hari pers nasional 2022
Kategori Kelas

Kapan Hari Pers Nasional 2022, 2023, dan Seterusnya? Cek Juga Sejarahnya di Sini!

Sadarkah kamu, melalui media massa kita dapat menemukan berbagai informasi yang kita butuhkan, mulai dari isu-isu terkini, berita tentang politik dan ekonomi, dan sebagainya. Bayangkan, jika gak ada media massa dan media sosial, tentu kita akan kesulitan untuk mendapatkan informasi terkini. Peran pers memang sangatlah besar, tetapi kamu mungkin bertanya-tanya tanggal berapa atau kapan Hari Pers Nasional 2022, 2023 dan seterusnya? Yuk, ketahui peringatan dan sejarah Hari Pers Nasional di artikel ini!

Kapan Hari Pers Nasional 2022, 2023, dan Seterusnya?

Mengutip dari Gramedia.com, hingga kini, melalui media massa, wartawan atau jurnalis memberikan informasi dan pemberitaan untuk masyarakat Indonesia. Namun, berkat peran penting wartawan atau jurnalis, yang mungkin jadi pertanyaan di benak kita, untuk memperingati pentingnya peran pers, kapan atau tanggal berapa sih kita bisa turut merayakan Hari Pers Nasional 2022 atau Hari Pers Nasional untuk setiap tahunnya? Jawabannya, setiap 9 Februari, Indonesia memperingati Hari Pers Nasional sebagai apresiasi atas peran pers di negeri kita yang tercinta ini.

Lalu, Bagaimana Sejarah Hari Pers Nasional?

Hari Pers Nasional rupanya memiliki cerita dan sejarah yang menarik, loh. Mengutip dari Kompas.com serta Tempo.co, mulanya pencetus gagasan Hari Pers Nasional adalah tokoh-tokoh pers yang hadir pada Kongres ke-16 Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) pada 4 Desember 1978 di kota Padang. Gagasan tersebut berisi agar Hari Pers Nasional dapat ditetapkan setiap 9 Februari sesuai dengan hari lahir PWI, yaitu 9 Februari 1946.

Hari Pers Nasional adalah hari untuk memperingati peran pers nasional di Indonesia. Namun, gagasan terkait Hari Pers Nasional tersebut gak langsung mendapat persetujuan, loh. Sampai akhirnya, pada sidang Dewan Pers ke-21 di Bandung pada 19 Februari 1981, gagasan penetapan Hari Pers Nasional pun mendapat persetujuan. Namun, gagasan ini masih belum Presiden Soeharto setujui pada saat itu.

Meskipun begitu, peringatan Hari Pers Nasional pertama kali ialah saat ulang tahun ke-35 PWI di Banjarmasin pada 1981. Pada 1985, akhirnya Presiden Soeharto menyetujui penetapan Hari Pers Nasional. Penetapan ini tertulis pada Keputusan Presiden (Keppres) No. 5 Tahun 1985 dan telah Presiden Soeharto tanda tangani.

Mengutip dari web resmi JDIH BPK RI, penetapan Hari Pers Nasional tertulis pada pasal 1 Keppres no. 5 Tahun 1985 yang berbunyi:

  1. Tanggal 9 Februari adalah Hari Pers Nasional.
  2. Hari Pers Nasional sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) bukan merupakan hari libur.

Tertulis juga dalam Keppres tersebut bahwa penetapan Hari Pers Nasional resmi dalam rangka terus mengembangkan kehidupan pers nasional Indonesia sebagai pers yang bebas dan bertanggung jawab berdasarkan Pancasila. Sejak penetapan itulah, peringatan resmi Hari Pers Nasional jatuh pada 9 Februari 1985 di Gedung Utama Pekan Raya Jakarta.

Perayaan Hari Pers di Indonesia

Hingga saat ini, perayaan Hari Pers Nasional setiap tahunnya selalu diselenggarakan di ibu kota provinsi secara bergantian. Pada 9 Februari 2022, perayaan Hari Pers Nasional berada di Kendari, Sulawesi Tenggara dengan tema “Sultra Jaya, Indonesia Maju”. Mengutip dari web Tirto.id, peringatan Hari Pers Nasional 2022 memiliki 3 tujuan utama, yaitu berkontribusi kepada pembangunan daerah, menyuarakan kepentingan nasional, dan membahas isu-isu strategis terkait kehidupan pers nasional. Ternyata besar sekali ya peran pers bagi Indonesia.

Baca Juga: Jadi Jurnalis Hebat? Kuliah di Jurusan Jurnalistik, Yuk!

So, sekarang kamu sudah tahu kan kapan Hari Pers Nasional 2022 atau Hari Pers Nasional setiap tahunnya? Yuk, ketahui informasi mengenai jurusan yang kamu minati di Direktori Jurusan tau klik di sini untuk cek jurusan yang berhubungan dengan jurnalistik kalau kamu tertarik atau minat menjadi bagian dari pers atau wartawan.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *