mata kuliah manajemen
goKampus Tips Belajar Upskill

Jadi Incaran Maba! Intip Mata Kuliah Manajemen

Sebagai calon mahasiswa baru yang lagi sibuk milih kuliah, kamu pasti tau banget dong kalau jurusan yang satu ini selalu jadi incaran para pelajar di Indonesia khususnya yang mengambil kelompok soshum, yaitu jurusan manajemen. Jurusan manajemen selalu menjadi favorit di dunia perkuliahan karena peluang kerjanya yang luas dan mata kuliah manajemen bisa mempelajari apa aja loh. Simak artikel ini untuk mempelajari jurusan manajemen lebih lanjut ya.

Jurusan manajemen adalah sebuah program studi yang mempelajari bagaimana mengelola suatu perusahaan atau organisasi. Jurusan manajemen juga termasuk dalam bidang bisnis dan ekonomi, namun lebih terfokus pada kegiatan mengelola, merencanakan, dan mengatur semua proses dalam perusahaan untuk mencapai tujuan.

Selama kuliah nanti, kamu akan belajar banyak hal mengenai mata kuliah manajemen yang akan berhubungan dengan ekonomi dan bisnis, misalnya seperti pengantar ekonomi makro, pengantar bisnis, akuntansi keuangan dasar, manajemen keuangan, manajemen sumber daya manusia, manajemen pemasaran, manajemen bisnis, statistika bisnis, dan lain sebagainya.

Nah, bagaimana dengan prospek kerja lulusan dari jurusan manajemen? Katanya sih jurusan manajemen menjadi salah satu jurusan yang memiliki prospek kerja yang sangat luas. Kira-kira benar gak ya? Buat kamu yang masih ragu-ragu, ini dia 10 peluang kerja atau prospek kerja dari jurusan manajemen yang bisa kamu jadikan pertimbangan setelah lulus nanti.

1. Konsultan bisnis

Prospek kerja jurusan manajemen yang pertama adalah menjadi seorang konsultan bisnis. Berbagai perusahaan nasional atau internasional banyak menggunakan konsultan bisnis yang akan membantu perkembangan sebuah perusahaan. Gak heran nih kalau konsultan bisnis selalu jadi incaran para mahasiswa lulusan jurusan manajemen. 

2. Dosen atau tenaga pendidik

Prospek kerja selanjutnya adalah menjadi seorang dosen atau tenaga pendidik. Namun, untuk menjadi seorang dosen, kamu harus melanjutkan pendidikanmu ke jenjang S2 dulu ya. Namun, peluang kerjamu akan semakin tinggi karena hampir di seluruh universitas di Indonesia sudah memiliki jurusan manajemen.

3. Manajer pemasaran

Prospek kerja jurusan manajemen selanjutnya adalah kamu bisa menjadi manajer pemasaran, yang di mana kalau kamu semakin ahli dan mampu mempengaruhi publik untuk membeli sebuah layanan produk atau jasa, maka perusahaan tempatmu bekerja juga akan memberikan imbalan yang semakin besar. 

4. Konsultasi perbankan

Prospek kerja selanjutnya adalah kamu bisa berkarir menjadi konsultan perbankan. Peluang kerja sebagai konsultan perbankan sangat terbuka lebar loh guys. Kamu akan bertugas untuk membantu seorang klien entah perseorangan atau perusahaan untuk memberikan saran-saran mengenai keuangan dan perbankan.

5. Management Trainee (MT)

Kamu juga bisa melamar pekerjaan melalui jalur management trainee. Kamu bisa menjadi salah satu tim elit di perusahaan yang bertugas untuk melakukan pelatihan pada peserta yang akan menjadi manajer di perusahaan tersebut. Pelajaran soal menjadi MT akan kamu dapatkan juga di mata kuliah manajemen. Biasanya banyak sekali para fresh graduates yang memilih berkarir menjadi management trainee di perusahaan loh.

6. Manajer Sumber Daya Manusia (SDM)

Prospek kerja selanjutnya adalah kamu bisa menjadi seorang manajer SDM di perusahaan besar yang berani memberikan kamu gaji puluhan juta rupiah perbulan loh guys. Sebagai manajer SDM, kamu akan mengurus berbagai hal yang berkaitan dengan karyawan dan perusahaan.

7. Perdagangan, perbankan, agribisnis

Sebagai mahasiswa lulusan jurusan manajemen, kamu juga bisa bekerja mengelola sektor agribisnis, perdagangan, perbankan, dan sektor lainnya. Berbagai sektor ini juga bisa membantumu untuk memiliki prospek masa depan yang cerah karena ilmu yang kamu pelajari bisa berguna banget untuk mengembangkan usaha dan memajukan perusahaan.

8. Manajer keuangan

Prospek kerja lulusan manajemen selanjutnya adalah kamu bisa berkarir menjadi manajer keuangan. Di mana kamu akan bertanggung jawab untuk seluruh hal dan semua keputusan yang berkaitan dengan keuangan. 

9. Akuntan

Tentunya kamu akan berpikir bahwa mahasiswa yang belajar jurusan ekonomi dan akuntansi pasti akan lebih diprioritaskan untuk bekerja di bidang ini. Namun, bukan berarti lulusan jurusan manajemen gak bisa jadi seorang akuntan loh. Kalau kamu memiliki kemampuan keuangan yang bagus, kamu juga bisa berkarir di bidang ini.

10. Pengusaha

Prospek kerja lulusan manajemen yang terakhir adalah menjadi seorang pengusaha. Kamu akan bertanggung jawab sepenuhnya dengan bisnis yang sedang kamu jalankan mulai dari segi produk, strategi, hingga segi pemasaran loh guys.

Daftar kuliah pake aplikasi goKampus 1 jam bisa diterima!!

Gak perlu takut repot kalau daftar kuliah pake aplikasi goKampus, cuman download aplikasi goKampus bisa dapat:

1. Bisa ngeliat 400+ kampus swasta dalam dan luar negeri dalam satu aplikasi doang!

2. Daftar kuliah gak sampe 3 menit udah kelar!

3. Tinggal upload rapor,1 jam udah langsung diterima!

4. Gak cuman kita doang yang daftar kuliah, ajakin temen daftar kuliah juga bisa dapat Rp 50 ribu!

5. Banyak student promo dan event-event yang bisa kamu jelajahi!

Kamu bisa kunjungi halaman ini untuk cari informasi lebih lanjut ya. Semoga artikel dari goKampus menjawab seluruh kegalauan apa aja jurusan kuliah pilihanmu ya! Jangan lupa, download aplikasi goKampus di Google Play dan App Store, karena ada banyak banget informasi tentang dunia perkuliahan di sana! Bareng goKampus, semua #Pastibisakuliah

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *