fakultas kedokteran universitas hasanuddin
Kategori Kelas

Mau Kuliah di Fakultas Kedokteran UNHAS? Simak Yuk

Hai calon mahasiswa baru! Masihkah kamu ingat apa cita-citamu ketika masih kecil? Sebagian besar dari kalian pasti akan menjawab dokter! Rupanya menjadi seorang dokter adalah pekerjaan yang diidam-idamkan banyak orang! Namun, nyatanya ketika sudah lulus sekolah, sebagian dari kalian pasti kebingungan untuk menentukan tempat kuliah. Jangan bingung, jangan gundah, jangan risau kawan! Karena di sini goKampus hadir dengan rekomendasi program studi Fakultas Kedokteran, di salah satu kampus bergengsi impian para calon mahasiswa kedokteran. Di mana lagi kalau bukan di fakultas kedokteran Universitas Hasanuddin, Makassar!

Universitas Hasanuddin (UNHAS) merupakan salah satu kampus dengan jurusan kedokteran terbaik di Indonesia. Dari data BAN-PT, jurusan yang memiliki banyak peminat ini sudah terakreditasi A. Di fakultas kedokteran Universitas Hasanuddin, terdapat beberapa jenjang pendidikan yang bisa kamu ikuti, mulai dari jenjang S1 atau sarjana, Studi Profesi, Spesialis 1, Spesialis 2, S2 atau magister, dan juga S3 atau doktor. Program studi yang dipelajari di berbagai jenjang pun bervariasi. Dilansir dari website resmi UNHAS https://regpmb.unhas.ac.id/, berikut beberapa program studi yang akan dipelajari.

Program Studi Jenjang S1 (Sarjana)
·   Ilmu Kedokteran·   Ilmu Keperawatan·   Kedokteran Hewan·   Psikologi·   Fisioterapi
Program Studi Profesi
·   Profesi Dokter·   Profesi Dokter Hewan
Program Studi Jenjang Sp-1 (Spesialis 1)
Ilmu Penyakit Dalam, Ilmu Penyakit Mata, Ilmu Penyakit THT, Ilmu Bedah, Ilmu Kebidanan dan Penyakit Kandungan, Psikiatri, Ilmu Patologi Anatomi, Ilmu Patologi Klinik, Ilmu Kedokteran Forensik, Ilmu Kesehatan Anak, Dermatologi dan Venereologi·   RadiologiAnestesiologiIlmu Bedah OrthopaediNeurologiIlmu Penyakit Jantung dan Pembuluh DarahIlmu Gizi KlinikPulmonologi dan Kedokteran RespirasiMikrobiologi KlinikSpesialis Bedah SarafIlmu Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi 
Program Studi Jenjang Sp-2 (Spesialis 2):
Anestesiologi dan Terapi
Ilmu Bedah
Ilmu Penyakit Dalam
Program Studi Jenjang S2 (Magister)
Ilmu Pendidikan Kedokteran dan Kesehatan
Program Studi Jenjang S3 (Doktor)
Ilmu Kedokteran

Berapa Biaya Kuliah di Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin?

Ada beberapa cara untuk kamu yang mau kuliah di fakultas kedokteran UNHAS, yaitu dengan melalui SNMPTN, SBMPTN, Bidik Misi, seleksi mandiri, dan melalui beasiswa. Jika kamu memutuskan untuk mengambil seleksi mandiri, terdapat 2 pilihan kelas yang ditawarkan, yaitu kelas reguler dan kelas internasional.

Kelas Reguler

Untuk kamu yang tertarik masuk ke kelas reguler, kamu harus mempersiapkan biaya sekitar Rp 20 juta per semesternya. Sementara bagi mahasiswa yang mendaftar lewat jalur mandiri, akan ditarik juga dana pengembangan sebesar Rp250 juta, yang harus dibayar di awal semester.

Kelas Internasional

Jika kamu tertarik masuk ke kelas internasional lewat jalur mandiri, maka kamu harus mempersiapkan biaya pendaftaran sebesar satu juta rupiah. Setelah itu kamu diharuskan mengikuti ujian khusus untuk mengukur kelayakan dalam mengikuti program internasional, seperti tes kelancaran bahasa Inggris, tes wawancara, dan juga tes kepribadian. Setelah dinyatakan lulus, akan ditarik dana pengembangan sebesar Rp300 juta. Sedangkan biaya per semesternya adalah sekitar Rp 35 juta.

Baca Juga: Universitas Dengan Jurusan Kedokteran Terbaik Di Indonesia? Cek Di Sini!

Yang membedakan di kelas internasional ini adalah kamu akan menggunakan bahasa Inggris dalam proses belajar, dapat merasakan studi di universitas luar negeri, dapat memilih program double degree atau single degree, dan memiliki networking internasional.

Gimana? Semakin yakin untuk menjadi mahasiswa fakultas kedokteran? Atau masih mau liat-liat jurusan lainnya? Tenang, semua informasi itu bisa kamu cari di goKampus. Yuk, langsung saja cari tahu informasi jurusan lainnya di sini ya!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *