tes Bahasa Inggris
Tips Belajar

Mau Kuliah Ke Luar Negeri? Ikut 3 Tes Bahasa Inggris Ini

Sering gak sih denger pepatah “kejar pendidikanmu setinggi tingginya sampai ke negeri China?” Ya meskipun sekarang banyak juga sih yang bilang bisa ke negara mana saja untuk menimba ilmu. Tentunya pilihan negara kamu untuk melanjutkan pendidikan sudah terbuka lebar banget guys. Sebelum kamu milih mau kuliah ke negara apa, mendingan kamu mikir dulu yuk tes Bahasa Inggris apa aja ya yang kemungkinan wajib kamu ambil nanti? Ini dia artikelnya!

1. Test of English For International Communication (TOEIC)

Tes Bahasa Inggris yang pertama adalah tes TOEIC nih guys. Udah pasti deh kamu gak asing lagi sama yang namanya tes TOEIC, karena memang tes TOEIC ini merupakan salah satu tes Bahasa Inggris yang paling sering digunakan dan dilakukan saat SMA ataupun kuliah loh. 

Tes TOEIC juga kerap kali selalu jadi acuan kompetensi Bahasa Inggris saat kamu lagi nyari kerja atau mau kuliah ke luar negeri. Bahkan, beberapa institusi pemerintah maupun perusahaan internasional yang beroperasi di dalam negeri juga sering minta tes TOEIC loh.

Kalau kamu mengikuti tes TOEIC, kamu akan diminta mengerjakan dua tugas yaitu part Listening dan part Reading serta kamu harus memiliki skor minimal 500 untuk berhasil lulus dari tes ini. Perkiraan biaya untuk mengikuti tes TOEIC sekitar Rp 600 ribu hingga 700 ribu rupiah ya guys.

Baca Juga: Mau Ngelamar Kerja? Ini Tips Buat Bikin Portofolio Keren

2. Test of English as a Foreign Language (TOEFL)

Tes Bahasa Inggris yang kedua adalah tes yang terkenal paling mainstream di Indonesia dan negara-negara lainnya, yaitu tes TOEFL. Tes TOEFL ini ada berbagai bentuk juga loh mulai dari Paper Based Test (PBT), Internet Based Test (IBT), dan Institutional Testing Program (ITP). Tapi, yang sering kali diminta tes nya adalah tes IBT dan ITP ya.

Hasil dari tes IBT diakui secara internasional nih, jadi kalau kamu mau kuliah ke luar negeri, tes ini cocok banget buat kamu ikuti. Saat ini, baru ada 16 kota saja di Indonesia di mana kamu bisa ikut TOEFL iBT. Biasanya, setelah kamu mendaftar, jadwal tes paling cepat adalah satu bulan kemudian. Oh ya, TOEFL iBT juga menguji keterampilan berbicara atau speaking test. Jadi, persiapkan diri sebaik mungkin sebelum ambil tes ini.

Tapi, kalau kamu memilih untuk tes ITP, kamu cuman akan mengerjakan listening, reading, dan writing ya.

3. International English Language Testing System (IELTS)

Nah, Tes Bahasa Inggris selanjutnya cocok banget untuk kamu yang mau ngelanjutin kuliah di Inggris, New Zealand, atau Australia guys. Biasanya salah satu syarat yang harus dicantumkan adalah skor IELTS. Tes ini berbeda dengan tes TOEFL yang mungkin lebih bernuansa American English, sedangkan IELTS kental banget nih sama British Accent nya nih.

Ada dua jenis tes IELTS yaitu Academic Training untuk studi dan General Training untuk bekerja. Bagian tesnya sama seperti TOEFL dan TOEIC, terdiri dari listening, reading, writing, dan speaking.  IELTS diselenggarakan oleh British Council, kamu bisa pilih di jakarta, Bandung, Surabaya, Denpasar, atau Makassar.

Biaya yang harus kamu keluarkan untuk ikut IELTS sebesar $215 USD hingga $240 USD. Wah, lumayan juga, ya? Makanya, persiapan ujiannya yang serius, ya!

Nah, itu adalah 3 tes Bahasa Inggris yang bisa kamu ambil untuk persiapan kuliah ke luar negeri maupun melamar pekerjaan di luar negeri. Kira-kira dari tiga tes Bahasa Inggris itu kamu pengen ambil yang mana? Atau mungkin kamu masih galau nih mau lanjut kuliah ke universitas luar negeri mana? Tenang aja. Jawabannya ada di goKampus!

goKampus siap bantuin kamu untuk daftar kuliah ke 400+ universitas dalam dan luar negeri, bahkan tinggal upload rapor aja, 1 jam bisa diterima! Daftar kuliah yuk sekarang! Klik di sini: Daftar kuliah. 

(cin/cin)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *