hukum mencicipi makanan saat puasa
Tips Belajar

Bagaimana Hukum Mencicipi Makanan saat Puasa? Yuk, Cek di Sini!

Selama bulan puasa, seluruh umat muslim wajib menahan diri dari makan, minum dan menahan hawa nafsu, mulai dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Saat waktu berbuka tiba, maka kamu pun baru bisa menyantap makanan dan minuman untuk membatalkan puasa. Namun, ada satu pertanyaan yang timbul di benakmu, apalagi bagi kamu yang menyiapkan sendiri makanan untuk berbuka puasa, yaitu bagaimana hukum mencicipi makanan saat puasa? Kekhawatiran itu timbul karena ingin memastikan rasa dari makanan yang kita buat. Jangan sampai masakan terlalu asin ataupun hambar. Supaya gak bingung lagi, yuk baca hukum mencicipi makanan saat puasa di artikel ini!

Hukum Mencicipi Makanan saat Puasa

Mengutip dari akun Instagram Bimbingan Masyarakat (BIMAS) Islam Kemenag RI, menurut para ulama hukum mencicipi makanan saat puasa ialah mubah jika dengan tujuan dan kepentingan tertentu. Contohnya, untuk memastikan rasa makanan saat proses memasak. Perbuatan ini menjadi makruh hukumnya jika kamu lakukan sekadar iseng dan gak ada tujuannya. Namun, ketika mencicipi masakan kamu harus berhati-hati agar gak sampai ke kerongkongan atau tertelan. Jika hal itu terjadi, maka puasamu pun menjadi batal. Setelah kamu cicipi, sebaiknya kamu langsung memuntahkannya agar gak tertelan. Jika kamu ragu ketika hendak mencicipi makanan karena takut tertelan, maka lebih baik jangan kamu lakukan.

Penjelasan mencicipi makanan saat puasa juga tertulis dalam kitab Al-Sunan Al-Kubra yang mana Imam Al-Baihaqi menyebutkan riwayat yang bersumber dari Ibnu Abbas. Dalam riwayat tersebut Ibnu Abbas berkata:

“Tidak masalah bagi seseorang untuk mencicipi makanan, baik makanan berupa cuka atau makanan lainnya, selama tidak masuk tenggorokannya dalam keadaan ia berpuasa.”

Meski mencicipi makanan saat puasa hukumnya mubah, namun sebaiknya ditinggalkan jika gak ada kebutuhan dan kepentingan tertentu, kecuali kamu bisa menjamin jika makanan yang kamu cicipi hanya di lidah dan gak akan tertelan dan membatalkan puasa.

Baca Juga: Hukum Keramas saat Puasa, Bikin Batal Gak Ya?

 Oh iya, kamu bisa mengisi waktu selama bulan puasa dengan ikutan kelas eksklusif dari Nanyang Technological University, loh. Agar gak bosan menunggu waktu berbuka puasa, yuk cari kelas yang kamu minati dan ikutan kelasnya dengan klik di sini!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *