Mungkin kamu sudah tahu tentang beasiswa LPDP. Beasiswa LPDP ini adalah salah satu beasiswa terbesar yang tersedia untuk mahasiswa Indonesia, diberikan oleh pemerintah Indonesia.

Dengan beasiswa BPI (Beasiswa Pendidikan Indonesia) dari LPDP, kamu bisa menggunakan beasiswa tersebut untuk dana kuliah S2 atau Doctorate baik di luar negeri maupun di Tanah Air.

Karena banyak banget peminat LPDP, banyak juga pesaingnya. Berat, memang, tapi bukan berarti nggak bisa, lho. Yang penting, kamu harus percaya diri dan banyak perencanaan.

Bagaimana sih caranya lolos seleksi daftar beasiswa LPDP? Kita bahas sekarang:

1. Ubah mindset mu

Istilahnya, jangan setengah-setengah. Dan jangan ragukan diri sendiri. Kalau kamu tidak percaya diri, maka perjalananmu akan lebih sulit. Inilah saat dimana kamu harus memberikan usaha mu 100%.

2. Teliti dengan dokumen yang perlu disiapkan

Banyak banget dokumen administratif yang harus kamu berikan kepada badan penyelenggara. Cek dulu semuanya lengkap, ya. Karena sesungguhnya ini adalah seleksi pertama di LPDP – seleksi persyaratan administratif.

Sebaiknya semua hal administratif kamu selesaikan secepatnya. Karena untuk beberapa dokumen seperti SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian) dan surat drug test bisa memakan waktu beberapa hari.

Sebaiknya lebih cepat lebih baik kamu submit atau upload dokumen-dokumen yang dibutuhkan. Karena semakin mendekati deadline, biasanya server overload dan jadinya sulit untuk meng-upload dokumen karena hasilnya error terus.

3. Pahami betul alasan mengapa kamu berhak mendapatkan LPDP ini

Ada baiknya mengintropeksi diri mengapa kamu berhak & pantas untuk mendapatkan LPDP ini. Apakah tujuan mu sejalan dengan misi atau purpose dari LPDP itu sendiri?

Apakah kamu pengen LPDP karena gengsi? Apakah kamu pengen LPDP karena sekedar ingin jalan-jalan atau tinggal di luar negeri? Bila ya, pikirkan ulang keputusan mu daftar LPDP.

Belom lagi nantinya pada saat seleksi interview, para interviewer akan menanyakan hal ini padamu. Mereka akan mencari dan menyaring kandidat yang nantinya bisa pemimpin yang bisa membangun Indonesia, bukan hal yang sepele lho. Kalau kamu sudah jelas dengan motivasi kamu…

4. Siapkan Visi Misi yang Kuat

Bila kamu merasa visi & misi mu sejalan dengan LPDP (membangun Indonesia lewat kepemimpinan yang kuat di bidang masing-masing) – jangan ragu untuk menjabarkannya ke Statement of Purpose.

Nggak cuma hal akademik, tapi LPDP juga melihat kepribadianmu, attitude, semangat, karakter, integritas, dan visi dari kandidat itu sendiri. Karena semua orang bisa belajar dan bisa menjadi pintar, tapi nggak semuanya punya attitude yang tepat.

Dalam Statement of Purpose ini, jangan mengarang indah. Percuma bila tulisanmu menggunakan bahasa yang kompleks, tapi intisarinya tidak ada.

5. Apakah kontribusimu terhadap negara?

Peluang mu untuk lolos akan semakin besar bila kamu pernah berkontribusi kepada negara. Bila kamu belum pernah berkontribusi secara signifikan sebelumnya, jangan khawatir. Di Statement of Purpose, kamu juga akan menjabarkan kontribusi yang pernah, sedang, atau akan diberikan kepada Tanah Air. Yang penting, kamu bisa menjabarkan rencanamu kedepannya dengan baik.

6. Letter of Acceptance dari universitas

Yang ini sebetulnya nggak wajib. Pada umumnya, kandidat yang berhasil mendapatkan LPDP akan diberikan waktu 1 tahun untuk mendapatkan Letter of Acceptance dari universitas. Tapi kalau sudah ada Letter of Acceptance, hal ini bisa membantu chance mu untuk lolos daftar beasiswa.

Bila nantinya kamu tidak berhasil sekalipun, pengalaman ini pasti akan berharga – dan pastinya kamu akan lebih menyesal bila kamu tidak mencoba. Selamat mencoba!

Di aplikasi goKampus, kamu juga bisa mendapatkan banyak ragam beasiswa lainnya. Dapatkan beasiswa mulai dari Rp20 juta untuk mahasiswa di jenjang manapun!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like