jadwal imsakiyah ramadhan 2021 2022 2023
Tips Belajar

Inilah Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2021, 2022, 2023 hingga Seterusnya

Saat bulan Ramadhan, waktu menjadi sesuatu yang krusial. Coba bayangkan kalau kamu telat bangun sehingga kamu melewatkan waktu sahur. Akibatnya, kamu harus puasa seharian tanpa sahur, yang tentunya akan sangat sulit. Untuk itu, kita perlu mengetahui jadwal Imsakiyah saat Ramadhan. Inilah cara mudah mengetahui jadwal Imsakiyah Ramadhan 2021, 2022, 2023, 2024 bahkan bisa sampai seterusnya.

Jadwal Imsakiyah Ramadhan Melalui Situs Kemenag

Melalui situs resmi Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam (Bimas Islam), Kementerian Agama (Kemenag) menyediakan info lengkap jadwal Imsakiyah Ramadhan 2021, 2022 dan tahun seterusnya serta jadwal salat 5 waktu. 

Kamu bisa mengunduh jadwal dalam bentuk file Microsoft Excel (.xls). Caranya buka link ini. Pilih provinsi, kota/kabupaten, dan tahun. Klik ikon tanda search, lalu pilih opsi “export excel”. File excel berisi jadwal Imsakiyah akan terunduh dan tersimpan dalam gadget yang kamu gunakan.

Jadwal Imsakiyah di Situs NU

Sebagai pengurus organisasi Islam terbesar di Indonesia, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) juga menyediakan jadwal Imsakiyah Ramadhan untuk seluruh kota dan kabupaten di Indonesia secara daring melalui situs Lembaga Falakiyah PBNU. Bahkan, pada beberapa daerah kamu bisa memilih jadwal berdasarkan kecamatan.

Caranya, kamu buka dulu link ini. Di sana, kamu bisa memilih tahun, sumber data, dan lokasi. Lalu, data bisa diunduh dalam bentuk Microsoft Excel, Word, atau XML. Untuk tahun, kamu bahkan bisa memilih hingga ribuan tahun mendatang. Artinya, jadwal dari situs ini bisa kamu download hingga bertahun-tahun lagi, asal situsnya masih hidup.

Jadwal Imsakiyah Muhammadiyah

Organisasi Islam terbesar kedua di Indonesia yaitu Muhammadiyah juga merilis tautan untuk mengunduh jadwal Imsakiyah Ramadhan 2022 untuk seluruh provinsi. Berbeda dengan Kemenag dan PBNU, Pimpinan Pusat Muhammadiyah menyebarkan link download jadwal Imsakiyah dengan menggunakan Google Drive. 

Dalam folder-folder di Google Drive tersebut, file jadwal sudah berbentuk PDF dan memiliki resolusi tinggi sehingga bisa kamu cetak menjadi poster. Kamu bisa cek langsung jadwal Imsakiyah dari Muhammadiyah di link ini.

Baca Juga: Sejarah Ramadhan, Bulan Penuh Keistimewaan bagi Umat Islam

Itulah cara mudah untuk mengetahui jadwal Imsakiyah Ramadhan 2021, 2022, 2023, 2024 bahkan sampai seterusnya. Jangan sampai terlewat, ya! Oh iya, kamu juga bisa mengisi waktu selama bulan puasa dengan ikutan kelas eksklusif dari Nanyang Technological University loh. Agar gak bosan menunggu waktu berbuka puasa atau bingung melakukan kegiatan apa setelah sahur, yuk cari kelas yang kamu minati dan ikutan kelasnya dengan klik di sini!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *