belajar programming
Tips Belajar

Belajar Programming secara Autodidak, Kenapa Gak?

Kuliah semakin mahal. Saat ini, biaya masuk universitas sudah jauh lebih mahal daripada 10 tahun lalu. Bahkan, di beberapa kampus sudah mencapai dua kali lipat. Lalu, gimana kalau ingin belajar programming tapi dananya kurang? Tenang, belajar programming bisa secara autodidak tanpa harus berkuliah!

Cara Belajar Programming secara Autodidak

Tentunya, ada beberapa hal yang harus kamu ikuti lebih dulu. Yuk, kita bahas tips untuk kamu yang ingin belajar programming secara autodidak!

1. Belajar algoritma dasar

Langkah pertama dalam belajar programming adalah mempelajari dasar-dasar algoritma. Algoritma merupakan sekumpulan instruksi yang terstruktur dan terbatas yang terimplementasikan dalam bentuk program komputer untuk menyelesaikan suatu masalah komputasi tertentu.

Algoritma sangat penting calon programmer pelajari. Dengan menguasai algoritma dasar, nantinya kamu akan lebih mudah dalam langkah selanjutnya.

2. Tentukan bahasa pemrograman yang ingin kamu pelajari

Langkah berikutnya adalah menentukan bahasa pemrograman yang ingin kamu pelajari. Cari di internet dan lihatlah informasi mengenai bahasa pemrograman yang ingin kamu pelajari.

Dengan menentukan materi yang ingin kamu pelajari, kamu akan lebih fokus. Meskipun apa yang kamu pelajari secara autodidak gak akan seluas bidang studi kuliah di jurusan teknik informatika, kamu bisa benar-benar menguasai hard skill dengan baik. Dengan menjadi ahli, nantinya kamu akan lebih mudah bekerja.

Baca Juga: Tips Belajar Bahasa Pemrograman C++ untuk Pemula

3. Jangan biasakan copy-paste

Ketika pertama kali belajar programming, kamu akan copy-paste kode dan mengutak-atiknya untuk mempelajari sebuah program bisa bekerja. Namun, perilaku copy-paste ini jangan sampai jadi kebiasaan. Jika kamu sudah tahu dasar-dasar cara kerja program, coba deh kembangkan sendiri dari nol. Dengan begitu, kemampuanmu akan semakin berkembang.

4. Praktik terus-menerus

Dalam bidang ilmu seperti programming, percuma saja jika kamu cuma tahu teori tanpa mempraktikannya. Teruslah melakukan praktik agar kemampuanmu semakin berkembang.

5. Mengikuti online course

Ada berbagai platform untuk belajar yang ada di internet untuk kamu yang ingin belajar secara autodidak. Memang platform ini banyak yang berbayar, tapi banyak juga yang gratis. Lagipula, ini masih lebih murah daripada kuliah, kok.

Itulah cara belajar programming secara autodidak. Kalau tertarik dengan programming, kamu bisa belajar banyak hal di goKampus. Psst, goKampus punya kelas sertifikasi dari salah satu platform terkemuka dunia, yaitu Amazon Web Services (AWS). Kamu bisa belajar dari mana saja secara online, dapat sertifikat, dan kelasnya masih gratis, loh! Buruan cek beragam kelas AWS di sini, yuk!

Ada kelas Dasar-Dasar Analisis Data AWS, Pengantar Direktori AWS Cloud, Algoritma Machine Learning, Pemahaman & Migrasi Database AWS, dan kelas lainnya yang bisa kamu pelajari di goKampus. Yuk, #LearnBetterGoFaster!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *