film jurnalistik
goKampus Tips Belajar Upskill

5 Film Untuk Kamu Yang Jatuh Cinta Dengan Jurnalistik

Siapa yang jatuh cinta dengan dunia lapangan dan kerja jurnalistik? Buat kamu semua yang sedang kuliah di jurusan jurnalistik atau yang baru mau kuliah, nih goKampus kasih kamu 5 rekomendasi film buat kamu yang ingin mengenal dunia kerja profesi jurnalis itu seperti apa. Inilah daftar film jurnalistik!

Rekomendasi Film Jurnalistik

1. Spotlight (2015)

Buat kamu yang pengen banget kuliah di jurusan jurnalistik, kamu wajib banget nonton film Spotlight! Film Spotlight yang rilis pada 2015 berangkat dari kisah nyata yang mengisahkan tentang perusahaan surat kabar bernama The Boston Globe yang mengungkap kasus pelecehan seksual anak oleh beberapa gereja di Amerika Serikat. Di film ini, kegiatan dan cara kerja jurnalistik akan terlihat dengan jelas, kamu bisa membayangkan baget nih bagaimana caranya para wartawan mencari berita, mengumpulkan informasi, hingga mengejar narasumber.

2. Kill The Messenger (2014)

Film kedua buat kamu yang pengen kuliah di jurnalistik ini ada film Kill The Messenger (2014) berangkat dari kisah nyata ketika Webb menulis tiga rangkaian artikel untuk surat kabar San Jose Mercury News tahun 1996, Webb juga memenangkan Pulitzer (penghargaan paling bergengsi di dunia jurnalistik) untuk berita. Dalam film ini, kamu akan melihat bagaimana trik menulis dari Webb yang bisa menggemparkan banyak orang.

3. The Post (2017)

Film The Post juga gak boleh kamu lewatkan nih guys.. Film The Post yang Meryl Streep bintangi berdasarkan kisah nyata dari surat kabar The Washington Post yang menjadi penerbit surat kabar wanita pertama bernama Kay Graham. Kay dan editornya ingin mempublikasikan berkas rahasia besar Pentagon di tahun 1971. Di film inilah idealisme media teruji, apakah media akan menyajikan informasi yang sesuai fakta atau dia harus tetap menyimpan berkas rahasia tersebut untuk menutup berita pemerintah. Dalam film ini, kamu akan melihat bagaimana Meryl Streep berkomunikasi dengan editornya untuk mempertahankan idealisme dari medianya. Keren banget guys!

Baca Juga : Stuck Nugas? Tips Biar Mood Belajar Meningkat!

4. The Insider (1999)

Film terakhir buat kamu yang jatuh cinta dengan jurusan jurnalistik adalah film The Insider yang berdasarkan kisah nyata perjuangan dan dinamika yang seorang mantan eksekutif perusahaan rokok yang terkenal di Amerika Serikat hadapi. Film ini menarik banget dan akan membuat kamu mengerti perjuangan orang yang akan mengungkap kebenaran walaupun konsekuensi nya sangat berat! Sama seperti wartawan yang harus terus mengungkapkan kebenaran kepada publik apapun risikonya. Seru banget!

5. Frost/Nixon (2008)

Film terakhir nih, Frost/Nixon sempat menggemparkan orang-orang loh.. Sinopsis film biografi sejarah ini menceritakan wartawan asal Inggris, Robert Frost yang berusaha menggali informasi terkait skandal besar dari Presiden Amerika Serikat, Richard Nixon. Skandal Watergate menjadi salah satu peristiwa yang sempat menggemparkan AS pada 1972. Dalam film ini, kamu akan menyaksikan berbagai wawancara yang keren banget dan kamu akan melihat bagaimana sang presiden berusaha memperbaiki citra nya di televisi.

Gimana rekomendasi film jurnalistik di atas? Udah cocok belum buat kamu yang penasaran dengan dunia kerja jurnalis? Semoga artikel dari goKampus bermanfaat untuk kamu, ya! Jangan lupa, download aplikasi goKampus di Google Play dan App Store, karena ada banyak banget informasi tentang dunia perkuliahan di sana! Bareng goKampus, semua #PastiBisaKuliah

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *