keragaman budaya
Tips Belajar

3 Alasan Indonesia Memiliki Keragaman Budaya Luar Biasa

Dari Sabang sampai Merauke, Indonesia memiliki keragaman budaya yang luar biasa. Contoh sederhananya saja dari tarian daerah. Coba kamu cek deh, Tari Saman asal Aceh sangat terlihat perbedaannya dengan tari Jaipong dari Jawa Barat, yang juga sangat berbeda dengan tari Kecak asal Bali, dan tari Sajojo asal Papua. 

Jadi, Mengapa Indonesia Punya Keragaman Budaya yang Sangat Kental?

Asal-usul Beragam

Gimana gak beragam, asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia saja sudah cukup bervariasi. Teorinya sih, ada tiga gelombang kedatangan nenek moyang kita.

Gelombang pertama adalah bangsa Melanesoid yang datang ke Papua pada akhir jaman es, sekitar 70 ribu tahun sebelum Masehi. Gelombang kedua adalah bangsa Proto Melayu yang datang dari Yunnan, Tiongkok sejak sekitar 3500 tahun lalu. Keturunannya adalah suku Dayak dan Toraja. 

Gelombang ketiga merupakan bangsa Deutero Melayu yang datang pada 2300 tahun lalu. Mereka menjadi nenek moyang orang Jawa, Melayu, dan Bugis.

Baca Juga: Budaya Indonesia, Identitas Nasional yang Harus Dilestarikan

Pengaruh Luar

Selain tiga gelombang kedatangan nenek moyang kita, keragaman budaya kita juga terpengaruh budaya luar yang hadir di Nusantara sejak ratusan tahun silam. 

Misalnya, kerajaan Hindu-Buddha akibat adanya unsur agama Hindu dan Buddha. Kedua agama tersebut berasal dari Asia Selatan, tepatnya India. Banyak sekali unsur India dalam budaya kita sampai sekarang, contohnya wayang yang kisahnya berasal dari berbagai cerita India.

Lalu, masuknya Islam ke Indonesia turut membawa serta budaya tempat asal agama tersebut, yaitu Arab. Pendatang asal Tiongkok turut berasimilasi dan mengakulturasikan budaya mereka dalam budaya Indonesia. Kedatangan penjajah dari Eropa seperti Belanda, Inggris, Spanyol, dan Portugis juga turut mempengaruhi budaya Indonesia.

Itu semua terjadi karena letak Indonesia yang berada di antara Samudera Pasifik dan Samudera Hindia sangat strategis. Kedatangan bangsa asing yang menetap di Indonesia menimbulkan keragaman ras, agama, dan kepercayaan.

Negara Kepulauan

Indonesia adalah negara dengan wilayah kepulauan terbesar di dunia. Sepanjang Sabang hingga Merauke, ada 17 ribu pulau yang sudah tercatat! Wah, banyak sekali ya. 

Ribuan pulau menghambat hubungan antar masyarakat, jadi masyarakat tiap pulau mengembangkan budaya masing-masing. Pulau-pulau ini juga memiliki kondisi dan kekayaan alam yang berbeda-beda. Faktor-faktor tersebut menimbulkan keragaman suku bangsa, bahasa, budaya, dan unsur lainnya.

Berbagai faktor itu membuat keragaman budaya di Indonesia sangat luas dan unik, tidak seperti di negara lain. Yuk, kita jaga keragaman budaya bangsa, sambil tetap menjaga Bhinneka Tunggal Ika! Kamu tertarik dengan kebudayaan tanah air? Kamu bisa memilih jurusan dan universitas terbaiknya di goKampus ya! Daftar kuliah di goKampus, tinggal upload rapor, 1 jam diterima. Penasaran? Klik di sini dan dapatkan kemudahannya.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *