Menyambut hari pertama akan selalu merasa menyenangkan, menegangkan, sekaligus menakutkan. Semua perasaan menjadi satu tercampur aduk entah berantah. Ada pula perasaan bingung untuk menghadapinya. Begitu juga dengan hari pertama kuliah.

Kilas balik saat kamu menyambut hari pertama sekolah, baik itu SMP maupun SMA. Kalau SD, pastinya masih didampingi oleh orang tua. Bagaimana kamu menghadapi hari bersejarah itu? Hanya diam saja karena tidak ada yang dikenali? Atau bertingkah seperti layaknya kamu sudah mengetahui lingkungan sekolah itu dan juga sudah mengenal beberapa teman?

Baca Juga: Apa Itu Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung?

Namun, kehidupan SMP dan SMA sangatlah berbeda dengan kehidupan di bangku kuliah. Perbedaan yang paling menonjol adalah kemandirian. Dengan status sebagai mahasiswa, kamu dituntut untuk mandiri. Kamu yang menentukan kelas kuliah sendiri. Berbeda di bangku SMP ataupun SMA yang sudah ditentukan oleh pihak sekolah.

Tidak perlu merasa khawatir harus bagaimana untuk menghadapi hari pertama kuliah. Berikut ini 3 hal yang patut untuk kamu lakukan demi hari pertama kuliah berjalan lancar dan sukses, serta tentu saja menyenangkan.

1. Kenakan Pakaian Terbaikmu

Hal pertama yang harus kamu lakukan untuk memastikan hari pertama kuliah berjalan sebagaimana mestinya adalah dengan memilih pakaian. Pilihlah pakaian terbaik yang kamu miliki untuk menjalani kuliah di hari pertama.

Bukan fakta baru kalau orang lain menilai seseorang dari penampilan. Tentu kamu tidak ingin dinilai buruk karena mengenakan pakaian yang tidak sesuai dengan tempatnya. Untuk itu, kenakan pakaian terbaik yang mencirikhaskan diri kamu.

Pakaian terbaik yang dipilih tentu saja harus tetap sopan. Untuk kamu seorang wanita, kalau ingin mengenakan rok, sebaiknya jangan yang terlalu mini. Sementara untuk pria, jangan kenakan celana pendek pastinya.

Dengan mengenakan pakaian terbaik, kamu akan merasa percaya diri. Sehingga, meskipun menjalani hari perdana kuliah, perasaan tegang dan takut dapat sedikit teratasi dengan hal pertama ini.

2. Jangan Terlambat

Hal kedua yang sangat penting untuk kamu perhatikan adalah mengecek jadwal kuliah. Jangan sampai kamu terlambat. Karena jika terlambat di hari pertama kuliah, bagaimana dengan hari-hari berikutnya? Bagaimana juga dengan harga diri kamu dan penilaian orang lain terhadap dirimu?

Untuk memastikan kamu tidak terlambat di hari bersejarah sebagai mahasiswa, cek lebih dulu jadwal kuliah. Lakukan ini pada malam hari sekaligus juga pasang alarm untuk membangunkan kamu di pagi hari. Dengan begitu, tidak ada kata terlambat.

3. Berkenalan Dengan Orang Lain

Berikutnya dalam hal yang harus kamu lakukan untuk memastikan hari perdana kuliah berjalan menyenangkan adalah berkenalan dengan orang lain. Ini tentu tidak mudah untuk dilakukan, terlebih bagi kamu yang bersifat introvert.

Kalau kamu tidak berani untuk lebih dulu mengajak orang lain berkenalan, maka sebaiknya tunggu orang lain menyapamu. Terpenting, bersikaplah ramah dan sopan ketika orang lain menyapa dan ingin berkenalan denganmu.

Tertutup boleh dengan orang baru. Namun, jangan sampai itu membatasi dirimu untuk berkenalan dengan banyak orang. Karena berkenalan dengan banyak orang, itu akan membantu kamu dalam beradaptasi. Bahkan tidak hanya itu saja, keuntungan lain akan kamu dapatkan. Salah satunya dalam hal tugas kuliah, atau menambah wawasan ilmu pengetahuan lainnya di bidang lain.

Namun juga jangan terlalu terbuka. Hal itu akan merugikan diri kamu sendiri tentunya. Mengingat, itu adalah orang baru yang belum benar-benar kamu kenal. Rahasia tetap jadi rahasia.

Informasi-informasi seputar dunia perkuliahan menjadi lebih mudah didapatkan. Caranya langsung saja download goKampus sekarang juga di Google Play Store dan App Store! Informasi seperti dana pendidikan, event kampus, promo mahasiswa hingga beasiswa dan magang hanya cukup lewat satu aplikasi, goKampus. Bahkan, proses pendaftaran kuliah juga bisa dilakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like