apa itu sales executive
Tips Belajar

Apa Itu Sales Executive? Apa Sih Tugas dan Tanggung Jawab Kerjanya

Kamu pasti pernah mendengar atau terlibat kerja bareng dengan sales executive. Bedanya apa sih dengan jenis sales lain? Nah, di artikel ini kita akan bahas mengenai pengertian sales executive dan tanggung jawab kerjanya. Simak yuk. 

Satu hal utama yang perlu kamu ketahui adalah seorang sales executive bukan hanya berjualan. Peran mereka justru lebih dari itu. Apalagi kalau kamu memahami apa saja tugas-tugas yang harus mereka lakukan. 

Secara garis besar, mereka memang jualan. Tapi jualan yang mereka lakukan bukan jualan seperti pada umumnya. Sekurangnya ada tiga bentuk penjualan yang dilakukan seorang sales executive. Mereka bisa menjual produk dan layanan perusahaan kepada individu, bisnis lain, dan organisasi pemerintah. Nah, pasar penjualannya ini bisa meliputi dalam negeri (domestik) atau luar negeri (internasional).

Seorang sales executive gak hanya dituntut mendekati pelanggan potensial dengan tujuan untuk memenangkan bisnis baru saja. Kamu juga akan didorong untuk mampu terus menjaga hubungan yang baik dengan klien yang sudah berjalan. Sehingga kerja sama bisnis dapat dilakukan berulang.

Baca Juga: Mengenal Business Development, Harus Punya Kualifikasi Apa Saja?

Apa Saja Tipe-Tipe Sales Executive?

Ada banyak pekerja serupa lainnya yang berkaitan dengan keahlian sales. Di antaranya seperti sales representatives, sales consultant, manager wilayah atau business development representatives. Kalau apa itu sales executive, biasanya memainkan peran besar dalam dua kategori utamanya, yakni: Business to business (B2B) dan Business to customer or customer (B2C). Nah, tanggung jawab pekerjaan dari sales executives ini berada di antara dua pilihan tersebut.

Tanggung Jawab B2B Sales Executives:

  1. Membangun hubungan kerja yang baik
  2. Memahami kebutuhan pelanggan bisnis yang kamu hadapi
  3. Meneliti pasar dan produk terkait
  4. Memproduksi produk atau layanan dengan carat atap
  5. Melakukan hubungan tatap muka yang profesional

Tanggung Jawab B2C Sales Executives:

  1. Mendengar kebutuhan pelanggan, termasuk hadir melakukan penjualan dengan sasaran tepat
  2. Memelihara dan mengembangkan hubungan dengan pelanggan yang ada secara langsung, maupun melalui panggilan telepon, email, dan nonverbal lainnya
  3. Mengatur pertemuan dengan pelanggan potensial untuk mengatur prospek bisnis baru
  4. Menanggapi email masuk dan menerima pertanyaan dari panggilan telepon
  5. Memegang peran sebagai kontak antara perusahaan dan pasar yang ada serta pasar potensial lainnya
  6. Menegosiasikan persyaratan  perjanjian dan menutup penjualan
  7. Mengumpulkan informasi pasar dan pelanggan
  8. Menghadapi berbagai tantangan dengan tujuan akhir untuk membuat pelanggan ingin beli
  9. Memberi saran tentang pengembangan produk yang akan datang sekaligus mengambil langkah promosi yang sesuai
  10. Membuat dokumen proposal terperinci
  11. Memeriksa jumlah stok barang sekaligus membuat perhitungan biaya yang akurat dan cepat dan membuat penawaran kepada pelanggan yang tepat

Job Desk Sales Executive Apa Saja?

  1. Negosiasi harga, biaya, pengiriman, dan spesifikasi dengan pembeli dan manajer
  2. Berhubungan dengan pemasok untuk memeriksa kemajuan pesanan yang ada
  3. Mencatat informasi penjualan dan pemesanan, mengirimkan salinan ke kantor penjualan atau memasukan angka ke dalam sistem komputer
  4. Mewakili perusahaan di pameran dagang, acara, dan demonstrasi
  5. Menyiapkan dan menunjukan kepada perusahaan pada trend pembelian di masa depan
  6. Meninjau kinerja penjualan untuk melihat pencapaian pemenuhan target
  7. Menghadiri pertemuan tim dan berbagi praktik terbaik dengan rekan kerja

Menjadi seorang sales executive artinya kamu harus menjadi seseorang yang selalu menyukai tantangan. Detail dalam menganalisa tren di pasar juga menjadi bagian keterampilan yang harus dimiliki seorang sales executive. Apalagi persaingan pasar saat ini sudah semakin ketat. Itulah mengapa seorang sales executive juga dituntut untuk selalu meningkatkan skill dan kemampuan agar tidak ketinggalan. 

Saat ini, untuk upgrade skill dan kemampuan sudah jauh lebih mudah dan simpel. Ada banyak kelas atau online course bersertifikat dari institusi ternama yang dapat kamu ikuti dari rumah, salah satunya kelas Manajemen Penjualan di goKampus yang bisa upgrade skill kamu.

Mau dapat kelas sertifikasi sekalian upgrade ilmu secara gratis? Siapa bilang upgrade skill harus mahal? Bareng goKampus, apalagi lewat program Give One, Get One (GOGO), kamu bisa menjadi yang paling top di bidang yang kamu minati!

Dengan berbagai courses di bidang marketingdesignor even more, kamu bisa terus upgrade skill biar jadi expert dari teman-temanmu yang lain. Get 1 course for free and get more free courses saat temanmu juga ikutan kelas menggunakan referral-mu. Bagikan referral kamu sekarang, let’s go! Kepoin selengkapnya program GOGO dari goKampus di sini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *