jurusan kuliah ips
Tips Belajar

6 Jurusan Kuliah IPS yang Menjanjikan Pekerjaan

“Jurusan IPS yang paling oke kuliah apa sih?” Itu mungkin menjadi salah satu pertanyaan yang sering orang-orang ajukan. Apalagi buat kalian yang anak-anak kelas 12, pasti galau mengingat banyak banget pilihan jurusan kuliah IPS yang ada.

Jurusan Kuliah IPS yang Menjanjikan

Jangan pusing, berikut goKampus rangkum dan bahas beberapa pilihan jurusan IPS yang menjanjikan. Apa sajakah itu?

1. Ilmu ekonomi, jurusan IPS yang menjanjikan

Jangan tertukar dengan ilmu bisnis dan manajemen karena keduanya sangat berbeda. Di jurusan ini, kamu akan belajar tentang perilaku organisasi, individu, dan negara dan cara mengalokasikan sumber daya untuk memaksimalkan kesejahteraan (output).

Scope ilmu ekonomi luas banget, kamu akan belajar dari yang mikro (belajar mengenai perilaku ekonomi individu) sampai yang makro (tentang perekonomian negara dan industri). Prospek kerja jurusan ilmu ekonomi di antaranya ekonom, analis riset pasar, analis kredit, analis keuangan, konsultan manajemen.

Jurusan ilmu ekonomi juga cocok buat kamu yang berpikir kritis, kuat di matematika, dan suka berpikir dalam konteks cause-and-effect.

2. Ilmu manajemen & bisnis

Dalam ilmu manajemen dan bisnis, kamu akan belajar soal cara menjalankan dan mengelola sebuah bisnis atau organisasi. Kamu juga akan belajar tentang cara manajemen keuangan, manajemen pemasaran perusahaan, dan manajemen human resources.

Prospek kerja jurusan ilmu manajemen dan bisnis, yaitu konsultan manajemen, marketing manager, analis manajemen bisnis, manajer operasional, entrepreneur/wirausaha. Ilmu manajemen dan bisnis cocok buat kamu yang suka dan pandai berkomunikasi, berhitung, dan pandai berpikir secara strategis.

3. Ilmu psikologi juga jurusan IPS yang gak kalah menjanjikan

Di ilmu psikologi, kamu akan belajar mengenai mental dan otak manusia, cara berpikir manusia, serta cara berpikir yang memengaruhi perilaku manusia. Prospek lulusan psikologi pasti selalu dibutuhkan. Jurusan kuliah yang satu ini juga adalah salah satu yang tidak terancam karena adanya teknologi artificial intelligence. Prospek kerja ilmu psikologi di antaranya psikolog, konseling, Human Resources Development, psikiater, marketer. Ilmu psikologi cocok buat kamu yang sabar, pandai berkomunikas, dan pikirannya terbuka.

4. Ilmu hukum

Ilmu hukum adalah salah satu jurusan IPS yang paling bergengsi, apalagi mengingat banyak sekali lawyer atau pengacara di Indonesia yang sukses dan kaya. Lagipula, skill ilmu hukum pastinya selalu dibutuhkan di organisasi maupun instansi pemerintahan. Selama di negara itu ada hukum, pastinya skill ini akan selalu dibutuhkan.

Prospek kerja ilmu hukum, yaitu notaris, pengacara, konsultan hukum, dan staf legal perusahaan. Ilmu hukum cocok buat kamu yang teliti, suka membaca, pandai berkomunikasi, dan kritis.

5. Ilmu komunikasi

Di ilmu komunikasi, kamu akan belajar banyak mengenai public speaking. Jadi, kamu harus siap mental kalau banyak tugas public speaking di kuliah. Kamu juga akan mempelajari media, brand persona, broadcasting, atau periklanan.

Prospek kerja ilmu komunikasi, yaitu marketing, public relation, jurnalis, atau copywriter. Ilmu komunikasi cocok buat kamu yang suka dan pandai berkomunikasi, sabar, dan pikiran terbuka.

6. Desain komunikasi visual atau desain grafis

Jurusan kuliah IPS yang satu ini adalah ilmu mengenai penataan teks, gambar, ilustrasi di iklan, poster, media cetak agar pesan dan informasi yang tersampaikan dapat dengan jelas didapatkan oleh audience. Jurusan ini mempelajari tentang tipografi, layout, dan hierarchy dari teks dan elemen visual tersebut.

Prospek kerja desain komunikasi visual: marketing, branding, periklanan. Ilmu desain komunikasi visual cocok buat kamu yang:ikirannya terbuka, dapat menerima kritik dan saran secara objektif karena di sekolah desain, kamu akan banyak mengkritik pekerjaanmu, serta pandai berkomunikasi.

Sudah tau mau memilih jurusan IPS yang mana? Apapun yang kamu pilih, pastikan kamu punya passion di jurusan itu juga, ya! Kalau nantinya gak betah pas di tahun ke 2 atau ke 3, jadi pusing kan? Makanya, harus kamu pikirkan dulu dengan benar.

Baca Juga: 5 Pilihan Jurusan Kuliah IPA yang Menjamin Masa Depan

Oh iya, kamu bisa dapat beasiswa senilai total Rp10 miliar cukup dengan download aplikasi goKampus di Play Store atau App Store dan cek selengkapnya tentang beasiswa di sini. Dapatkan juga cashback hingga Rp500 ribu tiap kamu daftar kuliah melalui instant approval melalui aplikasi goKampus. Banyak untungnya, kan? Yuk, download!

Admin

Hai, Siswa!
Ayo gabung di goKampus!

www.gokampus.com

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *