vokasi ipb
Tips Belajar

Kurikulum Prototipe? Jurusan IPA,IPS,Bahasa Hilang

Sebagai lulusan SMA yang terkenal dengan IPA, IPS, dan Bahasa, kamu jangan kecewa dulu dengan kurikulum prototipe di 2022 ini guys! Karena mulai tahun ajaran 2022, beberapa sekolah memiliki kesempatan untuk menyelenggarakan kurikulum Prototipe sebagai alat untuk melakukan transformasi pembelajaran.

Jadi, jurusan IPA, IPS, dan Bahasa sudah tidak ada lagi! Bukan sepenuhnya tidak ada, tapi menjadi mata pelajaran opsional yang bisa kamu ambil sesuai minat dan perencanaan karir di masa depan ya.

Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Anindito Aditomo mengatakan bahwa sekolah dapat menggunakan kurikulum prototipe.

“Kurikulum Prototipe tidak disebut sebagai Kurikulum 2022 karena pada tahun 2022 sifatnya opsional. Kurikulum prototipe hanya akan diterapkan di satuan pendidikan yang berminat untuk menggunakannya sebagai alat untuk melakukan transformasi pembelajaran,” ujar Nino dilansir dari detikEdu, Senin (20/12/2021).

Menurutnya kurikulum prototipe dirancang untuk memberikan siswa ruang lebih besar dan banyak untuk pengembangan karakter dan kompetensi siswa. Di Jenjang SMA, hal ini bisa memberikan kesempatan pada siswa untuk menekuni minat dan bakatnya secara lebih fleksibel tanpa dipaksa.

“Dibandingkan dikotakkan ke dalam jurusan IPA,IPS, dan Bahasa. Siswa kelas 11 dan 12 akan boleh meramu sendiri kombinasi mata pelajaran yang sesuai dengannya. Misal, jika seorang siswa ingin menjadi insinyur akan mengambil matematika dan fisika lanjutan tanpa mengambil biologi. Dia boleh mengkombinasikan itu dengan mata pelajaran IPS, bahasa, yang sejalan dengan minat dan rencana karir di masa depan, ” katanya.

Gimana nih menurut teman-teman semua yang mungkin selama ini merasakan menjadi anak IPS dan anak IPA? Mau apapun jurusan pas SMA yang kamu ambil, sebaiknya kamu ambil dengan pemikiran yang matang dan sesuai dengan hal yang kamu suka. Karena di jenjang perkuliahan nantinya, kamu akan belajar hal-hal yang jauh lebih spesifik dan lebih menjurus ke karir dan skill yang ingin kamu tekuni.

Belum menemukan apa pelajaran atau skill yang kamu suka? Gak perlu khawatir! Semua orang seumuran kamu juga merasakan hal yang sama. Tapi, kamu bisa explore dan mendapatkan pengalaman belajar secara lengkap dengan mengikuti kelas-kelas online di goKampus University loh. Ada 10+ kelas online bersertifikat siap kerja yang bisa kamu ikuti untuk mengasah skill kamu! Penasaran ada apa aja kelasnya? Klik di sini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *