mata kuliah manajemen
Kategori Kelas

Bingung Belajar Apa? Intip Mata Kuliah Manajemen

Siapa sih yang gak pernah dengar dengan jurusan manajemen? Jurusan manajemen merupakan salah satu jurusan favorit di bidang ekonomi dan bisnis buat para pelajar Indonesia yang lagi nyari-nyari kuliah nih. Selain bisa dibilang cukup populer, mata kuliah manajemen juga bisa dibilang sangat mudah untuk ditemukan dan cocok di kehidupan sehari-sehari.

Saking terkenalnya jurusan manajemen, peminat mahasiswa baru di jurusan ini setiap tahun selalu bertambah dan jurusan ini hampir bisa ditemukan di kampus mana aja. Para lulusan manajemen juga diminati oleh banyak perusahaan besar karena dijamin akan punya prospek kerja yang luas dan gak terbatas.

Tapi, sebenarnya di dalam jurusan manajemen ternyata masih banyak loh cabang-cabang peminatan dengan konsentrasi jurusan yang lebih spesifik. Peminatan ini biasanya akan dilakukan ketika kamu memasuki semester akhir dan ini merupakan bagian dari mata kuliah manajemen lanjutan.

Jadi, buat kamu yang penasaran dengan konsentrasi atau peminatan apa yang mau kamu pilih di mata kuliah manajemen, simak artikel ini ya!

Minat yang Sesuai Dengan Mata Kuliah Manajemen

1. Manajemen Sumber Daya Manusia

Konsentrasi manajemen yang pertama adalah manajemen sumber daya manusia. Manajemen sumber daya manusia ini memfokuskan pemahaman seputar sumber daya manusia sebagai aset aktif perusahaan, pengelolaan, dan pemanfaatannya melalui teknik analisis fisik serta psikologi agar dapat memberikan dorongan yang produktif.

Nah, manajemen sumber daya manusia selain digunakan dalam pencarian kerja bisa berperan penting loh! Manajemen SDM biasanya untuk mengontrol kondisi internal dan kredibilitas perusahaan. Konsentrasi ini pas banget untuk kamu yang tertarik dengan ilmu psikologis di dunia bisnis dan memiliki pendekatan emosional yang kuat.

Mata kuliah manajemen yang akan kamu temukan di dalam konsentrasi ini adalah:

  1. Sistem informasi manajemen SDM.
  2. Perencanaan SDM dan MSDM Internasional.
  3. Seminar Manajemen Sumber Daya Manusia & Organisasi.
  4. Manajemen Potensi Sumber Daya Manusia.
  5. Perencanaan Karir & Pengembangan Diri.

2. Manajemen Operasi

Di dalam konsentrasi manajemen operasi, kamu akan mendalami pemahaman dan cara pandang yang lebih sistematik pada suatu proses menggunakan tools tertentu, serta analisis yang menyeluruh yang dapat meningkatkan efektivitas dan keefisienan suatu sistem produksi atau organisasi.

Banyak yang bilang kalau konsentrasi manajemen operasi sedikit mirip pembelajarannya ke jurusan teknik industri. Bedanya, kalau di teknik industri kamu belajar proses operasi secara teknis, di manajemen operasi kamu hanya belajar dari sudut pandang manajerial saja.

Sebagai gambaran, mata kuliah manajemen yang akan kamu temui dalam konsentrasi ini adalah:

  1. Manajemen Proyek
  2. Manajemen Logistik
  3. Seminar Manajemen Operasi
  4. Perencanaan & Pengendalian Kualitas

3. Manajemen Pemasaran

Konsentrasi manajemen pemasaran meliputi segala teknik memasarkan suatu produk serta analisis strategi untuk bisa memenangkan persaingan bisnis di dalam pasar lokal maupun internasional. Konsentrasi ini cocok banget buat kamu yang ingin mengembangkan sisi kreatif dan selalu ngikutin tren terkini.

Selain kamu akan belajar tentang memahami konsep pemasaran, kamu juga mempraktekkan cara pemasaran yang terbaru agar bisa menarik perhatian dan minat konsumen. Mata kuliah manajemen yang bakal kamu temui dalam konsentrasi ini adalah:

  1. Sistem Informasi Pemasaran
  2. Manajemen Pemasaran Internasional
  3. Seminar Manajemen Pemasaran
  4. Pemasaran Relasional Pelanggan
  5. Pemasaran Internet
  6. Perilaku Konsumen & Strategi Pemasaran
  7. Pemasaran Jasa Manajemen Merek

4. Manajemen Keuangan

Kuliah di Jurusan Manajemen pasti gak akan lepas dari manajemen keuangan. Di dalam konsentrasi manajemen keuangan ini kamu akan mendapatkan mata kuliah manajemen seperti teori investasi, laba perusahaan, laporan keuangan, dan pengelolaan aliran uang keluar masuk di sebuah perusahaan.

Setelah kita membahas tentang mata kuliah manajemen dan konsentrasi dari jurusan manajemen. Yuk cari tau tentang peluang dan prospek kerja manajemen di masa depan nanti! Apa aja ya?

1. Dosen atau tenaga pengajar

Prospek kerja manajemen yang pertama adalah lulusan jurusan manajemen bisa bekerja di sektor pendidikan sebagai tenaga pendidik atau dosen jika memiliki kualifikasi yang pas. Untuk menjadi dosen, minimal ijazah pendidikan yang kamu miliki adalah S2. Sedangkan untuk guru, lulusan S1 bisa menjadi guru dengan cara mengikuti Pendidikan Profesi Guru atau PPG.

2. Konsultan Bisnis

Prospek kerja manajemen yang kedua adalah kamu bisa berkarir sebagai seorang konsultan bisnis. Perusahaan nasional atau internasional banyak menggunakan konsultan bisnis yang akan membantu perkembangan sebuah perusahaan. Gak heran kalau bayaran yang ditawarkan pada konsultan bisnis yang telah ahli sangat besar atau mencapai angka puluhan juta rupiah.

3. Konsultasi Perbankan

Prospek kerja manajemen yang selanjutnya adalah kamu bisa berkarir sebagai konsultan perbankan. Peluang bekerja sebagai konsultasi perbankan sangat terbuka lebar untuk para lulusan Manajemen. Gak heran deh kalau prospek kerja ini menawarkan gaji besar mulai belasan juta hingga puluhan juta rupiah untuk jenjang waktu karir tertentu.

4. Manajer Pemasaran

Kamu juga bisa memilih karir sebagai seorang manajer pemasaran loh. Peluang atau prospek kerja manajemen bisa saja berhasil menjadi seorang manajer pemasaran. Semakin ahli dan mampu mempengaruhi publik untuk membeli layanan produk atau jasa, maka perusahaan akan memberikan imbalan semakin besar.

5. Manajer SDM (Sumber Daya Manusia)

Prospek kerja manajemen selanjutnya adalah kamu juga bisa menjadi seorang manajer SDM di perusahaan besar yang berani memberikan gaji puluhan juta rupiah per bulan. Tentu kemampuan Kamu di bidang ini tidak perlu diragukan lagi. Tugas utama dari manajer SDM adalah mengurusi segala hal yang berkaitan dengan karyawan dan organisasi.

6. Manajer Keuangan

Kamu bisa berkarier sebagai manajer keuangan. Nggak hanya itu, kamu juga bisa memiliki karier menengah ke atas sebagai seorang manajer keuangan. Kamu bertanggung jawab atas segala keputusan yang berkaitan dengan keuangan.

7. Agribisnis, Perdagangan, Perbankan Dan Lain-Lain

Prospek kerja manajemen selanjutnya adalah kamu bisa bekerja mengelola sektor agribisnis, perdagangan, perbankan, dan sejenisnya. Sektor-sektor ini juga bisa membantumu memiliki prospek masa depan cerah. Ilmu manajemen yang Kamu miliki tentu akan sangat berguna untuk mengembangkan usaha dan memajukan perusahaan.

8. Manajemen Trainee

Kamu juga bisa melamar kerja melalui jalur manajemen trainee. Siapa yang tidak mau menjadi jajaran staf manajemen trainee di perusahaan besar? Kamu bisa menjadi salah satu tim elit milik perusahaan yang bertugas melakukan pelatihan pada peserta yang akan menjadi manajer di perusahaan tersebut. Jangan heran jika perusahaan berani membayar kamu dengan gaji puluhan juta rupiah per bulan.

9. Akuntan

Ya, tentu seorang yang kuliah di fakultas Ekonomi dan mengambil jurusan Akuntansi bakal lebih diprioritaskan. Namun, bukan berarti lulusan manajemen tidak bisa menjadi seorang akuntan. Pasalnya, jika kamu memiliki kemampuan yang bagus, pekerjaan ini bisa saja menjadi jenjang karir pilihan.

10. Pengusaha

Menjadi seorang pengusaha, membutuhkan insting dan kemampuan mengelola usaha dengan baik. Lulusan manajemen tidak hanya terpatok menjadi seorang pekerja namun bisa pula menjadi pengusaha. Tentu tidak ada gaji yang ditawarkan sebab Kamu yang menentukan sendiri berapa nilai omzet yang diinginkan.

Gimana menurutmu tentang mata kuliah manajemen? Jangan lupa untuk kunjungi halaman ini untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap ya!

Sembari menjalani masa kuliah, penting juga buat kamu punya design thinking yang bagus sebagai bekal untuk membuka peluang karier dan membangun portofolio kamu di masa mendatang. Semuanya bisa kamu dapatkan dengan mengikuti kelas Merancang Design Thinking dengan Tepat di sini!

Yuk, gali potensi terbaikmu dengan ikutan kelas goKampus! Kapan lagi bisa upgrade skill dengan ikutan kelas-kelas online berkualitas dan bersertifikasi dari universitas dan perusahaan top dunia? Ada promo menarik hingga kelas GRATIS loh! Penasaran? Klik di sini dan pilih kelas favoritmu sekarang!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *