gap year adalah
Upskill

Gap Year Bukan Hal Buruk Loh, Apa Sih Manfaatnya?

Apakah kamu pernah mendengar istilah menunda kuliah atau yang mungkin familiar dengan nama gap year? Masa-masa gap year sering kali beberapa orang pandang negatif karena biasanya orang-orang yang mengambil gap year akan lebih telat lulus kuliah daripada teman-teman sebayanya.

Apa itu gap year? Gap year merupakan istilah populer yang menggambarkan siswa yang mengambil sela waktu kosong sebelum masuk jenjang pendidikan yang lebih tinggi atau dengan kata lain menunda waktu untuk mengambil kesempatan melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi setelah jenjang SMA. 

Manfaat Gap Year

Biasanya orang-orang yang mengambil gap year akan mengambil waktu satu tahun atau lebih sampai mendapatkan kesempatan untuk masuk kuliah. Banyak sekali orang-orang yang merasa bahwa gap year merupakan pilihan yang salah atau bahkan merugikan.

Padahal gak juga loh! Gap year justru bisa menjadi pilihan yang tepat sehingga ada beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan selama menjalani gap year. Apa aja ya manfaatnya dari gap year?

1. Banyak waktu menentukan pilihan

Dalam masa gap year, kamu menjadi banyak waktu luang untuk memikirkan dan mengkaji ulang pilihan apa yang ingin kamu ambil kedepannya. Kamu cukup punya banyak waktu luang untuk mengambil keputusan yang masih ragu-ragu.

2. Bisa mengembangkan skill baru

Saat menjadi gap year, kamu bisa memaksimalkan waktumu dengan mengembangkan skill baru apalagi dengan teknologi yang semakin maju. Selama masa gap year, kamu bisa menjadi produktif dengan mengikuti berbagai kegiatan yang mungkin akan berguna untukmu saat memutuskan untuk kuliah nanti. 

3. Waktu yang tepat untuk menentukan passion

Hari-hari yang kamu lalui selama masa gap year bisa kamu jalani dengan berbagai variasi loh. Kamu bisa belajar apa aja dan pasti selalu merasa gak pernah cukup.

Kamu bisa mengembangkan passion yang baru kamu temukan dan mengasah dengan kegiatan-kegiatan yang bisa mendukung passion kamu. Passion yang kamu kembangkan juga bisa merasa dunia perkuliahanmu nanti akan semakin seru.

4. Punya waktu belajar untuk ujian nanti

Kamu bisa punya banyak waktu untuk mempersiapkan diri belajar untuk ujian nanti karena kamu akan lebih siap dan matang dalam segi wawasan dan persiapan. 

Biasanya banyak siswa-siswi yang mengambil keputusan untuk mengambil gap year karena gak lolos SBMPTN sehingga harapan untuk masuk ke Perguruan Tinggi Negeri yang kamu harapkan bisa jadi pupus.

Gap year di Indonesia mungkin merupakan pilihan yang bernuansa negatif bagi pelajar, tetapi banyak perguruan tinggi terbaik di dunia yang memberikan pilihan untuk menunda kuliah setahun bagi calon mahasiswanya. 

Baca Juga: Apa Itu Passing Grade Dan Bagaimana Menghitungnya?

Gak Mau Gap Year? Ini 5 Rekomendasi Kampus Swasta Terbaik

Nah, buat kamu yang mungkin gak mau memilih gap year setelah gagal di SBMPTN, goKampus ada rekomendasi 5 kampus swasta terbaik versi goKampus nih yang mungkin bisa kamu jadikan referensi untuk melanjutkan pendidikanmu!

1. Universitas Pelita Harapan

Siapa sih yang gak kenal sama kampus swasta yang ini? Universitas Pelita Harapan (UPH) merupakan kampus swasta yang terkenal banget di Indonesia loh!

Kampus UPH memiliki tiga kampus yang berada di Jakarta, Medan, dan Surabaya, dan di ketiga kota ini. Kampus ini adalah kampus yang banyak pelajar minati dan menjalin kerjasama dengan perusahaan untuk membantu kamu berkonsultasi soal karir di masa depan. 

Selain fokus untuk belajar, kamu juga akan fokus mencari koneksi nantinya. Selain akademik, kegiatan non-akademiknya juga gak kalah nih, berbagai fasilitas olahraga di UPH bisa terbilang terbaik untuk menunjang kegiatan mahasiswa. Kunjungi halaman ini buat cari tahu informasi tentang UPH ya!

2. Universitas Surabaya

Ubaya memiliki kualitas akreditasi A dan kredibilitas yang tinggi dalam pembelajarannya. Selain itu, Ubaya juga memiliki banyak fakultas yang bisa jadi pilihan buat para pelajar di Indonesia, bahkan jenjang pendidikannya dari S1-S3 ada loh di Ubaya.

Selain itu, Ubaya juga memiliki banyak prestasi di kampus misalnya seperti dari segi non akademik bahkan sampai penghargaan green campus.

Untuk fasilitas kampu Ubaya gak perlu diragukan lagi! Ubaya memiliki tiga kampus yang memang memiliki fasilitas keren yang berguna sesuai fungsinya. Misalnya, kampus tiga Ubaya yang ada di daerah Trawas juga sebagai pusat sarana belajar outdoor.

Bahkan Ubaya juga memiliki program belajar reguler dan internasional, kamu bisa berkesempatan untuk ikut program Study Abroad Programme, Double Degree Program, penelitian bersama, penulisan jurnal internasional, studi banding, dan lain-lainnya. Cari tau tentang Ubaya di halaman ini yuk!

3. Universitas Tarumanagara

Buat kamu semua calon mahasiswa baru yang ingin cari kampus bagus di Jakarta dan aksesnya mudah? Universitas Tarumanagara (Untar) bisa jadi salah satu pilihan utamamu nih!

Untar termasuk tiga besar universitas swasta terbaik di Jakarta loh, Universitas Tarumanagara mendapatkan Akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi. 

Seluruh fakultas dan fasilitas di Untar sudah memadai banget nih guys, mulai dari gedung olahraga indoor sampai perpustakaan yang layak. Gak hanya itu, UNTAR juga termasuk 3 perguruan tinggi terbaik di Jakarta loh! Keren banget kan!

Untar memiliki 8 fakultas yang terdiri dari fakultas ekonomi dan bisnis, fakultas hukum, fakultas teknik, fakultas teknologi informasi, fakultas kedokteran, fakultas psikologi, fakultas seni rupa dan desain, dan fakultas ilmu komunikasi. 

Yang ketiga, akses transportasi ke Untar termasuk mudah loh! Lokasi kampus Untar berada di lokasi strategis dan banyak akses untuk kendaraan umum seperti bus, angkutan kota, hingga busway. Kunjungi halaman ini untuk cari tau lebih lanjut ya!

4. London School of Public Relations (LSPR)

Nah, LSPR adalah kampus yang fokus banget untuk memberikan kurikulum pendidikan bagi para mahasiswanya nih. Ada beberapa alasan buat kamu kenapa harus memilih kuliah di LSPR, apa saja ya? Ini dia!

Yang pertama, LSPR merupakan perguruan tinggi komunikasi terbaik di Indonesia. Kiprah LSPR di bidang komunikasi gak perlu kamu ragukan lagi karena LSPR juga mendapatkan banyak penghargaan di sebagai best of the best Indonesia School of Communication sejak 2014 dan 2015!

LSPR juga bekerja sama dengan beberapa perguruan tinggi dari berbagai negara seperti Coventry University (UK), European Business School (Germany), Hotel Institute Montreux (Switzerland), Sogang University (South Korea dan masih banyak lagi!

Ketiga, LSPR memiliki pilihan bidang studi yang prospektif di mana selain menawarkan program ilmu komunikasi, LSPR juga terkenal dengan program studi di fakultas bisnisnya yang memang menghasilkan berbagai lulusan yang siap berkarir di bidang entrepreneurship.

Masih ragu untuk bergabung menjadi mahasiswa di LSPR? Ayo kunjungi halaman ini untuk cari informasi mengenai LSPR!

5. President University

President University merupakan salah satu universitas di Indonesia yang terkenal dengan banyak anak-anak internasionalnya loh karena 100% menggunakan bahasa Inggris selama proses pembelajaran. 

Mahasiswa PresUniv banyak juga menerima mahasiswa dari luar negeri seperti China, Vietnam, Korea, dan lain-lainnya jadi bakal seru banget interaksi kamu bersama teman-teman kampus.

Selain itu, PresUniv juga memiliki program Double Degree karena kurikulumnya adalah standar internasional sehingga kalau kamu menjadi lulusan mahasiswa PresUniv, kamu bisa memilih gelar sarjana atau Bachelor seperti lulusan luar negeri. Cek halaman ini yuk!

Gimana sudah paham kan apa itu gap year dan apa aja manfaatnya? Buat kamu yang masih ingin mencoba daftar SBMPTN semoga lulus, ya! Kalau kamu mau memilih universitas, jurusan favorit, hingga program beasiswa, carinya di goKampus melalui link ini ya!

Oh iya, tahukah kamu kalau kamu lancar berbahasa Inggris akan meningkatkan peluangmu diterima bekerja, apalagi di era global seperti saat ini?

Kamu bisa memperlancar bahasa Inggris dengan ikutan kelas secara online di goKampus. Yuk, perlancar kemampuan bahasa Inggris kamu dengan ikutan kelas Cepat Cakap Bahasa Inggris untuk Awal Karier di sini.

Jangan lupa pakai kode voucher GOCAKAP untuk dapat diskon hingga Rp30 ribu untuk pembelian kelas minimal Rp250 ribu. Psst, kode voucher tersebut bisa kamu gunakan untuk lebih dari 1 kelas, loh. Buruan upgrade kemampuan bahasamu sekarang atau explore kelas Cakap lainnya di sini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *