Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi di era modern seperti sekarang ini menjadi sebuah keharusan. Pasalnya, zaman berkembang begitu cepat. Jika tidak mampu menyesuaikan diri akan perubahan yang jauh lebih efisien dan efektif, tentunya hanya akan terjebak pada kebiasaan lama.

Bukan pekerjaan yang mudah memang untuk kembali kuliah. Selain dana pendidikan yang jumlahnya tidak sedikit, dibutuhkan juga persiapan yang matang. Mengingat kehidupan kuliah itu sangat berbeda dengan sekolah.

Baca Juga: Lebih Baik Mana, Kuliah di PTN atau PTS?

Mengenai biaya kuliah yang mahal, beasiswa dapat menjadi solusi terbaik. Berbagai program beasiswa ditawarkan oleh ragam pihak. Mulai dari pihak pemerintah melalui berbagai kementerian, sebut saja Beasiswa LPDP yang merupakan program Kementerian Keuangan, pihak universitas, hingga perusahaan swasta.

Tidak hanya mempersiapkan dana pendidikan kuliah, tetapi juga persiapan lainnya yang tidak kalah pentingnya. Adalah persiapan untuk daftar kuliah. Tentunya kamu harus lebih dulu melakukan pendaftaran diri sebelum bisa mengenyam pendidikan tinggi di suatu universitas.

Dalam proses pendaftaran, kamu harus mempersiapkan segala berkas yang dibutuhkan. Dan berikut ini setidaknya 3 persyaratan umum ketika daftar kuliah.

Namun perlu diperhatikan bahwa setiap universitas memiliki persyaratan daftar kuliah yang berbeda-beda. Jadi, pastikan bahwa kamu membaca secara seksama hingga tidak ada satu berkas pun yang terlewatkan. Karena jika ada satu berkas yang terlewatkan, maka proses pendaftaran akan tertunda bahkan bisa dinyatakan gagal.

1. Dinyatakan Lulus SMU

Syarat umum pertama untuk daftar kuliah baik melalui online atau hadir langsung ke kampus tujuan adalah dinyatakan lulus SMU, dalam hal ini SMA, SMK, MA, dan sederajatnya. Tidak pula memandang apakah SMU kamu adalah negeri ataupun swasta.

Pembuktian bahwa kamu telah dinyatakan lulus SMA adalah dengan melampirkan Ijazah. Namun, bagi kamu yang menerima Ijazah karena baru saja lulus dari tingkat sekolah, bisa menggunakan SKL (Surat Keterangan Lulus).

SKL dapat diperoleh dengan meminta kepada pihak sekolah. Dalam surat tersebut, berbunyi bahwa kamu telah mengikuti ujian nasional dan telah dinyatakan lulus. Pihak sekolah dalam hal ini Kepala Sekolah akan menandatangani surat tersebut dan dibumbuhkan dengan stempel sekolah.

2. Batasan Usia Saat Daftar Kuliah

Selain telah dinyatakan lulus SMU, syarat umum yang kedua untuk menjadi mahasiswa baru adalah sesuai dengan batasan usia yang telah ditetapkan. Masing-masing jenjang tentu memiliki batasan usia, begitu juga dengan setiap universitas.

Kamu bisa melakukan proses pendaftaran mahasiswa baru jika memenuhi persyaratan akan batasan usia. Jika melewati ketentuan yang ditetapkan, tentu saja kamu tidak bisa daftar kuliah di universitas tujuan.

3. Jalur Seleksi Pendaftaran Mahasiswa Baru

Dan persyaratan mahasiswa baru yang umum terakhir adalah jalur seleksi. Setiap universitas memiliki masing-masing seleksi penerimaan mahasiswa baru. Ada yang hanya memiliki 2 seleksi, yakni SNMPTN dan SBMPTN, namun ada pula yang lebih dari itu, yakni Seleksi Mandiri.

SNMPTN itu sendiri adalah Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Jalur seleksi yang satu ini tidak ada ujian tertulis. Proses penilaian didasari dari beberapa pertimbangan, salah satunya adalah prestasi akademik sekolah.

Sementara SBMPTN adalah Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Berbeda dengan SNMPTN, jalur yang satu ini terdapat tahapan ujian tertulis. Materi ujian tertulisnya sendiri terbagi menjadi 3 jenis, yakni Saintek (Sains dan Teknologi), Soshum (Sosial dan Hukum), dan gabungan kedua jenis tersebut.

Terakhir adalah seleksi mandiri. Seleksi penerimaan mahasiswa baru ini diselenggarakan oleh universitas terkait dalam menyaring calon mahasiswa mereka. Ketentuan dari seleksi mandiri ini tergantung pada pihak penyelenggara, dalam hal ini universitas.

Sudah download aplikasi goKampus? Jika belum, segera download di Google Play Store dan App Store! Jangan pula untuk registrasi hingga terverifikasi. Karena dengan begitu, berbagai fitur yang disajikan dapat kamu nikmati. Mulai dari daftar kuliah, beasiswa, magang, hingga event kampus, dan lain sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like