daftar kuliah online
Upskill

3 Persyaratan Umum saat Daftar Kuliah

Daftar kuliah atau melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi di era modern ini menjadi sebuah keharusan. Pasalnya, zaman berkembang begitu cepat. Jika tidak mampu menyesuaikan diri akan perubahan yang jauh lebih efisien dan efektif, tentunya hanya akan terjebak pada kebiasaan lama.

Namun, bukan hal yang mudah memang untuk kembali dan daftar kuliah. Selain dana pendidikan yang jumlahnya tidak sedikit, kamu juga perlu persiapan yang matang. Mengingat kehidupan kuliah itu sangat berbeda dengan sekolah.

Baca Juga: Lebih Baik Mana, Kuliah di PTN atau PTS?

Mengenai biaya kuliah yang mahal, beasiswa dapat menjadi solusi terbaik. Berbagai pihak juga menawarkan banyak program beasiswa. Mulai dari pemerintah melalui berbagai kementerian, sebut saja Beasiswa LPDP yang merupakan program Kementerian Keuangan, pihak universitas, hingga perusahaan swasta.

Tidak hanya mempersiapkan dana pendidikan kuliah, tetapi juga persiapan lainnya yang tidak kalah pentingnya. Tentunya kamu harus lebih dulu melakukan pendaftaran diri sebelum bisa mengenyam pendidikan tinggi di suatu universitas.

3 Persyaratan Umum saat Daftar Kuliah

Perlu kamu perhatikan, setiap universitas memiliki persyaratan daftar kuliah yang berbeda-beda. Pastikan bahwa kamu membaca secara saksama hingga tidak ada satu berkas pun yang terlewatkan. Jika ada satu berkas yang terlewat, maka proses pendaftaran akan tertunda bahkan bisa gagal.

Dalam proses daftar kuliah, kamu harus mempersiapkan segala berkas yang universitas butuhkan. Berikut ini setidaknya 3 persyaratan umum ketika daftar kuliah.

gokampus instan approval
gokampus instan approval

1. Telah lulus SMA/SMK/MA

Syarat umum pertama untuk daftar kuliah baik melalui online atau hadir langsung ke kampus tujuan adalah dinyatakan lulus SMA, dalam hal ini SMA, SMK, MA, dan sederajatnya. Tidak pula memandang apakah sekolah menengah kamu negeri ataupun swasta.

Pembuktian bahwa kamu telah dinyatakan lulus adalah dengan melampirkan ijazah. Namun, bagi kamu yang menerima ijazah karena baru saja lulus dari tingkat sekolah, bisa menggunakan SKL (Surat Keterangan Lulus).

SKL dapat kamu peroleh dengan meminta kepada pihak sekolah. Dalam surat tersebut, berbunyi bahwa kamu telah mengikuti ujian nasional dan telah dinyatakan lulus. Pihak sekolah dalam hal ini Kepala Sekolah akan menandatangani surat tersebut dan dibumbuhkan dengan stempel sekolah.

2. Perhatikan batasan usia saat daftar kuliah

Selain telah dinyatakan lulus SMU, syarat umum yang kedua untuk menjadi mahasiswa baru adalah sesuai dengan batasan usia yang telah ditetapkan. Masing-masing jenjang tentu memiliki batasan usia, begitu juga dengan setiap universitas.

Kamu bisa melakukan proses pendaftaran mahasiswa baru jika memenuhi persyaratan akan batasan usia. Jika melewati ketentuan yang ditetapkan, tentu saja kamu tidak bisa daftar kuliah di universitas tujuan.

3. Ketahui juga jalur seleksinya

Persyaratan daftar kuliah yang terakhir adalah jalur seleksi. Setiap universitas memiliki masing-masing seleksi penerimaan mahasiswa baru. Ada yang hanya memiliki 2 seleksi, yakni SNMPTN dan SBMPTN, namun ada pula yang lebih dari itu, yakni Seleksi Mandiri.

SNMPTN itu sendiri adalah Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Jalur seleksi yang satu ini tidak ada ujian tertulis. Proses penilaian didasari dari beberapa pertimbangan, salah satunya adalah prestasi akademik sekolah.

Sementara SBMPTN adalah Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Berbeda dengan SNMPTN, jalur yang satu ini terdapat tahapan ujian tertulis. Materi ujian tertulisnya sendiri terbagi menjadi 3 jenis, yakni Saintek (Sains dan Teknologi), Soshum (Sosial dan Hukum), dan gabungan kedua jenis tersebut.

Terakhir adalah seleksi mandiri. Seleksi penerimaan mahasiswa baru ini diselenggarakan oleh universitas terkait dalam menyaring calon mahasiswa mereka. Ketentuan dari seleksi mandiri ini tergantung pada pihak penyelenggara, dalam hal ini universitas.

Oh iya, tahukah kamu kalau relevansi kemampuan lulusan perguruan tinggi di Indonesia dengan kebutuhan industri masih berada di kisaran 64% berdasarkan Future of Jobs Report, World Economic Forum 2020?

Kalau kamu tertarik bekerja di perusahaan startup, posisi seperti digital marketer, product manager, dan ux writer menjadi incaran para recruiter. Nah, sambil mempersiapkan diri kamu untuk terjun ke dunia kerja, kamu bisa ambil kelas Memulai Karier di Dunia Startup Digital di sini.

Gak hanya dapat beragam insight dan ilmu dari profesional yang berpengalaman di bidangnya, kamu juga akan dapat sertifikat, plus bisa ikutan kelasnya dari mana saja secara online. Yuk, buruan ikutan!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *