macam-macam psikologi
goKampus Tips Belajar Upskill

Kenalan Dengan Apa Itu Teknik Industri Yuk

Buat kamu calon mahasiswa baru pasti sudah gak asing lagi kan sama satu jurusan yang terkenal banget di jurusan teknik. Yap, bener banget yang mau kita bahas hari ini adalah jurusan teknik industri! Apa itu jurusan teknik industri? Nah, buat kamu yang penasaran sama apa itu jurusan teknik Industri, simak artikel ini ya!

Teknik Industri adalah salah satu jurusan studi tingkat perguruan tinggi yang merupakan terusan dari peminatan IPA di bangku SMA. dibandingkan bidang studi teknik lainnya, teknik industri dikenal lebih ke “sosial dan manajemen” dibandingkan dengan “teknik”.

Hal ini karena dalam penerapannya, cakupan pembelajaran dalam teknik industri juga melibatkan banyak studi manajemen walaupun jurusan ini adalah jurusan turunan dari teknik mesin.

Kenapa sih kita harus memilih jurusan teknik industri? Fokus dari jurusan teknik industri ini adalah perancangan, peningkatan, dan pemasangan sistem terintegrasi yang bisa diwujudkan melalui sinergi peranan material, energi, peralatan, dan juga manusia. Jadi, jurusan ini cocok banget buat kamu yang suka dunia manajemen dan dunia teknik sekaligus. 

Nah, karena program pembelajaran Teknik Industri cukup luas, pilihan lapangan pekerjaannya pun juga sangat luas loh. Kamu bisa masuk ke lingkup kerja divisi produksi, engineering, maintenance, hingga masuk ke Human Resource Development (HRD).

Rata-rata gaji lulusan S1 jurusan teknik industri untuk perusahaan swasta di dalam negeri berkisar di angka Rp 4,000,000 hingga Rp 6,000,000 per bulan untuk dua tahun pertama. Namun, peluangmu untuk bisa mendapatkan penghasilan yang lebih tinggi juga sangat terbuka loh apalagi kalau kamu memiliki keahlian khusus.

1. Mata kuliah teknik industri belajar apa aja sih?

Nah, untuk mata kuliah teknik industri sendiri pastinya akan memberikan kamu pemahaman dan kemampuan untuk melakukan analisis serta memberikan solusi dalam sebuah permasalahan industri.

Biasanya sebagai mahasiswa jurusan ini, kamu akan mendapatkan beberapa mata kuliah seperti matematika, kalkulus, fisika dasar, kimia dasar, ekonomi teknik, organisasi dan manajemen perusahaan industri, gambar teknik, dan segala hal yang berkaitan dengan manajemen dan teknik.

Selain mendapatkan mata kuliah yang cukup spesifik seperti manajemen dan teknik, ada juga beberapa mata kuliah umum seperti Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Agama, dan Pendidikan Kewarganegaraan.

Biasanya untuk lama program pendidikan S1 teknik industri adalah delapan semester atau yang setara dengan empat tahun. Tapi, ada juga beberapa perguruan tinggi yang memiliki program pembelajaran 3,5 tahun aja.

2. Ruang lingkup jurusan teknik industri apa aja sih?

Untuk jurusan teknik industri sendiri terbagi atas tiga bagian besar yang utama yaitu manufaktur, manajemen, dan juga tekno ekonomi. 

1. Sistem manufaktur

Nah, untuk bidang studi ini menggunakan pendekatan teknik industri dalam rangka meningkatkan kualitas, produktivitas, dan efisiensi sistem integral dalam sebuah produksi industri.

Beberapa faktor-faktor yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan tersebut adalah integrasi antara manusia, mesin, material, energi, dan informasi yang dilakukan melalui proses perbaikan dengan terus menjaga hubungan antara manusia dan lingkungan kerjanya. 

Beberapa bidang keilmuan yang menjadi pokok bahasan dalam sistem manufaktur antara lain sistem produksi, pemodelan sistem, perancangan tata letak pabrik, dan ergonomi.

2. Manajemen industri

Pada bidang keahlian ini, pendekatan ini dimanfaatkan dalam aktivitas penciptaan dan peningkatan nilai sistem usaha yang dilakukan melalui fungsi dan proses manajemen.

Beberapa jenis bidang keilmuan yang secara khusus akan dibahas dalam manajemen industri antara lain adalah Ekonomi teknik, manajemen pemasaran, manajemen sumber daya manusia, manajemen keuangan, manajemen keputusan, manajemen inovasi, dan manajemen kualitas.

3. Sistem Industri dan Tekno Ekonomi

Pendekatan industri pada bidang keahlian sistem industri dan tekno ekonomi dipakai untuk meningkatkan daya saing sistem integral yang tersusun atas bahan baku, energi, teknologi, informasi, infrastruktur, dan tenaga kerja.

Dalam pembelajarannya, beberapa mata kuliah yang akan diberikan untuk memenuhi kompetensi bidang keahlian ini antara lain adalah sistem basis data, statistik industri, logika pemrograman, dan juga sistem logistik.

3. Karakter mahasiswa seperti apa sih yang cocok di jurusan teknik industri?

Sebenarnya seluruh mahasiswa memiliki hal yang sama untuk memilih berbagai bidang studi yang diinginkan. Tetapi, masing-masing bidang keilmuan pun sesungguhnya juga menuntut karakter tertentu.

Kesesuaian karakter ini cukup penting untuk kamu perhatikan sehingga gak ada fenomena merasa salah jurusan atau penyesalan. 

Untuk itu, kalau kamu sedang bingung menentukan jurusan kuliah, beberapa gambaran karakter yang dibutuhkan di jurusan ini misalnya seperti teliti dan fokus terhadap detail-detail, bekerja secara sistematis, berpikir secara rasional, independen, senang melakukan analisis dan riset, berpikir kritis, dan suka memecahkan sebuah masalah. 

4. Prospek kerja teknik industri

Nah ini dia beberapa peluang karir yang bisa kamu lanjutkan setelah lulus, yang pertama adalah:

1. Analisis Produksi

Pekerjaan yang memiliki prospek kerja luas pertama adalah menjadi analis produksi. Selain memiliki prospek kerja tinggi, posisi analis produksi juga memiliki potensi besar untuk berkarir. Karena, pekerjaan ini sangatlah memiliki sinergi yang kuat, karena ilmu yang didapat di bangku kuliah, akan sangat bermanfaat di pekerjaan ini.

Sebagai analis produksi, kamu dituntut untuk bertanggung jawab menganalisis proses produksi, pengendalian kualitas produksi, optimalisasi dan pemeliharaan alat-alat produksi, hingga pengendaliannya.

2. Manajemen Sumber Daya Manusia (HRD)

Pekerjaan selanjutnya yang memiliki prospek kerja luas adalah menjadi pekerja di bagian manajemen sumber daya manusia atau biasa disebut HRD (Human Resources Development). 

Seorang HRD, akan bertanggung jawab penuh, dalam mencari calon karyawan yang dibutuhkan oleh setiap divisi. Dan sebaliknya, jika seorang HRD tidak bisa memanajemen sumber daya manusia yang dipilihnya, maka sinergi perusahaan pun bisa saja malah akan menurun, dan bangkrut. Sehingga memanajemen manusia, ternyata juga sangat penting.

3. Quality Control (QC)

Pekerjaan berikutnya adalah menjadi quality control atau disingkat QC. Divisi ini bertanggung jawab atas kualitas barang yang dihasilkan oleh setiap mesin produksi, di dalam sebuah industri manufaktur. 

Tidak hanya bertanggung jawab terkait kualitas, QC juga bertanggung jawab memastikan agar barang-barang produksi sesuai dengan standar yang telah diterapkan sebelumnya.

4. Health and Safety Environment Engineer

Prospek kerja selanjutnya adalah menjadi health safety environment engineer. Dimana, jika kamu berada dalam posisi ini dituntut untuk bertanggung jawab atas keputusan yang diambil oleh perusahaan terkait, aturan dan keselamatan kerja karyawannya.

Untuk mencari tahu informasi lebih lanjut, kamu bisa kunjungi halaman ini dan mencari informasi tentang jurusan teknik industri. Jangan lupa konsultasikan segala hal tentang kampusmu bersama goKampus.

Jangan lupa, download aplikasi goKampus di Google Play dan App Store, karena ada banyak banget informasi tentang dunia perkuliahan yang perlu kamu ketahui disana! Dengan goKampus, semua #Pastibisakuliah

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *