keluarga cemara artinya
Tips Belajar

Ini Artinya Keluarga Cemara, Secara Harfiah dan Filosofis

Tonton Sekarang

Film Keluarga Cemara merupakan salah satu tontonan televisi paling legendaris bagi kamu yang tumbuh besar di 1990-an hingga awal 2000-an. Ceritanya sangat membumi, tidak seperti sinetron-sinetron lain yang umumnya menonjolkan kemewahan. Namun, kamu penasaran gak sih, apa artinya Keluarga Cemara? 

Apa hubungan antara “keluarga” dan “cemara”? Kok seperti gak nyambung, ya? Simak selengkapnya ya!

Baca Juga: 5 Film Untuk Kamu Yang Jatuh Cinta Dengan Jurnalistik

Keluarga Cemara Artinya Ada Hubungannya Sama Pemerannya Loh!

Untuk itu, kita mesti mengenal cerita dan tokoh-tokoh dalam sinetron Keluarga Cemara, berdasarkan novel berjudul sama karangan penulis dan wartawan Indonesia legendaris, Arswendo Atmowiloto.

Sinetron ini mengisahkan keluarga pengusaha mapan yang jatuh miskin karena suatu kejadian. Untuk itu, mereka pindah rumah dari kota ke desa sang ayah, yang dipanggil Abah. 

Meskipun jatuh miskin, keluarga ini tetap harmonis karena mereka menyadari bahwa harta yang paling berharga adalah keluarga. Kejujuran, kerja keras, dan keceriaan adalah hal penting yang membuat mereka mampu menjalani hidup pas-pasan dengan baik. Terutama kerja keras yang kini harus mereka lakukan supaya bisa bertahan hidup.

Setelah jatuh miskin, Abah menarik becak. Sang ibu yang dipanggil Emak menjadi penjual opak, dibantu tiga anaknya yaitu Euis, Ara, dan Agil.

Nah, anak kedua merupakan alasan penamaan Keluarga Cemara. Nama panjang Ara adalah Cemara. Ia adalah anak yang penuh talenta. Ara suka menggambar dan memiliki bakat dalam menyanyi. Lebih dari itu, Ara adalah anak yang paling ceria dan paling menonjol di antara ketiga anak Abah dan Emak.

Itulah arti secara harfiah. Keluarganya si Cemara, alias Ara. Keluargamu juga mungkin sering disebut dengan nama salah satu anggota keluarga, kan? Biasanya pakai nama bapak, seperti keluarga Pak Budi. Namun, karena Ara merupakan anak yang paling menonjol, maka keluarga si Abah dinamakan Keluarga Cemara.

Jika kita pandang dari segi filosofis, Keluarga Cemara bisa memiliki arti lain. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), keluarga memiliki arti: ibu dan bapak beserta anak-anaknya; seisi rumah. Sementara, cemara artinya pohon yang berbatang tinggi lurus seperti tiang, daunnya kecil-kecil seperti lidi.

Cemara Seperti Nama Tumbuhan Juga!

Cemara termasuk dalam golongan tumbuhan hijau abadi, yaitu tumbuhan yang tidak menggugurkan seluruh daunnya secara serentak pada suatu musim atau kondisi lingkungan tertentu. Sepanjang musim apapun, daunnya tetap hijau.

Ini seperti Keluarga Cemara yang selalu “hijau” meski ditimpa banyak musibah, berkat kasih sayang yang selalu menguatkan satu sama lain. Benar-benar potret keluarga harmonis idaman, ya!

Itulah sekilas seputar arti Keluarga Cemara. Kamu mau membuat karya seperti film tersebut? Bisa kok. Kamu bisa upgrade skill untuk membuat karya-karya keren lain serupa dengan mengikuti program Give One, Get One (GOGO) dari goKampus!

keluarga cemara artinya

Pilih kelas di goKampus sesuai minat dan kebutuhanmu biar kamu makin expert. Dapatkan +1 free voucher code pada setiap transaksi berhasil dari pengguna yang mendaftar menggunakan refferal id email kamu! Penasaran? Klik di sini untuk ikutan GOGO dari goKampus dan dapatkan course gratisnya!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *