terdapat beberapa unsur fungsi manajemen agribisnis yang sangat penting dan dapat memengaruhi keberhasilan bisnis. Ketika kamu memiliki bisnis di bidang ini, pastikan kamu melakukan hal berikut!

  1. Perencanaan bisnis. Hal ini ini harus matang dan melibatkan semua faktor agar dapat mencapai hasil yang bisnismu capai. Perencanaan juga berguna untuk mempersiapkan bisnis di agribisnis untuk menghadapi berbagai kondisi di masa depan.
  2. Struktur organisasi. Sangat penting untuk membuat struktur organisasi yang terdiri dari sumber daya manusia dan lainnya agar tujuan dari bisnis dapat tercapai dengan efektif.
  3. Directing atau adanya pemimpin yang bertugas mengawasi, mengarahkan, memotivasi, mendelegasi, dan mengevaluasi sumber daya. Pencapaian bisnis tergantung dari kualitas pemimpinnya.
  4. Pengendalian, pemantauan, dan evaluasi rangkaian aktivitas. Dengan adanya aspek-aspek tersebut maka pimpinan bisa mengukur dan membandingkan seberapa jauh realita yang ada dengan ekspektasi yang bisnismu telah tetapkan.

Kenapa Penting untuk Bisnis?

Mempelajari manajemen agribisnis sangat penting karena ada berbagai strategi, usaha, tujuan bisnis hingga hal-hal yang bisnis harus lakukan ke depannya. Jika menerapkan manajemen ini dengan baik, maka kamu bisa melakukan antisipasi sebagai berikut:

  1. Mampu mengantisipasi jika terjadi serangan hama dan penyakit lainnya pada tanaman.
  2. Mengetahui dan memerhatikan musim sehingga hasil panen akan menjadi maksimal.
  3. Mampu memperhatikan karakter lahan tanaman.
  4. Mampu memperhatikan karakter alami dari komoditas.

Indikator Keberhasilan Manajemen Agribinis

Manajemen yang kamu jalankan dapat terbilang berhasil jika ada berbagai indikator berikut ini!

1. Meningkatkan kesejahteraan petani

Manajemen terbilang berhasil jika mampu meningkatkan kesejahteraan petani. Maksud dari kesejahteraan adalah peningkatan pertanian dan pengolahan hasil pertanian, peningkatan kualitas pertanian, dan peningkatan nilai ekspor produk pertanian.

2. Peningkatan lapangan kerja

Adapun tandanya ialah semakin banyaknya jumlah usaha agribisnis di pedesaan, dan menurunnya tingkat pengangguran.

3. Peningkatan ketahanan dan ketersediaan sumber pangan

Hal ini ditandai dengan menurunnya impor pangan, menurunnya jumlah orang yang kekurangan bahan pangat, dan meningkatnya berbagai konsumsi pangan nonberas.

4. Peningkatan layanan pada petani

Semakin banyak pengembangan teknologi agribisnis untuk mendukung kegiatan pertanian. Selain itu, pusat pelayanan kredit dan sarana produksi pertanian juga tersedia di banyak tempat sehingga sentra pasar agribisnis dapat terbentuk di berbagai daerah.

Baca Juga: Mau Terjun ke Dunia Agribisnis? Kenali Peluang Usahanya!

Nah, sekarang kamu paham kan kenapa manajemen agribisnis sangat penting? Yuk, ketahui informasi mengenai jurusan yang kamu minati di Direktori Jurusan atau klik di sini untuk cek jurusan yang berhubungan dengan agribisnis!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *