sastra indonesia
Kategori Kelas

Sastra Indonesia, Jurusan Buat Kamu Yang Berjiwa Kreatif!

Pernahkah kamu terkesan dengan sebuah film karena alur ceritanya yang tidak terduga? Atau karena di film tersebut banyak mengandung teka-teki dan makna terselubung? Bahkan, tak jarang juga beberapa kata atau kalimat dari tokoh film tersebut yang terus menempel di kepalamu. Psst..tahu gak sih, kamu juga bisa menjadi penulis naskah film yang keren lewat jurusan sastra Indonesia loh!

Hah jurusan sastra Indonesia? Tapi aku kan anaknya gak nyastra banget

Nah, ini dia yang kamu harus tahu, jurusan sastra Indonesia itu gak melulu belajar soal sastra saja. Malah di jurusan ini, kamu bisa mempelajari berbagai banyak hal yang melibatkan kreativitas kamu. Gak hanya jadi sastrawan, lulusan sastra Indonesia pun memiliki prospek kerja yang sangat luas loh! Penasaran kan? Baca artikel ini sampai selesai!

Apa Sih Jurusan Sastra Indonesia?

Sastra Indonesia adalah jurusan yang mempelajari berbagai unsur kebahasaan atau linguistik dan berbagai macam karya sastra. Karya sastra yang dimaksud mulai dari novel, puisi, prosa, drama, dan berbagai macam lainnya. Tujuan dari mempelajari karya sastra ini agar kamu dapat memahami berbagai permainan kata dan bahasa, yang dapat menghibur dan mendidik para penikmatnya.

Tentunya dalam jurusan ini kamu gak melulu fokus pada bahasa dan sastra saja, melainkan kamu akan belajar kebudayaan, sosial dan sejarah bangsa Indonesia. Selain itu, kamu juga bisa mempelajari filsafat serta pola pikir dari para ahli. Uniknya di setiap kampus juga terdapat mata kuliah yang menarik, seperti sastra Melayu, Sansekerta, Wayang, hingga bahasa isyarat Indonesia. Menarik banget kan! Ketika lulus dari sastra Indonesia, kamu akan memiliki gelar Sarjana Sastra atau S.S.

Mata Kuliahnya?

Mata kuliah jurusan ini sangat beragam dan bervariasi. Dalam masa perkuliahan kamu juga akan melakukan banyak praktik, sehingga kemampuan komunikasi tertulis dan lisanmu akan semakin terasah. Makanya jurusan ini cocok banget untuk kamu yang hobi membaca, menulis, berdiskusi dan juga menganalisis. Gak hanya itu, kreativitas kamu juga akan banyak diuji. Jadi, siap-siap ya…

1. Pengantar Ilmu Sastra14.  Pengkajian Naskah
2. Pengantar Linguistik Umum15.  Sinematografi
3. Fonologi16.  Sosiolinguistik
4. Sejarah Sastra17.  Dialektologi
5. Sastra Lisan18.  Psikolinguistik
6. Sastra Wayang19.  Bahasa Isyarat Indonesia
7. Folklore20.  Kritik Sastra
8. Morfologi21.  Sosiologi Sastra
9. Estetika22.  Psikologi Sastra
10.  Retorika23.  Antropologi Sastra
11.  Sintaksis24.  Menulis Kreatif
12.  Jurnalistik25.  Penyutradaraan
13.  Kebudayaan Indonesia26.  Penulisan Skenario

Kampusnya Di Mana?

Bisa berkuliah di kampus favorit pasti menjadi impian banyak teman-teman semua. Nah, ini dia beberapa universitas yang memiliki jurusan sastra Indonesia dan sudah terakreditasi A oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Kira-kira ada gak kampus idamanmu?

1. Universitas Indonesia

2. Universitas Gadjah Mada

3. Universitas Diponegoro

4. Universitas Pendidikan Indonesia

5. Universitas Airlangga

6. Universitas Udayana

7. Universitas Hasanuddin

8. Universitas Jember

9. Universitas Negeri Jakarta

10. Universitas Padjadjaran

Baca Juga: Yuk, Belajar Sambil Menekuni Hobi Di Sastra Jepang!

Gimana Prospek Kerjanya?

Harus kamu ketahui, bahwa lulusan sastra Indonesia ternyata memiliki kesempatan dan peluang yang sangat luas dalam dunia kerja loh. Tidak hanya menjadi sastrawan dan seniman, tetapi kamu juga dapat menjadi editor bahasa, copywriter, creative writer, jurnalis, kedutaan besar, akademisi, penyiar radio atau televisi, penerjemah, content creator, penulis naskah, hingga bekerja di lembaga penelitian dan instansi pemerintah. Banyak peluang kan?

Gimana? Semakin tertarik belajar sastra Indonesia untuk meraih cita-citamu? Eits, tapi ada juga jurusan sastra lain, misalnya seperti sastra Jepang, sastra Inggris, dan sastra Arab. Penasaran? Kamu bisa baca semuanya di goKampus loh! Langsung klik di sini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *