pelestarian lingkungan hidup
Tips Belajar

7 Contoh Upaya Pelestarian Lingkungan Hidup Dalam Keseharian

Banyak cara untuk melakukan upaya pelestarian lingkungan hidup. Tapi intinya, pelestarian lingkungan hidup harus mulai dari diri sendiri. Sebab, perbuatan kecil akan menjadi berarti jika banyak orang yang melakukannya, ya kan?

Apa Saja Upaya Untuk Menjaga Pelestarian Lingkungan Hidup?

Batasi Penggunaan Listrik

Mungkin kamu sendiri yang membayar tagihan listrik di rumahmu. Tapi biarpun kamu merasa mampu membayar, jangan lupa untuk tetap menggunakan listrik secara bijaksana. Dengan menghemat listrik, kita membantu mengurangi emisi gas rumah kaca ke atmosfer. Kalau merasa udara sudah cukup dingin, coba matikan AC. Kamu juga bisa mendesain rumah yang memungkinkan kamu gak perlu menyalakan lampu di siang hari. 

Batasi Penggunaan Air

Di Indonesia, kita memiliki sumber air tawar yang sangat melimpah. Namun, bukan berarti kamu bisa boros air. Ingat, di beberapa daerah kering seperti Afrika, sangat sulit mendapatkan air bersih. Masa kamu malah boros dalam menggunakan air? Segera tutup keran yang masih terbuka. Jika ada keran bocor, segera perbaiki. Fun fact: mandi pakai shower lebih irit dari mandi dengan gayung.

Batasi Penggunaan Kendaraan Pribadi

Oke lah, mobil dan motor milik sendiri memang sangat berguna dalam situasi tertentu. Namun, emisi gas buang hasil kendaraan bermotor bisa menjadi polusi udara yang bikin atmosfer semakin buruk. Jika memungkinkan, beralihlah ke transportasi umum seperti bus dan kereta. Bakal lebih baik lagi jika kamu bike to work/campus. Selain mendukung upaya pelestarian lingkungan hidup, sepedaan juga bisa membuat badanmu jadi sehat.

Donasikan Barang Bekas

Punya barang bekas yang tak terpakai? Jangan dibuang, lebih baik jual saja di marketplace. Gak ada yang mau beli barang bekas kamu? Coba deh, kamu mendonasikan barang tersebut untuk orang-orang yang mungkin membutuhkannya. Misalnya, kamu bisa menyumbang baju yang sudah gak muat ke panti asuhan terdekat.

Baca Juga: 5 Masalah Lingkungan Hidup Akibat Ulah Manusia

Kelola Sampah dengan Benar

Ini sih seharusnya sudah gak perlu diingatkan ya. Pengelolaan sampah adalah salah satu bagian terpenting dari pelestarian lingkungan hidup. Recycle saja barang yang bisa digunakan kembali. Selalu buang sampah sesuai pada tempat dan kategori sampah tersebut. Jangan pernah membuang sampah ke area perairan seperti sungai atau selokan. Jika bandel, jangan salahkan siapa-siapa jika tiba-tiba daerahmu kebanjiran.

Kurangi Penggunaan Plastik

Kini, beberapa waralaba makanan tidak menggunakan sedotan plastik dan kantong plastik. Mereka bukannya ngirit, tapi ada alasan kuat di balik itu. Plastik adalah bahan yang sulit sekali untuk terurai secara alami. Oleh karena itu, kita harus mengurangi penggunaan plastik untuk upaya pelestarian lingkungan hidup. Coba deh, kamu bawa tote bag saat berbelanja di pasar. Saat makan di luar, gunakan sumpit dan sedotan milik sendiri yang terbuat dari besi sehingga bisa dicuci dan digunakan kembali.

Menanam Pohon

Saat ini, menanam dan memelihara pohon sedang menjadi tren. Ini merupakan tren yang keren dan sangat membantu pelestarian lingkungan hidup. Sebab sekecil apapun, tanaman merupakan bagian dari paru-paru Bumi. Tanaman dapat menjadi sumber oksigen dan membantu mengurangi emisi gas rumah kaca.

Meski sederhana, 7 cara di atas bisa membantumu melakukan upaya pelestarian lingkungan hidup. Kamu tertarik mencari jurusan yang berhubungan dengan lingkungan? Saatnya cari tahu informasi mengenai jurusan yang kamu minati dengan pilihan Jurusan atau klik di sini untuk jurusan yang berhubungan dengan lingkungan. Selamat mencoba ya!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *