tugas dokter hewan
Kategori Kelas

Apa Tugas Dokter Hewan? Yuk, Cek untuk Kamu yang Minat Profesi Ini!

Wujud kasih sayang manusia kepada hewan gak hanya ditunjukkan dengan merawat hewan peliharaan, tetapi banyak juga pecinta hewan yang aktif dalam kegiatan perlindungan dan penyelamatan hewan. Nah, bagi kamu yang tertarik untuk mempelajari penyakit dan merawat hewan, bisa mengambil profesi sebagai dokter hewan. Di Indonesia, menurut Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI), profesi ini masih tergolong sangat sedikit. Tentunya, ini kesempatan emas bagi kamu yang memiliki cita-cita menjadi dokter hewan. Sebelum melangkah lebih jauh, yuk cari tahu dulu peran dan tugas dokter hewan!

Apa Saja Sih Tugas Dokter Hewan?

Rupanya, dokter hewan gak sekedar memeriksan hewan yang sakit loh. Banyak peran penting yang harus kamu ketahui. Tentunya, peran dan tanggung jawab ini tergantung dari spesialisasi yang diambil sebelumnya. Di Indonesia, profesi dokter hewan terbagi berdasarkan beberapa kategori. Misalnya, dokter hewan praktisi yang memiliki fokus pada kelompok hewan kecil ataupun besar. Hewan kecil merujuk pada hewan peliharaan, seperti kucing, anjing, marmut, kelinci dan sebagainya. Sementara itu, hewan besar merujuk pada hewan ternak, yaitu kambing, sapi, kerbau, babi, kuda dan yang sebagainya.

Jika kamu tertarik dengan profesi ini, maka kamu harus mengetahui dulu nih tanggung jawab dan tugas dokter hewan. Mengutip dari web Gramedia, berikut beberapa peran, tanggung jawab dan tugas dokter hewan:

  1. Mencegah, memeriksa, mendiagnosis dan mengobati penyakit yang hewan derita.
  2. Melakukan perawatan untuk menjaga kesehatan hewan.
  3. Menuliskan resep dan menyusun nutrisi yang hewan butuhkan.
  4. Memeriksa kehamilan, menangani gangguan reproduksi serta mengaplikasikan penggunaan teknologi pada reproduksi hewan.
  5. Memastikan kesejahteraan hewan.
  6. Memastikan keamanan pangan yang dihasilkan dari hewan tersebut.
  7. Mencegah penularan penyakit yang berasal dari hewan ke manusia atau sebaliknya.
  8. Melindungi kesehatan atau kehidupan hewan beserta risiko yang ditimbulkan.
  9. Pemeliharaan dan pembudidayaan hewan ternak.
  10. Mengawasi kualitas, pemakaian dan pengedaran obat hewan.
  11. Meneliti serta mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran hewan.

Terbukti nih, dokter hewan gak hanya berperan penting untuk hewan, tetapi juga kesehatan manusia. Dengan menjadi dokter hewan, kamu gak hanya bisa bekerja di klinik atau rumah sakit khusus hewan loh. Kamu juga bisa bekerja di lembaga penelitian, instansi pemerintahan, instansi perlindungan satwa hingga menjadi teknisi dan ahli teknologi kedokteran di Indonesia.

Baca Juga: Intip Besaran Gaji Dokter Hewan dan Prospek Kerjanya

Sekarang kamu sudah tahu kan seperti apa tugas dokter hewan? Apakah kamu mulai tertarik dengan profesi ini? Yuk, ketahui informasi mengenai jurusan yang kamu minati di Direktori Jurusan tau klik di sini untuk cek jurusan yang berhubungan dengan hewan.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *