fungsi algoritma
Tips Belajar

Beragam Fungsi Algoritma yang Perlu Kamu Ketahui

Kamu mungkin sudah gak asing dengan istilah yang satu ini? Yup, algoritma pasti sudah sering kamu dengar atau baca, apalagi di era yang serba mengandalkan teknologi dan internet ini. Namun, sudahkah kamu tahu apa saja fungi algoritma? Yuk, kepoin fungsi algoritma di artikel ini!

Sebelum mengetahui beragam fungsi algoritma, kamu perlu mengetahui terlebih dahulu apa itu algoritma. Mungkin yang ada di bayanganmu algoritma adalah deretan angka yang ribet dan kompleks atau hal-hal yang berkaitan dengan ilmu matematika dan bahasa pemrograman. Gak salah kok, algoritma memang seperti itu.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), algoritma adalah prosedur sistematis untuk memecahkan masalah matematis dalam langkah-langkah terbatas atau bisa juga berarti sebagai urutan logis pengambilan keputusan dalam memecahkan masalah. Namun, singkatnya, algoritma adalah susunan langkah komputasi untuk menyelesaikan suatu masalah.

Algoritma juga menjadi kunci utama dalam memecahkan masalah dengan cara yang logis dan sistematis. Gak hanya untuk memecahkan masalah dalam pemrograman, algoritma juga bisa untuk menyelesaikan masalah di kehidupan sehari-hari. Masalah di hidup kita misalnya, akan lebih mudah kita selesaikan kalau kita tahu apa yang harus kita lakukan dengan tahapan-tahapan logis yang sudah runut.

Lalu, Apa Saja Fungsi Algoritma?

Algoritma punya peranan yang penting. Berikut beberapa fungsi algoritma yang perlu kamu ketahui!

  1. Algoritma dapat memperkecil kesalahan atau error dalam proses pemrograman.
  2. Membantu pengembang program mencari kesalahan atau error dari program yang sudah dibuat sebelumnya.
  3. Algoritma mampu menyelesaikan masalah yang terjadi dengan langkah-langkah yang sistematis dan logis.
  4. Mempermudah atau membantu kita dalam mengubah program yang rumit menjadi lebih sederhana.
  5. Algoritma membantu pembuatan program yang lebih terstruktur dan logis.
  6. Memudahkan kita untuk mendokumentasikan hal-hal yang sedang dikerjakan.

Baca Juga: Sering Dilakukan, Ini Contoh Algoritma di Kehidupan Sehari-hari

Nah, itulah beragam fungsi dari algoritma. Setelah mengetahui tentang algoritma, apakah kamu semakin tertarik untuk mendalaminya? Tahukah kamu kalau relevansi kemampuan lulusan perguruan tinggi di Indonesia dengan kebutuhan industri masih berada di kisaran 64% berdasarkan Future of Jobs Report, World Economic Forum 2020?

Sambil mempersiapkan diri di dunia kerja dengan posisi yang terus berkembang, kamu bisa ambil kelas algoritma dari Amazon Web Services (AWS) di goKampus. Psst, kelasnya masih GRATIS! Kapan lagi bisa upgrade skill gratis plus dapat sertifikat? Kepoin juga kelas AWS lainnya di sini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *