sales executive
Tips Belajar

Mau Berkarier sebagai Sales Executive? Ini Pilihan Jurusannya!

Profesi sales executive ternyata menjadi incaran para pencari kerja loh. Selain memberikan gaji tinggi, prospek kariernya juga terbilang cerah. Tapi tahukah kamu jurusan mana saja yang lulusannya banyak jadi sales executive? 

Jurusan memang terkadang bisa menentukan karier kita di masa depan. Tapi gak sedikit juga yang sukses bekerja di luar bidang ilmu jurusannya. Nah, khusus sales executive, jurusan yang berkaitan dengan profesi ini ternyata cukup banyak kok. Jadi, kalau kamu tertarik dengan profesi ini ya gak perlu khawatir dan bingung mau kuliah di mana. Selama punya skill dan kemampuan untuk menjadi seorang sales executive, maka kamu bisa mendapatkannya. 

Hanya saja ternyata masih ada yang salah paham dan bingung pada bedanya sales executive dengan business development. Pasalnya dua profesi ini punya tugas yang memang kelihatan mirip. Padahal tentu saja keduanya berbeda ya. Jika business development fokusnya ada pada perkembangan bisnis pemasaran perusahaan, sales executive fokusnya adalah mencari keuntungan hasil dari teknik penjualan yang tepat dari sebuah perusahaan.

Namun, penjualan yang mereka lakukan bukan jualan seperti pada umumnya. Sekurangnya ada tiga bentuk penjualan oleh seorang sales executive. Mereka bisa menjual produk dan layanan perusahaan kepada individu, bisnis lain, dan organisasi pemerintah. Nah, pasar penjualannya ini bisa meliputi dalam negeri (domestik) atau luar negeri (internasional).

Selain tuntutan untuk mendekati pelanggan potensial dengan tujuan untuk memenangkan bisnis baru, sales executive harus mampu menjaga hubungan baik dengan klien yang sudah berjalan, sehingga kerja sama bisnis dapat dilakukan berulang.

Baca Juga: Apa Itu Sales Executive? Apa Sih Tugas dan Tanggung Jawab Kerjanya

Jurusan yang Cocok Untuk Menjadi Sales Executive

1. Manajemen Pemasaran

Salah satu kualifikasi jurusan untuk profesi sales executive adalah manajemen pemasaran. Jurusan atau program studi ini mengajarkan mahasiswanya mengenai perencanaan, pengelolaan, pelaksanaan, serta evaluasi dalam kegiatan pemasaran. Pemasarannya meliputi layanan jasa maupun produk. 

Setidaknya ada 24 mata kuliah yang berkaitan dengan kebutuhan skill. Mulai dari pembelajaran dasar seperti manajemen pemasaran, manajemen bisnis, perilaku konsumen, hingga yang berhubungan dengan perkembangan zaman yakni manajemen digital. Di jurusan ini, mahasiswanya juga belajar soal perpajakan, pemasaran usaha kecil dan menengah, e-commerce, dan masih banyak lagi.

2. Manajemen Bisnis

Meski terdengar sama dengan Manajemen Pemasaran, Jurusan Manajemen Bisnis tetap memiliki perbedaan fokus. Namun, keduanya juga memberikan dasar ilmu yang menjadi kebutuhan untuk profesi sales executive. 

Di Jurusan Manajemen Bisnis, kamu akan lebih fokus pada bagaimana membuat suatu bisnis berjalan lancar. Kamu juga akan mendapatkan ilmu seputar operasional, keuangan, hingga sumber daya manusia. Dasar-dasar ilmu di jurusan ini dipelajari secara umum. Selain itu, mahasiswa Jurusan Manajemen Bisnis juga mempelajari ilmu analisa sebagai bekal dalam berbisnis.

3. Teknik Komputer dan Informatika

Seorang sales executive punya tuntutan harus bisa bekerja di berbagai sektor industri, tak terkecuali sektor komputer dan teknologi. Nah, sektor ini nantinya akan memegang peran besar di masa depan. Perusahaan-perusahaan IT akan berkembang pesat. Jumlahnya akan terus bertambah dan menawarkan lapangan pekerjaan yang banyak. Karena produk yang dihasilkan kebanyakan produk IT, gak heran kalau kualifikasi jurusan yang dicari untuk posisi sales executive adalah mereka yang lulus dari jurusan Teknik Informatika dan Komputer

Di jurusan ini, kamu akan mempelajari banyak hal tentang IT. Mulai dari cara menyusun algoritma untuk membuat perangkat jaringan lunak, aplikasi, dan lain-lain. Pembekalan lainnya adalah keahlian seputar sistem operasi yang nantinya harus kamu komunikasikan ke klien atau pelanggan. 

4. Jurusan Periklanan

Cukup banyak lulusan jurusan periklanan yang menjadi seorang sales executive. Soalnya, lulusan jurusan ini punya berbagai ilmu dan strategi dalam periklanan. Bahkan, lulusan jurusan ini telah mempelajari desain komunikasi visual, animasi, ilustrasi, sketsa dan topografi periklanan, dan ilmu lainnya yang relate sama zaman sekarang. Dasar-dasar ilmu inilah yang nantinya bisa kamu gunakan untuk promosi yang tayang melalui media.

Nah itulah tadi beberapa jurusan yang lulusannya banyak menjadi seorang sales executive. Kira-kira kamu akan pilih jurusan yang mana nih? Tapi ingat ya, meski kebanyakan sales executive berasal dari empat jurusan di atas, bukan berarti tidak ada yang berasal dari jurusan lain. Selama kamu memiliki keinginan, kemampuan, dan skill seorang sales executive, maka kamu bisa mendapatkan pekerjaan tersebut. 

Namun kalau kamu masih bingung memilih jurusan, sebenarnya ada cara yang dapat membantu kamu memilih jurusan yang tepat.

Baca Juga: Calon Maba Merapat! Ini Perbedaan Gelar D3, D4, dan S1 Kebidanan

Tips Memilih Jurusan

1. Lakukan Tes Minat Dan Bakat 

Melalui tes ini kamu bisa melihat apa saja aktivitas paling kamu suka. Biasanya, aktivitas tersebut bisa menunjang kemampuan paling mumpuni dan menemukan profesi apa yang paling membuatmu tertarik.

2. Cari Tahu Apakah Hobimu Bisa Jadi Peluang Industri Kerjamu

Soal hobi bukan masalah sepele loh. Soalnya, banyak orang yang menemukan bakat dan minat melalui kegiatan hobi. Nah, coba arahkan industri sales executive yang sekiranya ingin kamu cari tahu berdasarkan apa hobi yang kamu miliki.

3. Pikirkan Hal Apa Yang Paling Kamu Sukai

Memang, setiap orang pasti punya banyak kesukaan. Jika itu cukup membuatmu bingung,  coba mulai dengan terus memperdalam hal-hal yang kamu sukai ini. Pilih mana yang paling kamu sukai di antaranya. Setelah itu, kamu bisa mencoba menuliskan hal-hal yang paling kamu suka. Apakah itu sesuai dengan diri kamu atau tidak.

Dengan tiga cara di atas, setidaknya dapat membantu kamu memilih jurusan yang cocok untuk menjadi seorang sales executive. Sudah tahu kan jurusan mana yang kamu inginkan? Setelah memilih jurusan, sekarang tinggal memilih kampus favorit. Kamu bebas pilih sesuai keinginanmu hanya di goKampus. Daftar kuliah di goKampus gampang banget. Tinggal upload rapor, 1 jam diterima! Yuk, cari tahu dengan klik di sini.

Oh iya, kamu juga bisa nih upgrade skill dan kemampuan dengan lebih mudah dan simpel. Ada banyak kelas-kelas atau kursus online yang dapat kamu ikuti dari rumah. Jadi gak cuma ilmu pengetahuan dan skill baru, kamu juga bisa dapat sertifikat yang bisa meningkatkan nilai jual dan peluang untuk bisa kerja di perusahaan yang kamu tuju.

Baca Juga: 10 PTN Terbaik di Indonesia Versi Kemendikbud 2022

Sebagai platform atau aplikasi yang menawarkan kursus online, goKampus memberikan ragam kelas online bersama para ahli di bidangnya masing-masing langsung dari universitas ternama di Singapura, Nanyang Technological University. Kamu tinggal pilih mana yang menurut kamu menarik dan kamu bisa mencicil pembayarannya. Klik di sini dan temukan kemudahannya.

Kunjungi goKampus sekarang. Kamu bisa download aplikasi goKampus dari Google Play atau App Store untuk mendapatkan informasi lebih lengkap, up to date, dan promo-promo menarik. Klik di sini untuk info selengkapnya.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *