Masih banyak masyarakat di Indonesia yang masih mengira bahwa prospek kerja lulusan Hospitality itu menjadi “tukang bersih-bersih” atau “tukang cuci piring”. Bahkan ada juga yang mengira bahwa hospitality itu “rumah sakit” –di dalam kata hospitality ada kata hospital yang berarti rumah sakit.

Pandangan atau stigma masyarakat Indonesia tersebut tidak terlepas dari kurangnya pengetahuan atau ketidaktahuan yang mendetail tentang jurusan hospitality. Di sisi lain juga mungkin karena kurang popular-nya jurusan hospitality, tidak seperti jurusan lainnya seperti teknik, arsitektur, dokter, dan sebagainya.

Hospitality itu sendiri dalam bahasa Indonesia berarti keramah-tamah. Dengan kata lain, hospitality adalah segala macam industri yang memiliki kegiatan yang berhubungan dengan keramah-tamahan, pelayanan, dan hiburan bagi para tamu.

Di Indonesia, jurusan hospitality sudah tersedia di beberapa perguruan tinggi. Tidak hanya perguruan tinggi negeri, tetapi juga perguruan tinggi swasta dan tersebar hampir di seluruh wilayah Indonesia.

Materi Kuliah Yang Dipelajari Di Jurusan Hospitality

Dalam jurusan hospitality, sobat goKampus tidak hanya akan fokus pada pembelajaran secara teori, tetapi juga praktek. Seperti diketahui bahwa program studi ini lebih berfokus pada pengembangan pengetahuan dan keterampilan.

Untuk materi kuliah yang akan dipelajari pada jurusan hospitality tergantung pada peminatan dan perguruan tinggi yang menjadi tempat pembelajaran. Tetapi sebagai gambaran umum, berikut ini beberapa materi umum yang dipelajari selama masa perkuliahan hospitality.

  1. Food & Beverage Service (Tata Hidang)

Materi umum pertama dalam jurusan hospitality adalah Food & Beverage Service atau juga berarti Tata Hidang. Pada materi ini, sobat goKampus akan mempelajari tentang serba-serbi penghidangan baik makanan maupun minuman. Tidak hanya itu, kompetensi terkait pengaturan dan penyelenggaraan persiapan acara juga dipelajari dalam materi ini.

  • Food Production (Tata Boga)

Berbeda dengan Food & Beverage Service, fokus pada materi kuliah yang satu ini adalah mengenai pengolahan makanan dan minuman. Meski fokus pada pengolahan, bukan berarti hanya mencakup keterampilan masak memasak, melainkan juga mengenai pemasaran makanan, penyusunan anggaran, penentuan harga jual dalam pengolahan makanan, hingga manajemen sumber daya manusia.

  • Divisi Kamar (Room Division)

Sesuai dengan namanya, materi kuliah hospitality yang satu ini akan mempelajari segala hal yang berkaitan dengan operasional hotel. Diantaranya adalah pengelolaan kantor depan (front desk), manajemen tata graha (housekeeping) hingga binatu (laundry).

Informasi dunia kampus dapat dengan mudah sobat dapatkan cukup dengan download aplikasi goKampus di Google Play Store dan App Store. Pada aplikasi goKampus, sobat akan mendapatkan berbagai informasi seperti pendaftaran beasiswa, kerja magang, hingga acara-acara kampus, dan dana pendidikan yang bisa diakses dengan praktis lewat satu aplikasi goKampus saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like