sistem penilaian UTBK
goKampus Tips Belajar Upskill

Cek Yuk! Mata Kuliah Jurusan Sistem Informasi

Mata kuliah jurusan sistem informasi – Saat ini dunia teknologi dan cara mendapatkan informasi sangat mendominasi kebutuhan manusia, mulai dari informasi yang perlu kita cari hingga informasi yang datang dengan sendirinya dan kita yang harus melakukan riset dan mencari apakah informasi tersebut benar atau tidak. 

Salah satu program studi atau bidang ilmu yang mempelajari hal itu adalah sistem informasi, yang mempelajari bagaimana cara membuat dan mengoperasikan perangkat keras dan lunak tertentu untuk bisa berinteraksi dengan data.

Nah, pastinya nih jika kamu akan memasuki bangku kuliah atau ingin melanjutkan kuliah di bidang jurusan sistem informasi, maka saat ini sudah banyak banget program studi jurusan sistem informasi yang mungkin akan kamu temui di perguruan tinggi atau kampus-kampus di Indonesia. 

Sebelum kamu mengetahui di mana saja kampus yang tepat untukmu bisa melanjutkan kuliah jurusan sistem informasi, kamu wajib tau dulu nih mata kuliah sistem informasi belajar apa aja sih?

Pengertian sederhananya adalah jurusan sistem informasi merupakan sebuah gabungan dari ilmu komputer, ekonomi manajemen, dan bisnis. 

Fokusnya jurusan ini adalah di bidang software atau yang disebut dengan programming, namun lebih ke arah bagaimana penerapannya ke bisnis perusahaan, karena itu gak heran nih banyak mata kuliah di jurusan ini yang berbau ekonomi dan bisnis perusahaan. 

Mata kuliah jurusan sistem informasi yang dipelajari apa aja?Yang akan kamu pelajari di jurusan sistem informasi adalah untuk mata kuliah semester satu, kamu akan mendapatkan beberapa mata kuliah jurusan sistem informasi berbasis pengetahuan umum seperti Pendidikan Agama, Manajemen & Organisasi, Wawasan Kebangsaan, Sistem dan Teknologi Informasi, Matematika Diskrit, dan Bahasa Pemrograman. Di semester satu, kamu akan diberitahu dan diinformasikan segala hal tentang pengetahuan umum dan pengetahuan dasar.

Di semester dua, kamu akan mendapatkan mata kuliah jurusan sistem informasi yaitu Wawasan Teknologi & Komunikasi Ilmiah, Algoritma & Struktur Data, Bahasa Inggris, Pengantar Sistem Operasi, Arsitektur SI/TI Perusahaan Kepemimpinan & Keterampilan Interpersonal.

Nah, untuk semester tiga, kamu akan mendapatkan mata kuliah jurusan sistem informasi Statistika, Desain & Manajemen Proses Bisnis, Desain & Manajemen Jaringan Komputer, Dasar-Dasar Pengembangan Perangkat Lunak, Pengantar Basis Data, dan Pemrograman Berorientasi Objek

Sedangkan untuk semester empat, kamu akan mendapatkan mata kuliah jurusan sistem informasi Analisis & Desain Perangkat Lunak, Interaksi Manusia & Komputer, Keamanan Aset Informasi, Desain Basis Data, serta Pemrograman Berbasis Web.

Untuk semester lima kamu akan mendapatkan mata kuliah jurusan sistem informasi Konstruksi & Pengujian Perangkat Lunak, Manajemen Proyek TI, Riset Operasi, Simulasi Sistem, Perencanaan Sumber Daya Perusahaan, dan Manajemen Layanan TI. 

Dan untuk semester 6, kamu akan mendapatkan mata kuliah jurusan sistem informasi yaitu tata kelola IT, manajemen risiko TI, manajemen pengadaan dan investasi TI, serta seluruh manajemen administrasi basis data.

Lanjut nih ya untuk semester 7, kamu akan mendapatkan beberapa mata kuliah yang mungkin berhubungan langsung sama IT, misalnya seperti Pengukuran Kinerja & Evaluasi TI, Kecerdasan Bisnis, Etika Profesi SI, Technopreneurship, Perencanaan Strategis SI/TI, Kerja Praktek dan Mata Kuliah Pilihan. 

Nah untuk semester akhir nanti, kamu tinggal fokus aja mengerjakan tugas akhirmu. Gimana? Seru kan mata kuliahnya?

Meskipun jurusan S1 di Indonesia tergolong banyak, namun kamu gak boleh sembarangan juga loh untuk memilih belajar di kampus mana aja, karena belum tentu jurusan sistem informasi yang kamu pilih itu sudah terjamin kualitasnya. Tapi kamu gak perlu khawatir kalo memilih jurusan sistem informasi di Universitas Tarumanagara atau yang biasa disebut UNTAR!

Karena UNTAR memiliki tujuan untuk menghasilkan lulusan yang berkompetensi di bidang Sistem Informasi khususnya bidang database application development dan enterprise applications management. 

Jurusan sistem informasi UNTAR juga memiliki kurikulum yang sesuai dengan standar pendidikan nasional dan juga disesuaikan dengan kebutuhan dunia kerja dan industri, serta memiliki tenaga pengajar yang berkualitas dan berpengalaman dengan kualifikasi pendidikan S2 dan S3 dalam dan luar negeri.

Mahasiswa juga dibekali dengan pengetahuan soft skill untuk menghasilkan lulusan yang memiliki jiwa kreatif, inovatif dan memiliki etika yang baik serta mampu bersaing dalam dunia kerja dan industri di tingkat nasional dan Asia Tenggara. 

Prodi Sistem Informasi Universitas Tarumanagara siap menjawab tantangan kebutuhan Sarjana Sistem Informasi yang kompeten dan profesional.

Baca Juga: Simak! 10 Pekerjaan Akuntansi Di Indonesia

Nah, dari Universitas Tarumanagara sendiri pun memiliki tujuan untuk mahasiswanya yaitu UNTAR bisa menghasilkan berbagai lulusan yang kompeten di bidang sistem informasi, bisa berbudi luhur, dan memiliki wawasan yang luas. Selain itu, jurusan sistem komunikasi UNTAR juga menghasilkan lulusan yang berintegritas, profesional di bidang sistem informasi, dan memiliki jiwa entrepreneur.

Mahasiswa lulusan jurusan sistem informasi UNTAR diharapkan juga mampu menciptakan pusat keilmuan untuk pengembangan SDM dan penerapan IPTEK di bidang sistem informasi secara berkelanjutan. 

Mahasiswa jurusan sistem informasi juga diharapkan mampu menjalin dan memperluas kerjasama di dalam dan luar negeri berlandaskan nilai-nilai integritas, dan profesional untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan mendukung pertumbuhan program studi.

Yang terakhir, mahasiswa jurusan sistem informasi juga menciptakan keunggulan dalam perancangan dan implementasi sistem informasi untuk pengelolaan organisasi dan pemberdayaan masyarakat. Nah, jadinya gak perlu diragukan lagi nih kalo kamu memilih jurusan sistem informasi di Universitas Tarumanagara.

Setelah kamu paham nih kira-kira jurusan sistem informasi akan belajar apa aja, nah gak perlu ragu juga nih buat kamu yang ingin mencari peluang karir dari lulusan sistem informasi. Bisa kerja apa aja sih nanti di jurusan sistem informasi?

1. Business Analyst

Pekerjaan business Analyst ini merupakan salah satu pekerjaan yang paling sering dicari di Indonesia bahkan di dunia loh, hal ini dikarenakan meningkatnya aplikasi IT di dalam bisnis.

2. Web Developer

Sebagai seorang web developer, tugasmu adalah membuat program aplikasi untuk suatu website. Nah, ini adalah tugasmu untuk merancang dan membuat tampilan website hingga menarik dan setiap fungsinya harus bisa digunakan. Profesi ini memang terkenal lebih dekat dengan sisi IT di dalam sistem informasi.

3. Project Manager

Seorang project manager adalah penggerak seluruh anggota tim pada sebuah proyek, dan biasanya peran dari project manager ini sangat menentukan keberlangsungan hidup suatu perusahaan.

4. IT Consultant

Kalau kamu bekerja sebagai IT Consultant nanti biasanya kamu akan membantu klien yang ingin menggunakan jasa IT di pekerjaannya. IT consultant juga membantu perusahaan dalam meningkatkan struktur dan efisiensi sistem di ITnya.

5. Programmer

Berbekal pengetahuannya di bidang IT, lulusan Sistem Informasi juga dapat bekerja sebagai Programmer. Bila coding jadi pilihanmu nanti, kamu boleh juga mempertimbangkan Sistem Informasi sebagai salah satu pilihan jurusan kuliah.

Gimana menurutmu tentang jurusan sistem informasi? Udah siap bekerja sebagai seorang IT di dunia bisnis? Yuk, klik halaman ini untuk mencari tahu informasi lebih lanjut tentang jurusan sistem informasi di UNTAR.

Semoga artikel dari goKampus bisa berguna untukmu ya! Jangan lupa, download aplikasi goKampus di Google Play dan App Store, karena ada banyak banget informasi tentang dunia perkuliahan di sana! Bareng goKampus, semua #Pastibisakuliah

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *