jurusan kesehatan masyarakat
Kategori Kelas

Menjadi MIRACLE Lewat Jurusan Kesehatan Masyarakat

Sadarkah kamu, seiring dengan berjalannya waktu, jurusan yang berhubungan dengan kesehatan ternyata masih tetap menjadi jurusan yang populer di kalangan para calon mahasiswa loh. Sebut saja jurusan kedokteran yang selalu banjir peminat. Tapi, jurusan yang berhubungan dengan kesehatan ternyata gak cuma kedokteran aja loh. Banyak jurusan lainnya seperti kesehatan masyarakat, yang juga memiliki banyak peran penting dalam kehidupan manusia. Tentunya bukan hanya di bidang kesehatan aja guys, jurusan kesehatan masyarakat juga punya peran penting dalam sektor sosiologi dan ekonomi masyarakat loh. Keren banget kan!

Loh, emang di jurusan ini kita bakal belajar apa aja?

Ehem, daripada bingung, mending kita langsung kenalan aja yuk sama jurusan kesehatan masyarakat. Kalau kata orang kan ‘tak kenal, maka tak sayang’, siapa tahu setelah pdkt lebih jauh, kamu semakin tertarik dengan dunia kesehatan. Kayak kalau kamu lagi pendekatan sama doi gitu deh! *eh

Apa Itu Jurusan Kesehatan Masyarakat?

Semakin banyak orang yang menyadari, menjadi sehat jasmani dan rohani adalah prioritas utama dalam kehidupan manusia. Tentu hal ini dapat dibenarkan sepenuhnya. Tahukah kamu, dilansir dari website Penabulu Foundation, kesehatan masyarakat ternyata memiliki peran penting pada kesejahteraan suatu negara loh. Misalnya, kesehatan dapat memengaruhi kualitas sumber daya manusia, hingga pembangunan ekonomi di suatu wilayah.

Nah, penjelasan di atas tadi berkaitan dengan adanya jurusan kesehatan masyarakat, atau yang biasa disingkat kesmas. Jurusan kesehatan masyarakat adalah jurusan yang fokus mempelajari bagaimana cara meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat di suatu wilayah. Mulai dari mempelajari hubungan antara manusia dan lingkungan sekitarnya, mempromosikan pentingnya kesehatan sosial, hingga melakukan pencegahan dan pengobatan dari suatu penyakit.

Hal yang Akan Kamu Pelajari di Jurusan Kesmas

Di jurusan ini kamu akan belajar mengenali kondisi lingkungan yang beragam, berbagai penyakit yang ada di lingkungan tersebut, seperti apa penyebarannya di masyarakat, apa dampak yang ditimbulkan bagi kesehatan masyarakat, bagaimana cara mengobatinya, dan apa yang dapat dilakukan untuk mencegah penyakit tersebut datang lagi. Kamu juga akan diajarkan bagaimana melakukan pendekatan dan sosialisasi terkait pentingnya hidup sehat pada masyarakat setempat, agar orang yang sehat tidak mudah terkena penyakit. Karena di Indonesia sendiri, kesehatan masyarakat sangat dipengaruhi oleh faktor lingkungan, pola perilaku masyarakat, serta fasilitas dan pelayanan kesehatan.

Metode Pembelajaran

Metode pembelajaran di jurusan kesehatan masyarakat bervariasi. Kamu tidak hanya dibekali dengan teori saja, melainkan kamu akan merasakan praktek langsung ke lapangan dan berinteraksi dengan banyak orang. Contoh praktek lapangan yang dimaksud, misalnya melakukan survei dan investigasi dari suatu wabah penyakit, pengolahan limbah agar tidak berbahaya bagi kesehatan masyarakat, perencanaan dan evaluasi program kesehatan, melakukan sosialisasi kesehatan, pengendalian penyakit, hingga melakukan studi kasus terkait pola perilaku hidup sehat masyarakat setempat. Nantinya ketika lulus, mahasiswa akan memperoleh gelar Sarjana Kesehatan Masyarakat (S.KM).

Baca Juga: Daftar Universitas Dengan Jurusan Kesehatan Masyarakat Terbaik Indonesia

Mata Kuliah Jurusan Kesehatan Masyarakat

Sebagai calon sarjana kesehatan masyarakat, kamu dituntut untuk memiliki kemampuan dasar yang disebut “MIRACLE”, agar siap menjadi ahli kesehatan masyarakat. Dilansir dari website Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin, kemampuan yang dimaksud adalah:

1. Manager – mampu mengelola Program Kesehatan Masyarakat

2. Innovator – mampu melakukan pembaharuan

3. Researcher – melakukan penelitian, menemukan data dan bukti yang relevan

4. Apprentice – mampu belajar dalam tim dan bekerja secara cepat

5. Communitarian – dapat bekerja di tengah masyarakat

6. Leader – memimpin dan pengambil keputusan

7. Educator – menjadi tenaga pendidik bagi orang untuk hidup sehat

Berikut mata kuliah yang umumnya dipelajari dalam jurusan kesmas, agar seorang mahasiswa dapat mencapai kemampuan-kemampuan “MIRACLE”.

1. Ilmu Kesehatan Masyarakat11.  Ekonomi Kesehatan
2. Dasar Kesehatan Lingkungan12.  Kebijakan Kesehatan
3. Biomedik13.  Etika dan Hukum Kesehatan
4. Biostatik14.  Promosi Kesehatan
5. Epidemiologi15.  Surveilan dan Wabah
6. Kependudukan/Demografi16.  Sistem dan Informasi Kesehatan
7. Kesehatan Reproduksi17.  Biologi Molekuler
8. Gizi dalam Kesehatan dan Penyakit18.  K3 Dasar
9. Keselamatan dan Kesehatan Kerja19.  Ilmu dan Teknologi Pangan
10.  Sosiologi dan Antropologi Kesehatan20.  Keamanan Makanan dan Kesehatan

Gimana? Semakin tertarik belajar kesehatan masyarakat untuk meraih cita-citamu? Nah kan, gak cuma kedokteran aja, jurusan ini juga memiliki prospek kerja yang menjanjikan loh! Penasaran apa saja prospek kerja ahli kesmas? atau kampus mana saja yang terdapat jurusan kesmas? Kamu bisa cari tahu di website goKampus! Klik di sini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *