linkedin adalah
Tips Belajar

LinkedIn Adalah Cara Baru Mencari Kerja, Percantik Profilenya Yuk!

Ketika lulus kuliah nanti, apa yang akan kamu lakukan untuk memperkenalkan diri ke perusahaan-perusahaan ketika melamar pekerjaan? Apakah kamu mengunjungi satu per satu perusahaan untuk menitipkan dokumen? Atau, mengandalkan situs pencari kerja yang belum tentu mendapatkan respons? Tenang guys, berkat kemajuan teknologi, kamu bisa melamar pekerjaan secara online sekaligus membangun personal branding. Salah satu platform yang bisa kamu gunakan untuk mencari kerja hingga perluas jaringan adalah LinkedIn.

LinkedIn sendiri adalah jaringan sosial untuk komunitas bisnis. Berdiri pada 2002, situs ini menjadi tempat bagi para profesional untuk saling terhubung dengan teman, meningkatkan jumlah koneksi bisnis, membangun jaringan dalam industri, mendiskusikan ide bisnis, mencari pekerjaan, dan mencari karyawan baru.

Dengan manfaat-manfaat tadi, sudah saatnya kamu mempercantik profile LinkedIn-mu agar dilirik sama perusahaan-perusahaan oke nih!

Tips Mempercantik Profile LinkedIn Adalah Sebagai Berikut, Simak Ya!

Menurut situs LinkedIn, ada beberapa cara membuat tampilan LinkedIn-mu makin menarik.

1. Tambah foto profile yang profesional

Dengan memasukkan foto profil terbaik, bisa meningkatkan kredibilitas profile dan membuat kamu tampil menonjol loh. Biasanya, member yang profile LinkedIn-nya menampilkan foto profile terbaik, bisa mendapatkan kunjungan profile hingga 21 kali lipat dibandingkan anggota yang tidak menampilkan foto. Kamu juga bisa menambahkan gambar latar untuk personalisasi profile yang semakin menarik.

2. Buat moto profesional yang menarik

Kamu bisa membuat moto profesional ketika menambahkan jabatan ke profile. Namun, kamu harus menulis ulang moto profesional untuk menonjolkan keahlian atau kepribadianmu tampil lebih menarik.

3. Tulis ringkasan

Bagian Tentang atau About di profile kamu harus mengekspresikan misi, motivasi, dan keahlian kepada orang yang akan melihatnya. Idealnya, batasi teks agar tidak lebih dari 1 – 2 paragraf untuk mengisi bagian ini. Kamu bisa menulisnya dalam bentuk poin jika merasa tidak nyaman menulis paragraf.

4. Tambah semua pengalaman kerja, pendidikan, dan keahlian yang relevan

Kamu harus terus memperbarui profile LinkedIn untuk memasukkan semua pengalaman profesional yang sejalan dengan tujuan kariermu saat ini. Kamu juga dapat menambahkan sampel media untuk memberikan akses cepat ke portofolio kerja. Kalau kamu punya daftar keahlian yang relevan di profile, kamu bisa memasukkannya ya! Soalnya, hal tersebut dapat membantu menunjukkan kemampuanmu kepada anggota lain, seperti teman dan perekrut. Setelah menambahkan keahlian, koneksi kamu dapat merekomendasikan keahlian tersebut. Jika seseorang merekomendasikan keahlian, kemungkinan kamu untuk mencari peluang yang berhubungan dengan keahlian akan meningkat. Asyik ya?

5. Meminta rekomendasi

Rekomendasi sangat penting sebagai pengakuan atau pujian bagi koneksi, seperti teman, mitra bisnis, atau siswa. Tidak ada batas jumlah rekomendasi yang dapat kamu minta. Setelah kamu menerima rekomendasi dari koneksi, rekomendasi itu akan terlihat oleh jaringanmu secara default. Kamu juga bisa menyembunyikan rekomendasi yang menurutmu gak sesuai dengan tujuan profesional.

6. Pakai pengukur skor profile untuk mengukur kekuatan profile-mu

Kalau sudah membuat dan mempercantik semua bagian di profile-mu, saatnya mulai berbagi profile publik dengan jaringan yang lebih luas. Profile publik adalah versi sederhana dari profile lengkap LinkedIn kamu yang muncul di mesin pencari dan dapat dilihat oleh semua orang. Kamu dapat mempromosikan profile agar lebih sering tampil dalam mesin pencari dengan membuat URL pribadi.

Gimana guys? Kamu sudah mempersiapkan diri untuk mempercantik profile LinkedIn-mu? Atau jangan-jangan kamu gak pede sama pengalamanmu yang masih minim? Tenang, kamu bisa ikutan kelas online di goKampus agar profile LinkedIn-mu makin mempesona. Di goKampus, ada beragam kelas online yang cocok buat kamu yang ingin upgrade skill, tambah ilmu, dan dapat sertifikat secara GRATIS. Caranya? Kamu bisa ikutan program Give One, Get One (GOGO) dari goKampus.

linkedin adalah

Cara pakainya, pilih kelas di goKampus sesuai minat dan kebutuhanmu biar kamu makin expert. Kamu bisa mendapatkan +1 free voucher code pada setiap transaksi berhasil dari pengguna yang mendaftar menggunakan refferal id email kamu! Penasaran? Klik di sini untuk ikutan GOGO dari goKampus dan dapatkan course gratisnya!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *