FAQ goKampus Tips Belajar Upskill

Jurusan Kuliah Yang Menjanjikan Di Masa Depan

Kuliah merupakan sebuah kegiatan yang wajib dilakukan karena persaingan dunia kerja semakin ketat dan perusahaan-perusahaan semakin berkembang di Indonesia sehingga banyak perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja bergelar sarjana.

Pemilihan jurusan kuliah sangatlah penting untuk dilakukan, karena bisa berdampak untuk kehidupan di masa depan. Nah, ada loh ternyata jurusan kuliah yang menjanjikan untuk kamu bekerja di masa depan.

Meskipun jurusan kuliah yang menjanjikan harus disesuaikan dengan minat dan kemampuan yang kamu miliki, serta pemilihan jurusan harus dirancang dengan baik agar bisa menjadi lulusan yang berkualitas dan bisa memanfaatkan keuntungan yang bagus di masa depan.

Berikut ini adalah jurusan kuliah yang menjanjikan buatmu di masa depan! Check this out!

1. Jurusan Sastra Inggris

Jurusan kuliah menjanjikan yang pertama adalah jurusan sastra Inggris. Jurusan sastra Inggris adalah jurusan kuliah yang bagus yang memang memiliki potensi sangat besar di masa depan, karena jumlah mahasiswa peminat sastra Inggris tergolong sangat sedikit, sedangkan bahasa Inggris merupakan bahasa asing yang penting untuk dipelajari.

Biasanya lulusan sastra Inggris bisa menjadi seorang tenaga pengajar dengan membuka sebuah kursus dan dunia pariwisata yang bisa menjadi bidang yang sangat membutuhkan lulusan sastra Inggris.

Lulusan sastra Inggris juga bisa bekerja di berbagai bidang yang ada hubungannya dengan pihak internasional, semakin kamu mahir berbahasa Inggris maka semakin banyak peluang kerja yang terbuka, salah satunya adalah kedutaan luar negeri yang membutuhkan lulusan sastra Inggris.

2. Jurusan Kedokteran

Jurusan kuliah yang menjanjikan kedua adalah jurusan kedokteran. Tentunya, bukan hal yang mudah dan murah loh untuk bisa menempuh pendidikan ilmu kedokteran, karena biaya ilmu kedokteran terkenal sangat mahal. Jurusan kedokteran merupakan salah satu jurusan kuliah yang menjanjikan karena peran dokter akan selalu dibutuhkan.

Setiap tahunnya, peminat calon mahasiswa ilmu kedokteran selalu meningkat dari tahun ke tahun. Untuk pendapatan di masa depan juga bisa dibilang cukup besar sehingga seimbang tenaga yang kamu keluarkan saat kuliah dan saat kamu kerja.

3. Jurusan Hukum

Jurusan hukum bisa dikatakan sebagai salah satu jurusan yang menjanjikan di Indonesia. Di Indonesia, lulusan dari jurusan hukum menjadi sangat penting dan selalu dibutuhkan, sehingga jurusan hukum menjadi jurusan kuliah yang sangat bagus di masa depan.

Terlebih lagi karena saat ini banyak sekali perusahaan-perusahaan yang membutuhkan tenaga hukum agar bisa membantu berbagai permasalah hukum perusahaan, bahkan setiap tahunnya yang berprofesi sebagai pengacara selalu meningkat.

4. Jurusan Ilmu Komunikasi

Jurusan Ilmu Komunikasi menjadi salah satu jurusan yang juga bisa dianggap paling menjanjikan di masa depan, karena Ilmu Komunikasi sangat dibutuhkan oleh perusahaan khususnya di industri kreatif.

Jurusan Ilmu Komunikasi juga memiliki beberapa cabang ilmu seperti jurnalistik ataupun public relations yang dimana akan cukup dibutuhkan di masa depan. Dengan munculnya berbagai inovasi di bidang teknologi, maka lulusan jurusan ilmu komunikasi sangat diperlukan dan selalu dibutuhkan oleh pemilik perusahaan.

5. Jurusan Ekonomi

Ekonomi pastinya akan menjadi salah satu prospek jurusan kuliah yang menjanjikan di masa depan nih karena seluruh kegiatan kita gak akan ada lepas dari yang namanya perekonomian.

Jurusan ekonomi tentu dibutuhkan oleh semua perusahaan karena semua perusahaan pasti akan melakukan kegiatan perekonomian untuk mendapatkan berbagai keuntungan.

Baca Juga : Cara Menentukan Jurusan Kuliah Buat Anak-Anak SMA

Nah, sebagai lulusan ekonomi nih untuk soal peluang karir kamu sudah pasti sangat besar dan terjamin loh! Gak hanya bisa kerja di perusahaan aja, tapi kamu juga bisa membuka jasa sendiri yang bisa bermanfaat bagi orang lain. Bisa dikatakan deh bahwa pekerjaan dari lulusan ekonomi sangat bervariasi dan peminatnya akan selalu meningkat.

6. Jurusan Teknik Informatika

Jurusan teknik Informatika merupakan salah satu jurusan kuliah yang menjanjikan yang bisa dengan mudah mendapatkan pekerjaan. Hal ini dikarenakan perkembangan dunia digital memang mengharuskan sistem kerja manual diganti mesin dan pembuatan mesin tentu dirancang dengan algoritma yang jelas.

Sebuah sistem digital biasanya dirancang langsung oleh pembuat program atau yang biasa dikenal dengan programmer.

Nah, apalagi khususnya jurusan teknik informatika semakin dibutuhkan karena banyaknya startup yang baru bermunculan sehingga jurusan informatika tentu sangatlah berpotensi di masa depan, dan juga karena perkembangan teknologi yang terus berlanjut.

Penghasilan para programmer juga sangatlah bervariasi tergantung dari kemampuannya dan kalau kamu semakin jago dalam merancang sebuah program maka kamu akan semakin besar penghasilannya.

7. Jurusan Teknik Mesin

Jurusan kuliah yang menjanjikan selanjutnya adalah teknik mesin, dimana teknik mesin membuka peluang kerja yang cukup besar. Mesin dibutuhkan untuk menghidupkan berbagai produk bermanfaat seperti motor, mobil, dan jenis lainnya.

Nah, untuk bisa membaca cara kerja suatu mesin bukan sebuah perkara yang mudah dan harus memerlukan ilmu yang cukup, itulah alasan kenapa lulusan teknik mesin dibutuhkan.

8. Jurusan Teknik Elektro

Jurusan teknik elektro adalah jurusan kuliah yang populer di Indonesia dan memiliki prospek karir yang cerah di masa depan nih. Nah, kini semua kegiatan perusahaan selalu berhubungan dengan elektronika dan ilmu elektro itu terbilang sangatlah luas.

Sehingga jurusan teknik elektro ini sering dicari oleh berbagai perusahaan dan juga bisa membuka jasa sendiri loh. Bisa dijamin bahwa lulusan teknik elektro bisa mendapatkan penghasilan yang cukup besar apalagi tenaga ini sudah berpengalaman. Jadi, bisa dipastikan nih kalau jurusan teknik elektro termasuk jurusan kuliah yang menjanjikan di Indonesia!

9. Jurusan Psikologi

Jurusan psikologi juga termasuk jurusan kuliah yang menjanjikan nih yang berhubungan dengan kehidupan masyarakat loh. Jurusan psikologi merupakan salah satu kajian ilmu yang berhubungan dengan kondisi kejiwaan manusia dan dalam artian bahwa ilmu psikologi sangatlah luas.

Lulusan jurusan psikologi banyak banget dicari oleh perusahaan untuk menjadi salah satu konsultannya dan membuat pola komunikasi perusahaan bisa menjadi lebih baik. Nah, kisaran gaji jurusan psikologi terbilang sangat tinggi dan pekerjaan ini memerlukan berbagai pengamatan yang jeli.

10. Jurusan Teknik Perminyakan

Nah, jurusan kuliah yang menjanjikan yang terakhir adalah jurusan perminyakan, dimana sebenarnya di Indonesia pun jurusan teknik perminyakan termasuk jurusan yang sulit ditemukan karena beberapa universitas yang membuka jurusan ini memang gak terlalu familiar di Indonesia. Lulusan jurusan perminyakan gak hanya dibutuhkan secara nasional tapi juga dibutuhkan secara internasional, sehingga mata kuliah yang akan kamu pelajari di dunia perminyakan adalah tentang pengelolaan sumber daya alam. Untuk besar gaji yang akan diterima sebagai lulusan perminyakan sangatlah menggiurkan karena tanggung jawabnya sangat besar. 

Bagaimana pendapatmu tentang jurusan kuliah yang menjanjikan di masa depan? Kepoin berbagai jurusan ini dengan mengunjungi halaman ini yuk!

Jangan lupa, download aplikasi goKampus di Google Play dan App Store, karena ada banyak banget informasi tentang dunia perkuliahan di sana! Bareng goKampus, semua #Pastibisakuliah

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *