hari bumi sedunia
Tips Belajar

Kenapa Hari Bumi Sedunia Penting? Ini Penjelasan Lengkapnya!

Pada 22 April 2022 ini, kita memperingati Hari Bumi Sedunia atau Earth Day. Siapa yang baru tau, nih? Mungkin kamu sudah sering mendengar “Hari Bumi” baik dari kuis yang sempat ramai beberapa waktu lalu atau dari sejumlah artikel. Tapi, sebenarnya kamu tau gak sih, kenapa bisa ada peringatan Hari Bumi Sedunia? Bagaimana asal usulnya dan seberapa penting peringatan Hari Bumi Sedunia ini untuk kita? Biar kamu gak penasaran, yuk baca penjelasan selengkapnya!

Sejarah Hari Bumi Sedunia

Mengutip dari web Earth Day, pencetus Hari Bumi Sedunia pertama kali ialah Gaylord Nelson dan tercetus pada 1970. Awalnya, Nelson merasa khawatir dengan keadaan lingkungan yang memburuk di Amerika Serikat. Pada 1960 sampai 1970-an masyarakat Amerika terus-menerus menghirup gas timbal yang berasal dari asap mobil, industri serta lumpur pabrik yang tak terkontrol. Ia juga menyaksikan sendiri bagaimana tumpahan minyak secara besar-besaran di Santa Barbara, California pada 1969 yang menyebabkan kerusakan lingkungan. Seiring berjalannya waktu, polusi udara dan air ini terus menghantui masyarakat Amerika. Namun, gak ada yang menyadari jika polusi tersebut sangat berbahaya bagi kesehatan.

Pencemaran lingkungan ini juga menyita perhatian seorang penulis bernama Rachel Carson yang menerbitkan buku berjudul “Silent Spring” pada 1962. Buku ini berfokus pada masalah lingkungan dan bertujuan meningkatkan kesadaran serta kepedulian publik terhadap organisme hidup, lingkungan hingga efek pencemaran terhadap kesehatan. Tak disangka buku ini laris terjual lebih dari 500.000 eksemplar di 24 negara.

Melihat banyaknya kerusakan lingkungan yang terjadi, Nelson membuat gerakan atau aksi unjuk rasa besar-besaran yang dinamakan Earth Day pada 22 April 1970. Aksi ini diikuti ribuan perguruan tinggi dan universitas dengan total lebih dari 20 juta orang Amerika. Mereka berunjuk rasa terkait dampak 150 tahun pembangunan industri serta isu pencemaran lingkungan di Amerika Serikat. Pada akhir 1970, terbentuklah Badan Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat dan undang-undang terkait lingkungan pun pertama kalinya sah. Hal ini membuktikan jika Hari Bumi mampu menyadarkan publik tentang bahaya pencemaran lingkungan.

Pentingnya Peringatan Earth Day

Seiring dengan berjalannya waktu, setiap tahun Hari Bumi Sedunia memiliki beragam tema dan tujuan yang berbeda. Tema Hari Bumi 2022 ialah “Invest Our Planet“. Tema ini membuat kita lebih sadar terhadap populasi yang terus bertambah, berkurangnya keanekaragaman hayati serta menurunnya kualitas lingkungan. Inilah yang membuat Hari Bumi sangat penting untuk kita peringati agar kita lebih sadar dengan bahaya polusi, krisis iklim global, nilai-nilai kemanusiaan hingga cara menyelematkan bumi maupun lingkungan.

Baca Juga: Lawan Pemanasan Global dengan Melakukan Hal Ini di Hari Bumi!

Itulah sejarah beserta alasan pentingnya memperingati Hari Bumi setiap tahunnya. Gimana? Kamu makin tertarik mencari jurusan yang berhubungan dengan lingkungan? Yuk, ketahui informasi mengenai jurusan yang kamu minati di Direktori Jurusan atau klik di sini untuk cek jurusan yang berhubungan dengan lingkungan.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *