“Jurusan kuliah IPS yang paling oke, apa sih?”

Kalau sudah mendekati waktunya tahun terakhir sekolah, pasti pertanyaan itu sering kebayang di otakmu. Apalagi buat kalian yang anak-anak kelas 12, pasti galau mengingat banyak banget pilihan jurusan kuliah IPS yang ada.

Baca juga: 5 Pilihan Jurusan Kuliah IPA yang Menjamin Masa Depan

Tapi, jangan pusing. Berikut kita rangkum dan bahas beberapa pilihan jurusan IPS yang menjanjikan pekerjaan, ya!

  1. Jurusan ilmu ekonomi

Jangan ketuker ya sama ilmu bisnis & manajemen, karena keduanya sangat berbeda. Pada intinya, dalam ilmu ekonomi kamu akan belajar tentang perilaku organisasi, individu, dan negara dan bagaimana mereka mengalokasikan sumber daya (yang terbatas – atau “scarce”) untuk memaksimalkan kesejahteraan (output).

Scope ajaran dalam ilmu ekonomi itu luas banget, kamu akan belajar dari yang mikro (belajar mengenai perilaku ekonomi individu) sampai yang makro (tentang perekonomian negara dan industri).

Prospek kerja jurusan ilmu ekonomi: ekonom, analis riset pasar, analis kredit, analis keuangan, konsultan manajemen.

Jurusan ilmu ekonomi cocok buat kamu yang:

  • Berpikir kritis
  • Kuat di matematika
  • Suka berpikir dalam konteks cause-and-effect

2. Ilmu manajemen & bisnis

Dalam ilmu manajemen & bisnis, kamu akan belajar soal cara menjalankan dan mengelola sebuah bisnis atau organisasi. Kamu juga akan belajar tentang cara manajemen keuangan, manajemen marketing/pemasaran perusahaan, dan manajemen human resources.

Prospek kerja jurusan ilmu manajemen & bisnis: konsultan manajemen, marketing manager, analis manajemen bisnis, manajer operasional, entrepreneur/wirausaha.

Ilmu manajemen & bisnis cocok buat kamu yang:

  • Suka & pandai berkomunikasi
  • Suka & pandai berhitung
  • Pintar berpikir secara strategis

3. Ilmu Psikologi

Di ilmu psikologi, kamu akan belajar mengenai mental & otak manusia, cara berpikir manusia, dan bagaimana cara berpikir tersebut mempengaruhi perilaku manusia. Prospek lulusan psikologi juga tetap baik, karena pasti selalu dibutuhkan oleh masyarakat luas. Jurusan kuliah yang satu ini juga adalah salah satu yang tidak terancam karena adanya teknologi Artificial Intelligence.

Prospek kerja ilmu psikologi: psikolog, konseling, Human Resources Development, psikiater, marketer.

Ilmu psikologi cocok buat kamu yang:

  • Sabar
  • Pandai berkomunikasi
  • Pikirannya terbuka

4. Ilmu Hukum

Ilmu hukum sering dilihat sebagai salah satu jurusan IPS yang paling bergengsi, apalagi mengingat banyak sekali lawyer atau pengacara di Indonesia yang sukses dan kaya. Lagipula, skill ilmu hukum pastinya selalu dibutuhkan di organisasi maupun instansi pemerintahan. Selama di negara itu ada hukum, pastinya skill ini akan selalu dibutuhkan.

Prospek kerja Ilmu hukum: notaris, pengacara, konsultan hukum, staff legal perusahaan

Ilmu hukum cocok buat kamu yang:

  • Teliti
  • Suka membaca
  • Pandai berkomunikasi
  • Kritis

5. Ilmu komunikasi

Kayak namanya, disini kamu belajar tentang bagaimana cara mengkomunikasikan sebuah pesan secara efektif kepada audience yang tepat. Dalam ilmu komunikasi kamu akan belajar banyak mengenai public speaking (jadi, kamu harus siap mental ya kalau banyak tugas public speaking di kuliah!), media, brand persona, broadcasting, periklanan.

Skill ini sudah pasti dibutuhkan oleh organisasi dan bisnis, karena setiap bisnis butuh menjaga brand persona, serta mencari, mempertahankan pelanggan.

Prospek kerja ilmu komunikasi: marketing, public relations, jurnalis, copywriting

Ilmu komunikasi cocok buat kamu yang:

  • Suka & pandai berkomunikasi
  • Sabar
  • Pikiran terbuka

6. Desain Komunikasi Visual / Desain Grafis

Desain grafis adalah ilmu mengenai penataan teks, gambar, ilustrasi di iklan, poster, media cetak agar pesan dan informasi yang disampaikan dapat dengan jelas didapatkan oleh audience. Desain grafis mempelajari tentang tipografi, layout, dan hierarchy dari teks dan elemen visual tersebut.

Prospek kerja desain komunikasi visual: marketing, branding, periklanan

Ilmu desain komunikasi visual cocok buat kamu yang:

  • Pikirannya terbuka
  • Dapat menerima kritik dan saran secara objektif (karena di sekolah desain, kamu akan banyak mengkritik pekerjaan mu dan juga orang lain).
  • Pandai berkomunikasi

Sudah tau mau memilih jurusan IPS yang mana? Apapun yang kamu pilih, pastikan kamu punya passion di jurusan itu juga, ya! Kalau nantinya nggak betah pas di tahun ke 2 atau ke 3, jadi pusing kan? Makanya, harus dipikirkan dulu dengan benar.

Apakah jurusan IPS pilihan mu ada diatas?

Kamu juga bisa langsung daftar universitas dan sekolah tinggi yang kamu inginkan di goKampus! Hanya sekali isi, kamu bisa langsung daftar ke banyak universitas, lho! Untuk memulai daftar universitas, download aplikasinya sekarang di Google Play Store dan App Store.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like