jurusan perbankan
Kategori Kelas

Prospek Karir Jurusan Perbankan Terpopuler

Perkembangan industri perbankan yang makin pesat membuat kebutuhan tenaga profesional di bidang ini semakin tinggi. Itulah mengapa jurusan perbankan makin diminati calon mahasiswa. Selain memiliki peluang kerja yang cerah, prospek karier dan gajinya juga tinggi. Penasaran? Kita bahas selanjutnya. 

Jurusan perbankan adalah jurusan yang mempelajari proses operasional bisnis dunia perbankan secara keseluruhan. Jadi bukan hanya operasional bank, hal-hal seperti lalu lintas transaksi luar negeri, manajemen risiko dan kredit, hingga soal ekonomi dunia juga akan kamu pelajari. 

Apalagi industri perbankan terus berkembang dengan pesat. Artinya, banyak inovasi, banyak pula hal baru yang harus diadaptasi kampus-kampus di Indonesia. Mata kuliah dan pelajaran pun harus dinamis. Seperti bagaimana bank beroperasi secara digital, bagaimana mengelola dana nasabah dengan praktis, bagaimana manajemen serta regulasi harus berubah, finansial teknologi, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: 5 Produk Perbankan yang Bermanfaat Untuk Mahasiswa

Mata Kuliah Jurusan Perbankan

Pada dasarnya ada enam bidang yang terkait dengan jurusan perbankan, yaitu keuangan, akuntansi, administrasi niaga, keuangan syariah, customer service, dan ekonomi. Setiap kampus tentu memiliki kurikulum masing-masing. Tapi secara umum,  beberapa mata kuliah jurusan perbankan meliputi: 

Pengantar AkuntansiMatematika EkonomiKeuangan dan Perbankan Internasional
Manajemen KeuanganEkonomi MoneterManajemen Kredit
PerpajakanManajemen Pemasaran BankManajemen Operasional
Bank dan Lembaga Keuangan LainPasar dan Instrumen KeuanganManajemen Supervisi
Produk-produk BankTeori Perbankan ModernStudi Kelayakan Bisnis
Jasa-jasa BankAkuntansi PerbankanHukum Perbankan
Komunikasi BisnisAnalisa Laporan KeuanganLalu Lintas Pembayaran Luar Negeri
Audit PerbankanPerdagangan InternasionalMata Uang Asing

Prospek Karier yang Menjanjikan

Jurusan perbankan memiliki prospek karier yang cerah. Tapi perlu kamu tahu juga bahwa lulusan jurusan ini nggak hanya bekerja di bank atau lembaga keuangan lainnya. Jebolan jurusan ini juga bisa berkarier di perusahaan bidang keuangan dan perpajakan. Berikut beberapa contoh pekerjaan yang biasanya membutuhkan lulusan jurusan perbankan: 

  1. Analis Kredit
  2. Supervisor Kredit
  3. Ekspor-impor
  4. Valuta Asing
  5. Administrasi
  6. Marketing Bank
  7. Funding Officer
  8. Account Officer
  9. Customer Service
  10. Teller
  11. Akuntansi & Perpajakan
  12. Back Office
  13. Analis Keuangan

Setelah mengetahui prospek kariernya, apakah kamu sudah cukup tertarik memilih jurusan Perbankan? Pastikan kamu memilih jurusan dan universitas terbaiknya di goKampus ya!

Sembari menjalani proses daftar atau masa perkuliahan, jangan lupa untuk menguasai bahasa Inggris yang memudahkan kamu mendapatkan peluang karir terbaik saat terjun ke dunia kerja! Sebagai bahasa internasional, dengan menguasai percakapan Inggris, peluang kamu untuk kerja di perusahaan multinasional terbuka lebar dan bisa memperluas jaringan bisnis dari berbagai negara bagi kamu yang menjalani dunia usaha.

Di goKampus, kamu bisa belajar bahasa Inggris secara instan dengan mengikuti kelas Cepat Cakap Bahasa Inggris untuk Perbankan dan Keuangan di sini.

Jangan lupa untuk pakai kode voucher GOCAKAP untuk dapat diskon hingga Rp30 ribu setiap pembelian kelas minimal Rp250 ribu bagi kamu yang ikutan kelas Cakap di goKampus. Kode vouchernya bisa kamu gunakan untuk lebih dari 1 kelas, loh. Buruan upgrade kemampuan komunikasimu mumpung diskon berlaku! Kamu juga bisa pilih kelas Cakap lainnya di sini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *