hukum keramas saat puasa
Tips Belajar

Hukum Keramas saat Puasa, Bikin Batal Gak Ya?

Terkadang cuaca yang terik dan membuatmu gerah saat berpuasa, membuatmu ingin segara mengguyur seluruh badan, berendam dengan air yang dingin, bahkan hingga ingin rasanya keramas. Seperti yang kamu ketahui, keramas merupakan salah satu cara alternatif untuk menghilangkan rasa gerah dan keringat di badan, terutama di area kepala. Namun, sering kali muncul keraguan. Sebenarnya apakah boleh kita mandi dan keramas saat lagi menjalankan puasa? Atau jangan-jangan keramas dapat membatalkan puasa? Yuk, kita ketahui hukum keramas saat puasa di artikel ini!

Bagaimana Hukum Keramas saat Puasa?

Mengutip dari web NU Online, umumnya terdapat 3 motif mandi pada orang yang lagi berpuasa, nih. Yang pertama adalah mandi wajib atau mandi junub, kedua adalah mandi sunnah, dan yang ketiga adalah mandi seperti biasa dalam rangka membersihkan badan atau bertujuan untuk menyegarkan badan. Mandi dan berkeramas dengan ketiga tujuan ini hukumnya mubah atau diperbolehkan di siang hari saat Ramadan. Namun, tentunya dengan beberapa syarat loh. Syaratnya ialah gak dengan sengaja memasukkan air ke mulut dan menelan air itu.

Mengutip dari Tirto.id, aktivitas mandi dan keramas juga dilakukan oleh sahabat-sahabat nabi seperti Anas bin Malik.

“Saya punya kolam air dan saya berendam di dalamnya saat keadaan berpuasa,” (H.R. Bukhari).

Bahkan, beberapa sahabat nabi juga pernah melihat Nabi Muhammad SAW menyiramkan air ke kepalanya di siang hari saat berpuasa.

“Sebagian sahabat melihat Nabi Muhammad Saw. menyiram air ke kepala beliau karena panas di saat beliau berpuasa,” (H.R. Ahmad).

Jadi, sebenarnya seperti apa sih hukum keramas saat puasa berdasarkan hadis tersebut? Nah, mengutip dari web NU Online, kegiatan mandi dan keramas dengan cara menghentakkan air dengan keras ke arah tubuh bisa membatalkan puasa, loh. Hal ini karena air tersebut bisa masuk ke dalam tubuh melalui lubang-lubang yang ada di tubuh, seperti kedua mata dan telinga, hidung, dubur maupun area kemaluan. Makanya nih, kamu harus berhati-hati ketika mandi dan keramas saat menjalankan ibadah puasa. Jangan sampai hal itu dapat membatalkan puasamu.

Gimana? Sekarang kamu jadi tahu kan seperti apa hukum keramas saat puasa? Semoga artikel ini bisa menjawab keraguanmu tentang hukum keramas saat puasa, ya!

Baca Juga: Bagaimana Hukum Sikat Gigi saat Puasa? Yuk, Cari Tahu!

Oh iya, kamu juga bisa mengisi waktu selama bulan puasa dengan ikutan kelas eksklusif dari Nanyang Technological University, loh. Agar gak bosan menunggu waktu berbuka puasa, yuk cari kelas yang kamu minati dan ikutan kelasnya dengan klik di sini!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *