arti meditasi
Tips Belajar

Arti Meditasi dan Bedanya dengan Yoga

Banyak orang yang beranggapan arti meditasi sama dengan yoga. Padahal, keduanya punya perbedaan yang signifikan meski punya manfaat yang mirip. Lalu, apa saja sih yang membedakan meditasi dengan yoga? Yuk, langsung kepoin arti meditasi dan bedanya dengan yoga di artikel ini!

Arti Meditasi yang Perlu Kamu Tahu

Sederhananya, arti meditasi adalah aktivitas yang bertujuan untuk menenangkan tubuh dan pikiran. Meditasi telah menjadi bagian integral dari banyak agama dan pertama kali ditemukan atau dibicarakan dalam bentuk tertulis di sekitar abad ke-15 SM di India. Sejak itu, meditasi makin punya peran penting dalam banyak agama di seluruh dunia, terutama Buddha dan Kepercayaan Timur lainnya. 

Seiring perkembangan zaman, meditasi gak lagi hanya untuk kegiatan spiritual. Berbagai riset telah membuktikan bahwa meditasi juga dapat memberikan banyak manfaat untuk mendukung produktivitas sehari-hari dan kesehatan mental maupun fisik. Sejak itulah, meditasi banyak orang-orang lakukan untuk kebutuhan kesehatan. 

Sedangkan yoga sederhananya adalah aktivitas olah tubuh dan pikiran yang fokus pada kekuatan, fleksibilitas dan pernapasan untuk meningkatkan kualitas mental dan fisik. Sama-sama dari India, praktik yoga sudah ada sejak 5.000 tahun yang lalu.

Secara filosofi, yoga merupakan cara hidup yang bertujuan untuk menghilangkan rintangan dan penderitaan hidup demi mencapai tujuan spiritual tertinggi atau realisasi diri. Dengan melakukan yoga, seseorang bisa lebih mawas diri dengan kondisi tubuhnya dan benar-benar sadar terhadap apa yang sedang terjadi pada momen tersebut. 

Baca Juga: 7 Fakta Salah Kaprah tentang Apa Itu Meditasi

Lalu, Apa Beda Meditasi dan Yoga?

Setelah memahami arti meditasi, kamu mungkin penasaran, apa saja perbedaan antara meditasi dan yoga? Yuk, cek satu per satu!

1. Meditasi bagian dari yoga

Komponen utama yoga adalah postur yang meliputi serangkaian gerakan untuk meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas serta teknik pernapasan. Sementara, meditasi gak melibatkan latihan gerakan tubuh. Meditasi sendiri sebenarnya bagian dari yoga yang biasanya dilakukan setelah kamu selesai memperagakan serangkaian pose yoga.

2. Perbedaan pada sistem saraf

Saat melakukan yoga, sistem saraf pusat melepaskan sinyal ke bagian motorik tubuh untuk mengkontraksikan otot. Orang-orang pun akan merasa tubuhnya bergetar setelah olahraga. Nah, saat seperti inilah meditasi perlu untuk membuat tubuh stabil kembali. 

3. Yoga dapat menimbulkan risiko cedera fisik, sedangkan meditasi lebih aman

Yoga bisa menimbulkan risiko berupa cedera fisik pada orang-orang dengan kondisi tertentu, misalnya mereka yang sudah lanjut usia atau pasien yang memiliki penyakit tulang. Itulah alasan umumnya yoga sangat aman bila kita lakukan dengan benar di bawah bimbingan instruktur yang berkualifikasi. 

Sementara, meditasi lebih fleksibel dan bisa semua orang lakukan dengan aman. Untuk meditasi, kamu cukup duduk bersila selama beberapa menit dan mencoba memfokuskan energi dalam tubuh pada objek di sekitar. Meditasi gak memerlukan gerakan badan atau pose seperti latihan yoga.

Nah itulah tadi beberapa perbedaan arti meditasi dengan yoga yang ternyata cukup signifikan. Awalnya, meditasi memang untuk membantu memperdalam pemahaman tentang kehidupan. Makanya nih, meditasi lebih banyak dilakukan untuk relaksasi dan mengurangi stres.

Namun, terlepas dari perbedaan yang ada, yoga dan meditasi sama-sama bermanfaat dan saling terhubung satu sama lain. Melakukan kombinasi keduanya mungkin dapat memberikan efek yang optimal untuk kondisi kamu.

Oh iya, kamu mau dapat kelas sertifikasi sekalian upgrade ilmu secara gratis? Siapa bilang upgrade skill harus mahal? Bareng goKampus, apalagi lewat program Give One, Get One (GOGO), kamu bisa menjadi yang paling top di bidang yang kamu minati!

Dengan berbagai courses di bidang marketingdesignor even more, kamu bisa terus upgrade skill biar jadi expert dari teman-temanmu yang lain. Get 1 course for free and get more free courses saat temanmu juga ikutan kelas menggunakan referral-mu. Bagikan referral kamu sekarang, let’s go! Kepoin selengkapnya program GOGO dari goKampus di sini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *