Menjadi impian hampir semua orang untuk dapat meraih pendidikan setinggi-tingginya. Karena dengan status pendidikan setinggi mungkin, maka akan memperbesar penghidupan yang layak di masa depan.

Mewujudkan impian tersebut tidaklah mudah. Tidak sedikit yang gagal karena terkendala berbagai hal. Faktor terbesarnya bukan lain adalah biaya. Seperti diketahui bersama bahwa biaya kuliah itu mahal. Semakin berkualitas suatu perguruan tinggi, maka akan membutuhkan dana yang tidak sedikit untuk membiayai pendidikan.

Baca Juga: 3 Strategi Jitu Raih Beasiswa Kuliah

Sejatinya, biaya kuliah mahal dapat diatasi dengan berbagai cara. Beasiswa pun tetap menjadi solusi terbaik yang menjadi pilihan banyak pelajar untuk mengenyam pendidikan tinggi. Ragam program beasiswa ditawarkan. Tidak hanya dari perusahaan swasta, universitas, tetapi juga pemerintah.

Pemerintah pusat melalui berbagai kementerian menawarkan program beasiswa yang tidak hanya ditunjukkan kepada pelajar kurang mampu, tapi juga berprestasi. Salah satunya melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, yakni program bernama Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi.

Program dana bantuan dari Kemendikbud ini untuk mahasiswa S1, S2, hingga S3. Peserta yang dapat melamar pada program ini adalah mahasiswa baru yang telah dinyatakan diterima di perguruan tinggi dengan minimal akreditasi B atau mahasiswa yang tengah berkuliah dengan maksimal semester 2 pada saat melakukan pendaftaran.

Beasiswa Unggulan S3 dari Kemendikbud ini memiliki bidang prioritas. Meski demikian, tidak ada batasan pasti untuk program studi pilihan. Hanya saja terdapat program prioritas Nawacita. Diantaranya adalah Arkeologi (Permuseuman), Kebudayaan, Seni Pertunjukan, Kebijakan Publik, dan Teknologi Pangan.

Selain itu, Energi, Manajemen dan Kebijakan Pendidikan, Maritim, Pertanian, Perfilman, Kurikulum dan Pedadogi, Pariwisata, Industri Kreatif, MIPA, dan Perpustakaan juga termasuk dalam bidang prioritas. Pendidikan baik itu PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) dan PGSD (Pendidikan Guru Sekolah Dasar) juga menjadi bagian dari prioritas Nawacita.

Persyaratan Beasiswa Unggulan S3 Dalam Negeri

Bagi mahasiswa baru, persyaratan pertama untuk melamar Beasiswa Unggulan S3 Dalam Negeri adalah berusia maksimal 37 tahun. Memiliki IPK (Indeks Penilaian Kumulatif) S2 3,25 skala 4,0 dan skor iBT minimal 61 atau TOEFL ITP minimal 500 atau IELTS minimal 5,5.

Dilengkapi juga dengan Surat Keterangan Lulus atau Surat Keterangan Diterima di salah satu perguruan tinggi yang telah terakreditasi minimal B oleh BAN-PT. Dan Memiliki prestasi minimal tingkat kabupaten yang diselenggarakan oleh pemerintah ataupun masyarakat, dengan syarat sertifikat maksimal 3 tahun terakhir.

Sedangkan untuk mahasiswa yang tengah menjalani masa kuliah, syarat pertama adalah terdaftar sebagai mahasiswa di universitas terakreditasi minimal B yang dibuktikan dengan Surat Tanda Aktif Kuliah. Namun dengan catatan, mahasiswa maksimal semester 2. Diatas itu, seperti sudah memasuki semester 3, maka secara otomatis dinyatakan tidak lolos.

Juga memiliki prestasi minimal di tingkat kabupaten dengan sertifikat maksimal 3 tahun terakhir. Skor TOEFL ITP minimal 500 atau IELTS minimal 5,5 atau iBT minimal 61. Dan IPK S2 minimal 3,25 dengan skala 4,0.

Berkas Pendaftaran Beasiswa S3 Kemendikbud

Selain memenuhi persyaratan yang berlaku, juga harus melengkapi berbagai berkas pendaftaran. Diantaranya Essay Beasiswa berbahasa Indonesia sebanyak 3 sampai 5 halaman pada kertas A4 dengan format huruf Times New Roman 12 spasi 1.5, proposal rencana studi, dan KHS bagi mahasiswa yang sedang kuliah.

Tidak hanya itu, berkas lainnya adalah Ijazah dan Transkrip Nilai terakhir, surat rekomendasi dari civitas akademik, dan surat pernyataan tidak sedang memperoleh beasiswa serupa dari pihak lain.

Informasi seputar dunia perkuliahan kini jadi lebih diperoleh. Caranya hanya cukup download aplikasi goKampus di Google Play Store dan App Store! Informasi seperti kerja magang, dana pendidikan, dan acara kampus tersaji secara menarik dan lugas. Selain itu, berkesempatan untuk meraih beasiswa kuliah. Bahkan proses pendaftaran kuliah pun bisa dilakukan dengan mudah serta hemat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like