kelas karyawan
Upskill

Kupas Tuntas 7 Perbedaan D4 dan S1, Yuk

Menempuh pendidikan tinggi pasti merupakan impian banyak orang di masa sekarang. Memang, sangat banyak keuntungan yang akan didapatkan apabila kamu memilih melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Namun, apa perbedaan D4 dan S1?

Untuk kamu para pelajar Indonesia yang sedang menentukan jenjang pendidikan di perguruan tinggi pasti gak asing lagi kan dengan D3, S1.S2. dan S3? Tapi, buat kamu yang ikut SBMPTN, ada kebijakan yang memungkinkan untuk kamu calon mahasiswa memilih jenjang pendidikan Diploma 4 (D4) atau yang biasa disebut dengan sarjana terapan.

Sama-sama kuliah selama empat tahun dan mendapatkan gelar sarjana, nyatanya ada loh beberapa perbedaan D4 dan S1 secara mendasar. Apa aja ya itu? Simak artikel ini yuk!

Pengertian D4 dan S1

Program diploma merupakan sebuah program pendidikan vokasi yang memang diperuntukkan bagi lulusan pendidikan menengah atau sederajat untuk mengembangkan keterampilan serta penalaran dalam penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Program diploma sendiri biasanya terdiri dari 4 tingkat, yaitu Diploma 1 (D1), Diploma 2 (D2), Diploma 3 (D3), dan Diploma 4(D4).

Sedangkan untuk program Sarjana adalah program pendidikan akademik yang memang diperuntukkan bagi lulusan pendidikan menengah atau sederajat hingga mampu mempraktikkan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui penalaran ilmiah. Untuk jenjang pendidikan sarjana ada 3 tingkat yaitu Sarjana 1(S1), Sarjana 2 (S2), dan Sarjana 3(S3).

Perbedaan Kurikulum Perkuliahan D4 dan S1

Kalau untuk segi perkuliahan,S1 biasanya lebih mendalami teori-teori dari ilmu pengetahuan sendiri. Biasanya bobotnya adalah 60% teori dan 40% praktik. Lulusan dari S1 ini diharapkan mampu untuk bisa melakukan riset dan analisis secara mendalam serta menerapkan praktik yang bisa dilakukan untuk melakukan implementasi dari teori yang ada.

Sedangkan untuk D4, biasanya D4 lebih banyak mengembangkan keterampilan dengan penerapan ilmu pengetahuan. Nah, untuk bobot nilainya terbalik dengan S1 yaitu 60% praktik dan 40% teori.

Mahasiswa D4 cenderung untuk memiliki kesempatan praktik yang lebih banyak dibandingkan mahasiswa S1 karena mahasiswa D4 cenderung memperkuat dan terus fokus untuk mengasah keterampilannya di bidang masing-masing.

Perbedaan Program Studi antara D4 dan S1

Umumnya untuk program studi masing-masingnya pun ada perbedaan loh. Untuk S1, biasanya program studinya cenderung lebih umum seperti S1 Teknik dan S1 Manajemen yang nanti akan difokuskan ke dalam berbagai peminatan yang tersedia. 

Nah, sedangkan untuk program studi di D4 cenderung lebih spesifik, misalnya seperti program studi D4 teknik pengelolaan dan pemeliharaan infrastruktur sipil atau D4 manajemen pemasaran atau manajemen keuangan.

Namun, di beberapa program studi ada juga yang program studi D4 mirip dengan program studi S1, misalnya seperti D4 Kebidanan, dan S1 Kebidanan.

Yang menjadi beda adalah saat proses pembelajarannya, dimana kalau S1 Kebidanan akan lebih fokus pada keilmuan yang ada, sementara untuk D4 Kebidanan akan lebih fokus menekankan pada praktik.

Gelar Lulusan antara D4 dan S1

Perbedaan D4 dan S1 selanjutnya adalah di nama gelar kelulusan. Di jenjang pendidikan S1, gelar yang akan didapat biasanya akan diikuti dengan program studi di belakangnya, misalnya mahasiswa lulusan sarjana akuntansi akan mendapatkan gelar S.Ak.

Sedangkan untuk lulusan S4 akan diikuti dengan gelar S.Tr atau Sarjana Terapan yang kemudian diikuti oleh program studinya seperti S.Tr.Ak untuk D4 program studi Akuntansi.

Ketersediaan di Indonesia

Perbedaan D4 dan S1 yang terakhir adalah dari sisi ketersediaannya di Indonesia, seperti yang kamu untuk program S1 di Indonesia sudah banyak banget dan selalu ada di seluruh Indonesia maupun di universitas negeri atau universitas swasta. Sedangkan untuk D4 termasuk jarang ditemui di Indonesia, biasanya program D4 akan ditemukan di Politeknik maupun universitas.

Untuk durasi perkuliahannya, kedua jenjang pendidikan ini sama-sama menempuh waktu selama 4 tahun atau sekitar 144 SKS. 

Skripsi vs Laporan Ilmiah

Bagi kalangan mahasiswa tugas akhir atau skripsi bisa jadi menjadi momok yang menakutkan dan sering diperbincangkan apalagi bagi mahasiswa yang sedang menempuh semester akhir. Ternyata, perbedaan D4 dan S1 juga ada di saat tugas akhir loh! 

Seperti yang kita ketahui dalam program S1 atau sarjana tugas akhir yang diberikan adalah menyusun skripsi yang sesuai dengan jurusan masing-masing dengan judul bebas sesuai dengan minat mahasiswa.

Hal ini berbeda dengan program D4 atau diploma yang mana tugas akhir yang diberikan berupa kerja praktik. Gak hanya melakukan kerja praktik mahasiswa D4 harus menyusun laporan ilmiah dari hasil kerja praktik tersebut untuk mendapatkan gelar sarjana terapan.

S2 vs S2 Terapan

Apakah jenjang S2 hanya berlaku bagi mereka yang telah menyelesaikan program S1? Gak juga loh! Kalau kamu mahasiswa D4, kamu juga bisa melanjutkan ke jenjang S2. Salah satu tips untuk kamu mahasiswa D4 yang ingin melanjutkan pendidikan ke program magister atau S2 terapan, maka kamu harus lebih banyak mempelajari dan memperdalam ilmu dalam bentuk teori karena program sarjana lebih menitikberatkan pada penguasaan teori.

Beberapa program studi pada program magister terapan juga bisa kamu ambil dan program ini memang didesain untuk lulusan D4 yang mau melanjutkan studi dan mengasah skill di praktik.

Oh iya, setelah lulus kuliah, jangan lupa mengasah soft skill kamu sebelum terjun ke dunia kerja nanti. Soft skill yang gak kalah penting untuk kamu asah di antaranya kemampuan komunikasi dan mendengarkan, loh. Untuk mengasah soft skill, kamu bisa mengikuti kelas Komunikasi yang Efektif di sini dan kelas Keterampilan Mendengarkan yang Efektif di sini.

Gak hanya mengasah soft skill dan upgrade diri, kamu akan dapat beragam insight dari profesional yang berpengalaman di bidangnya. Plus, dapat sertifikat dari institusi ternama yang dapat menunjang karier kamu ke depannya. Yuk, ikutan kelasnya sekarang secara online!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *