Sejak Pemerintah menerapkan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) yang artinya berbagai kegiatan harus dibatasi pergerakannya, banyak masyarakat yang harus mulai membiasakan diri berada di dalam rumah. Tidak terkecuali juga bagi para mahasiswa yang menjalani masa kuliahnya secara daring atau online.

Tidak hanya kantor-kantor yang terpaksa ditutup sementara selama PSBB ini berlaku, tetapi juga sekolah-sekolah hingga universitas. Hal ini bertujuan untuk memutus tali penyebaran virus corona yang sudah menyerang hampir di seluruh wilayah Indonesia.

Baca Juga: Meski di Rumah Aja dan Berpuasa, Yuk Tetap Produktif!

Para mahasiswa terpaksa harus mulai membiasakan diri untuk belajar di rumah, mengikuti kuliah secara daring, begitu juga dengan mengerjakan beragam tugas. Bahkan, mahasiswa yang tengah menuntaskan tugas akhir atau skripsi, terpaksa dilakukan secara terbatas.

Kebiasaan baru ini tentu harus mampu diadaptasi oleh mahasiswa. Karena jika tidak, maka hanya rasa malas yang akan menan. Itu dipastikan akan berakibat fatal, dimana tidak menutup kemungkinan banyak mata kuliah yang terpaksa mengulang di semester berikutnya. Tentu kamu tidak ingin hal itu terjadi bukan?

Nah, untuk membantu kamu para mahasiswa agar tetap merasa semangat menjalani masa kuliah selama pandemi corona ini, berikut ini 3 tips mahasiswa yang dijamin berkhasiat dan berhasil!

Menentukan Prioritas

Meski di rumah aja, bukan alasan untuk bermalas-malasan, hanya rebahan dan tidak mengerjakan apa-apa. Ingat, bahwa kamu masih berstatus mahasiswa aktif yang tentu saja punya kewajiban untuk kuliah secara daring, mengerjakan tugas, dan lain sebagainya.

Selain itu, momen di rumah aja ini pastinya juga kamu manfaatkan untuk melakukan kegiatan lainnya. Diantaranya seperti menonton film atau series, nonton drama korea (drakor), menghabiskan novel atau buku kesukaan, dan lain sebagainya.

Dari banyaknya kegiatan tersebut, menjadi penting untuk kamu menentukan prioritas. Mana kegiatan yang benar-benar utama dan harus segera dikerjakan agar cepat selesai, dan mana kegiatan yang bisa ditunda karena memang itu hanya untuk hiburan semata.

Ini tips mahasiswa yang pertama untuk kamu tetap memilkiki rasa semangat yang tinggi. Dengan menentukan prioritas, hasil dari pekerjaan atau tugas akan jauh lebih maksimal. Daripada mengerjakkan tugas di waktu-waktu akhir atau deadline yang hasilnya hanya sekadar jadi saja.

Membagi Waktu

Setelah kamu mampu mengatur prioritas pekerjaan, tips kedua agar tetap semangat kuliah selama pandemi corona ini adalah dengan mengatur waktu sebaik mungkin. Jangan habiskan waktumu hanya untuk bermain-main saja tanpa melakukan hal yang benar-benar produktif.

Tidak ada salahnya memang jika kamu ingin menghabiskan waktu untuk hiburan agar tidak bosan. Tapi menjadi salah jika kamu terjebak didalam kebiasaan buruk tersebut. Hal itu hanya akan membuat kamu bermalas-malasan dan melupakan pekerjaan lainnya yang padahal sangat penting.

Bagi waktu yang kamu miliki dengan sebaik mungkin. Mulailah dulu dengan melihat jadwal kuliah kamu. Catat jadwal tersebut dengan memasang alarm pada smartphone kamu. Sehingga, kamu tidak akan ketinggalan jadwal kuliah beserta tugas-tugas yang diberikan oleh dosen.

Hiburan Juga Penting

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa menghabiskan waktu untuk hiburan itu tidak ada salahnya, karena tujuannya untuk menghilangkan rasa jenuh atau bosan yang sering mengganggu. Namun perlu diingat ya, bahwa hiburan itu hanya sesekali saja, bukan berulang kali bahkan sering. Itu namanya bukan hiburan, tapi menjadi pekerjaan tetap. Jangan terjebak didalamnya, karena hanya akan menghilangkan nilai produktifitas dalam diri kamu.

Untuk itulah, hiburan ini sifatnya hanya sementara dan hanya dilakukan sesekali saja. Tetaplah kembali pada prioritas utama kamu dan tentu saja waktu yang juga sudah kamu atur sebaik mungkin. Tips mahasiswa yang terakhir ini juga tidak kalah pentingnya loh!

Untuk kamu yang memiliki adik atau teman-teman yang sedang ingin melanjutkan pendidikan tinggi tapi bingung bagaimana daftar kuliah karena tidak universitas sedang tutup, tak perlu risau. Kamu cukup kasih tahu saja untuk download aplikasi goKampus di App Store dan Google Play Store.

Hanya cukup melalui aplikasi goKampus, dengan mudah kamu bisa langsung daftar kuliah. Bahkan, cukup dengan melampirkan nilai rapor, kamu juga langsung bisa diterima di universitas pilihan!

Tidak hanya itu, di aplikasi goKampus, kamu juga bisa mendapatkan beasiswa kuliah, mengajukan dana pendidikan, informasi seputar magang dan event kampus, serta promo mahasiswa. Jadi, download aplikasi goKampus sekarang juga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like