apa itu utbk
Upskill

Mengenal Apa Itu UTBK, Syarat Masuk Perguruan Tinggi Negeri

Bagi kamu yang ingin masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN), kamu mesti mengikuti SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) lebih dulu. Nah, salah satu syarat utama untuk mengikuti SBMPTN adalah siswa harus lebih dulu mengikuti UTBK. Apa itu UTBK? Yuk, kita bahas di artikel ini!

Apa Itu UTBK?

UTBK adalah singkatan dari Ujian Tulis Berbasis Komputer yang menjadi salah satu syarat utama untuk mengikuti SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri). 

Sejak tahun 2019, SBMPTN menggunakan hasil UTBK dan/atau kriteria lain dari PTN. UTBK merupakan tes masuk ke perguruan tinggi oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) sebagai saringan awal dari seleksi PTN.

UTBK untuk memprediksi calon mahasiswa yang mampu menyelesaikan studi di perguruan tinggi dengan baik dan tepat waktu serta memberi kesempatan bagi calon mahasiswa untuk mengikuti tes secara fleksibel, yaitu memilih lokasi dan waktu tes. Gimana gak fleksibel? Ada 74 pusat yang tersebar di berbagai universitas dari Sabang hingga Merauke. Kamu tinggal pilih yang terdekat dari tempat tinggalmu.

Apa Saja Materi UTBK?

Lalu, apa itu materi yang akan ada di tes ini? Sederhananya, ada 3, yaitu Tes Potensi Skolastik (TPS), Tes Kemampuan Bahasa Inggris dan Tes Kemampuan Akademik (TKA).

Kalau Tes Kemampuan Bahasa Inggris untuk menilai kemampuan bahasa Inggris yang penting dalam mendukung pembelajaran di perguruan tinggi.

Sementara itu, TPS mengukur kemampuan kognitif yang penting untuk keberhasilan siswa di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi. Tes ini menguji Kemampuan Penalaran Umum, Kemampuan Kuantitatif, Pengetahuan dan Pemahaman Umum serta Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis. Kemampuan kuantitatif akan mencakup Pengetahuan dan Penguasaaan Matematika Dasar.

Baca Juga: Ini Jenis Soal Tes Potensi Skolastik agar Sukses UTBK

Nah, kalau TKA adalah tes untuk mengukur pengetahuan dan pemahaman keilmuan yang kita pelajari di sekolah dan penting bagi kita untuk memprediksi keberhasilan dalam menempuh pendidikan tinggi. 

Ada 3 Jenis Tes Kemampuan Akademik

Ada 3 jenis tes untuk TKA yang bisa kamu pilih. Ketiga jenis tesnya antara lain:

  1. Kelompok Ujian Sains dan Teknologi (Saintek) dengan materi ujian TPS, Bahasa Inggris dan TKA Saintek (Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi). Alokasi waktu selama 195 menit.
  2. Ujian Sosial dan Humaniora (Soshum) dengan materi ujian TPS, Bahasa Inggris dan TKA Soshum (Geografi, Sejarah, Sosiologi dan Ekonomi).  Alokasi waktu selama 195 menit.
  3. Kelompok Ujian Campuran (Saintek dan Soshum) dengan materi ujian TPS, Bahasa Inggris, TKA Saintek dan TKA Soshum.  Alokasi waktu selama 285 menit.

UTBK 2022 dapat diikuti oleh siswa lulusan tahun 2020, 2021 dan 2022 dari pendidikan menengah (SMA/MA/SMK dan sederajat) serta lulusan Paket C tahun 2020, 2021 dan 2022 dengan umur maksimal 25 tahun (per 1 Juli 2022). 

Pada tahun 2022, gelombang pertama UTBK berlangsung pada 17-23 Mei 2022. Sementara, pelaksanaan gelombang berikutnya adalah 28 Mei-3 Juni 2022.

Buat kamu yang sudah bertekad bulat masuk PTN, untuk ikut dalam UTBK memang sudah harus mempersiapkan diri dari jauh-jauh hari. Sebab, UTBK adalah salah satu momentum penting untuk masuk kuliah. Semoga dengan usaha yang konsisten, kamu bisa lolos di kampus impian lewat UTBK-SBMPTN ini.

Sekarang kamu jadi lebih mengenal apa itu UTBK, kan? Oh iya, buat kamu yang ingin masuk kampus secara cepat, goKampus ada jawabannya nih. Gak pakai tes segala tinggal upload rapor, 1 jam diterima loh! Ga percaya? Yuk, cobain di sini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *