fungsi indra pendengar dan bagian-bagian telinga
Tips Belajar

Kenali Bagian-Bagian dan Fungsi Indra Pendengar, Yuk!

Siapa yang suka pelajaran biologi? Jika belajar biologi, gak akan luput dari materi anatomi tubuh, mulai dari keseluruhan tubuh hingga pancaindra. Nah, kali ini goKampus akan mengulas bagian-bagian beserta fungsi indra pendengar. Pasti sudah tahu dong kalau indra pendengar kita adalah telinga? Yuk, cek selengkapnya bagian-bagian dan fungsi indra pendengar!

Bagian-Bagian dan Fungsi Indra Pendengar

Telinga memiliki tugas untuk menangkap semua suara dan bunyi-bunyian yang akan otak proses. Rupanya, telinga terbagi menjadi tiga bagian, yaitu telinga luar (outer ear), telinga tengah (middle ear), dan telinga dalam (inner ear). Apa saja fungsi indra pendengar dari tiap bagian tersebut? Berikut penjelasannya!

1. Telinga luar (Outer ear)

Telinga bagian ini terdiri dari daun telinga (auricular) dan lubang telinga (ear canal). Daun telinga memiliki struktur yang terdiri dari tulang rawan elastis, seperti heliks, antiheliks, fossa segitiga, fossa skapoid, scapha, tragus, antitragus dan lobule. Fungsi daun telinga adalah untuk menangkap dan mengumpulkan suara yang berasal dari sekitar yang akan diantarkan ke gendang telinga melalui lubang telinga.

Lubang telinga terbentuk dari tulang rawan dan tulang temporal. Panjang lubang telinga dari paling luar hingga ke gendang telinga, yaitu 4 cm. Lubang telinga berfungsi sebagai saluran yang menghubungkan telinga bagian luar dengan telinga bagian tengah. Di lubang teling juga terdapat lengkungan yang memiliki fungsi untuk mencegah benda asing masuk ke gendang telinga.

2. Telinga tengah (Middle ear)

Fungsi utama bagian telinga tengah ini adalah mengubah gelombang suara menjadi getaran. Pada telinga bagian tengah terdapat tiga tulang (ossicles) yang berfungsi untuk mengirimkan suara yang sudah dikumpulkan oleh telinga luar kepada telinga dalam. Tulang-tulang tersebut adalah tulang martil (malleus) yang melekat di gendang telinga, tulang landasan (incus) yang berada di tengah rangkaian tulang, dan tulang sanggurdi (stapes) yang menghubungkan antara telinga tengah dengan telinga dalam.

Selain itu, telinga tengah juga terdiri dari dua struktur utama, yakni gendang telinga atau membran timpani dan saluran eustachius. Saluran eustachius adalah saluran yang menghubungkan telinga bagian tengah dengan pangkal kerongkongan dan hidung. Fungsi saluran ini untuk menyalurkan lendir dari telinga tengah dan menjaga tekanan udara di telinga tengah.

3. Telinga dalam (Inner ear)

Pada telinga bagian dalam, getaran yang dikirimkan oleh telinga bagian tengah berubah menjadi sinyal saraf. Sinyal saraf yang nantinya dikirimkan ke otak. Telinga dalam memiliki tiga struktur utama, yaitu koklea atau rumah siput, saluran semisirkular, dan vestibular. Seperti namanya, koklea memiliki bentuk seperti cangkang siput. Koklea memiliki dua ruangan yang berisi cairan. Ketika suara masuk, maka cairan-cairan ini akan bergetar. Tugas koklea adalah mengubah getaran tersebut menjadi sinyal saraf. Sinyal saraf akan dikirimkan ke otak melalui saraf koklea atau saraf pendengaran.

Sementara itu, saluran semisirkular memiliki fungsi untuk menjaga keseimbangan. Saluran ini memiliki tiga tabung kecil berbentuk setengah lingkaran yang saling terhubung. Saluran semisirkular juga berisi cairan, dan dilapisi oleh rambut-rambut kecil. Saat kepalamu bergerak, cairan di saluran ini akan mengalir dan menggerakkan rambut. Fungsi dari rambut-rambut tersebut adalah mengirimkan sinyal ke otak melalui saraf vestibular. Otak akan memerintah otot-otot tubuh kamu agar tetap seimbang. Vestibular adalah bagian yang menghubungkan koklea dengan saluran semisirkular dan memiliki fungsi sama seperti saluran semisirkular, yaitu menjaga keseimbangan tubuh.

Baca Juga: Bagaimana Cara Kerja Indra Pendengar? Ini Urutan Prosesnya!

Itulah penjelasan terkait bagian-bagian serta fungsi indra pendengar kita. Oh iya, kamu mau dapat kelas sertifikasi sekalian upgrade ilmu secara gratis? Siapa bilang upgrade skill harus mahal? Bareng goKampus, apalagi lewat program Give One, Get One (GOGO), kamu bisa menjadi yang paling top di bidang yang kamu minati!

Dengan berbagai courses di bidang marketingdesignor even more, kamu bisa terus upgrade skill biar jadi expert dari teman-temanmu yang lain. Get 1 course for free and get more free courses saat temanmu juga ikutan kelas menggunakan referral-mu. Bagikan referral kamu sekarang, let’s go! Kepoin selengkapnya program GOGO dari goKampus di sini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *