Seiring dengan perkembangan teknologi, jurusan Teknik Informatika pasti sudah gak asing lagi buat kamu. Bahkan, jurusan Teknik Informatika menjadi jurusan terketat di prodi Sains dan Teknologi (Saintek) di SNMPTN 2020 loh! Memangnya apa saja sih yang dipelajari di jurusan Teknik Informatika? Kenapa banyak yang minat ya? goKampus akan mengupas tuntas semua yang kamu tanyain tentang jurusan teknik informatika dan prospek kerjanya. Kepoin yuk!

1. Apa itu jurusan Teknik Informatika?

Teknik Informatika adalah ilmu yang menggabungkan serta mempelajari prinsip terkait dengan teknologi komputer dan matematika yang kemudian diterapkan untuk pembuatan, pengembangan, dan pengujian untuk perangkat lunak atau software, aplikasi, sistem operasi dan kerja komputer. Kurang lebih selama kamu kuliah nantinya akan belajar dari pembuatan aplikasi hingga pengujiannya. Buat kamu yang punya ketertarikan di bidang teknologi, jurusan ini cocok banget buat kamu!

jurusan teknik informatika

2. Teknik Informatika belajar apa aja sih?

Setiap harinya kamu akan belajar algoritma, coding, pemrograman, sistem jaringan, kriptografi, dan lain-lain. Nah, diharapkan sih buat kamu semua nih yang pengen ambil jurusan teknik informatika, setidaknya kamu menyukai dan memahami logika serta matematika sebagai dasar pembelajarannya. Kedengarannya memang rumit tapi semua akan diajarkan dari awal kok!

Baca Juga : Kuliah Jurusan Psikologi dan Prospek Kerjanya

3. Nanti bisa kerja jadi apa?

Prospek kerja lulusan Teknik Informatika banyak banget loh! Kamu punya kesempatan besar untuk bisa kerja di startup, perusahaan BUMN atau swasta, atau instansi pemerintah. Yang familiar adalah menjadi software engineer dimana kamu akan bekerja untuk merancang, mengelola, hingga mengevaluasi software atau sistem komputer secara menyeluruh. Beberapa di antaranya adalah:

  • Software Engineer

Sebagai seorang software engineer, kamu bekerja untuk merancang, mengelola, menguji, dan mengevaluasi software atau sistem komputer secara menyeluruh.

  • Software Developer

Software developer menjalankan rancangan yang dibuat oleh software engineer. Berbeda dengan software engineer yang mengerjakan sistem secara keseluruhan, software developer berfokus pada pengembangan satu bagian dari sistem komputer.

  • Data Scientist

Menganalisa data dengan menggunakan statistika dan algoritma. Data diolah dengan menggunakan teknik pemrograman untuk “menerjemahkan” bentuk data yang rumit menjadi bahasa yang mudah dipahami.

  • Konsultan IT

Lulusan Teknik Informatika bisa juga jadi Konsultan IT, di mana kamu bisa jadi perantara antara pelaku usaha dan teknisi teknologi. Konsultan IT bekerja untuk memberi saran, membuat perencanaan atau rancangan dan memasang sistem IT untuk klien.

Gimana? Sudah kebayang kan bagaimana jurusan Teknik Informatika dan prospek kerjanya?  Semoga artikel dari goKampus bermanfaat untuk kamu, ya! Jangan lupa, download aplikasi goKampus di Google Play dan App Store, karena ada banyak banget informasi tentang dunia perkuliahan di sana! Bareng goKampus, semua #PastiBisaKuliah

Kontributor : Saeka Minami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like