teknik sipil
Kategori Kelas

Hampir Ada Di Setiap Kampus, Kenapa Pilih Jurusan Teknik Sipil?

Saat mencari jurusan yang cocok untuk melanjutkan kuliah, kamu sadar gak kalau hampir di setiap kampus ada jurusan teknik sipilnya? Meski gak semua kampus menyediakan jurusan tersebut, tapi ternyata jurusan teknik sipil lumayan menarik minat calon mahasiswa loh.

Belajar apa dari jurusan teknik sipil? Dari namanya, jurusan ini merupakan cabang ilmu teknik yang mempelajari proses infrastruktur mulai dari merancang, membangun, dan merenovasi. Infrastruktur gak hanya seputar gedung-gedung tinggi, tapi juga infrastruktur jembatan, jalanan, landasan pesawat terbang, bendungan, pelabuhan dan lainnya.

Secara umum, jurusan ini akan mempelajari bagaimana merancang infrastruktur yang kuat, layak, dan juga efisien. Selain itu, jurusan teknik sipil juga ada di beberapa kampus ternama, seperti Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Universitas Brawijaya, Undip, hingga UGM. Terus kenapa memilih jurusan teknik sipil sebagai jenjang kuliah kamu selanjutnya?

Cara Belajar Teknik Sipil Menyenangkan Loh!

Di jurusan ini kamu akan mempelajari hal-hal seputar desain, mulai dari perancangan sampai eksekusi. Misalnya ada bangunan gedung yang tinggi dan kokoh, itu yang mengitung anak sipil!

Nah, untuk kamu yang masih awam dalam dunia desain, kamu nggak perlu khawatir. Karena di jurusan ini kamu akan mempelajari perhitungan dan menggambar di kertas. Kamu juga akan mempelajari membuat desain dari software seperti SAP 2000, AutoCAD dan masih banyak lagi.

Ilmu yang Sangat Bermanfaat

Sebagai anak teknik sipil, kamu akan mendapatkan banyak ilmu yang sangat bermanfaat, baik buat diri sendiri maupun untuk kepentingan umum. Soalnya, ilmu ini sendiri bisa bermanfaat untuk membuat konstruksi yang bisa bermanfaat untuk kebutuhan publik.

Selain itu, kamu juga akan mampu menganalisa serta membuat problem solving yang lebih cepat. Kalau dalam istilah anak teknik sipil disebut “feeling engineering”. Hal tersebut terjadi karena selama pembelajaran para mahasiswa jurusan teknik sipil akan terus belajar dan berlatih untuk menganalisis suatu permasalahan dan mampu menemukan problem solvenya.

Gak hanya itu, jurusan ini juga punya kelompok bidang keahlian yang bisa kamu pilih sesuai dengan minat dan kemampuan kamu, seperti ilmu struktur, transportasi, geotek, sumber daya air, dan manajemen kontruksi.

Menjalin Banyak Relasi

Salah satu hal paling menguntungkan saat kuliah teknik sipil adalah bisa mendapatkan banyak relasi. Hal ini bisa terjadi karena selama kuliah kamu gak hanya belajar di dalam kelas, melainkan lebih banyak belajar di lapangan.

Dengan terjun langsung ke lapangan, maka wajar kalau kamu bisa bertemu dengan  banyak orang dan langsung berinteraksi dengan mereka. Dengan cara ini, skill komunikasi pun akan lebih terlatih dan terasah lagi. Selain itu, ada momen di mana mahasiswa akan ditempatkan di suatu perusahaan tertentu dalam kurun waktu yang cukup lama. Hal ini juga bisa membuka pintu relasi dengan klien dari perusahaan tersebut.

Peluang Kerja Sangat Luas

Dengan banyak relasi, otomatis peluang kerjanya pun sangat luas. Sebagai lulusan teknik sipil, nantinya kamu bisa menjadi seorang kontraktor, project manager, perencana struktur, pengawas, quality controller, surveyor, konsultan bangunan, developer, maupun bekerja di BUMN.

Gimana? Tertarik untuk kuliah teknik sipil? Kamu juga bisa cari-cari informasi seputar kampus favorit yang menyediakan jurusan ini ya. Kamu bisa mencari informasi tersebut dan langsung daftar di kampus favorit di website goKampus. Daftar kuliah pake aplikasi goKampus, tinggal upload rapor, 1 jam diterima! Penasaran? Klik di sini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *