lab mikrobiologi
Kategori Kelas

7 Alat Penting di Lab Mikrobiologi, Bekal Untuk Proses Penelitian

Setiap laboratorium pasti memiliki berbagai peralatan khas. Laboratorium atau lab mikrobiologi adalah tempat khusus untuk keperluan penelitian yang berhubungan dengan ilmu mikrobiologi. Apa itu ilmu mikrobiologi? Ilmu ini merupakan cabang ilmu dari biologi yang khusus mempelajari mikroorganisme.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Mikrobiologi, Ilmu yang Gak Banyak Orang Tahu!

Peralatan Penting yang Ada di Lab Mikrobiologi

Mikroskop

Alat yang satu ini sangat krusial dalam sebuah lab mikrobiologi. Sebab, saking ukurannya sangat kecil, mikroorganisme gak terlihat dengan mata telanjang. Pada abad ke-17, salah satu Bapak Ilmu Mikrobiologi yaitu Antonie van Leeuwenhoek meneliti bakteri dan mikroorganisme lain menggunakan mikroskop berlensa tunggal yang ia desain sendiri. Penelitian beliau membuka mata dunia akan ilmu mikrobiologi yang kelak berperan penting dalam pengembangan vaksin, obat-obatan, teknik pengawetan makanan, dan sebagainya.

Autoklaf (Autoclave)

Autoklaf adalah sebuah mesin untuk melakukan sterilisasi terhadap peralatan laboratorium dengan menggunakan uap dengan suhu dan tekanan tinggi untuk mematikan virus, bakteri, jamur, dan organisme berbahaya lainnya yang menggentayangi benda-benda lain pada laboratorium mikrobiologi. 

Oven

Biasanya, lab mikrobiologi memiliki oven. Maksudnya bukan oven untuk memanggang kue, ya! Seperti autoklaf, oven berfungsi sebagai alat sterilisasi. Jika autoklaf menggunakan uap panas, oven menggunakan panas kering.

Cawan Petri

Cawan petri atau disebut juga petri dish merupakan peralatan dasar di banyak laboratorium apapun, termasuk lab mikrobiologi. Kegunaannya banyak, dari menimbang sampel lab hingga mengeringkan sampel. Cawan petri ada yang sekali pakai, ada juga yang pemakaiannya berulang-ulang.

Tabung Reaksi dan Tabung Durham

Di lab mikrobiologi, umumnya tabung reaksi digunakan sebagai tempat pengenceran atau menyimpan sampel. Sementara, tabung durham memiliki ukuran mirip, tapi fungsinya untuk menjadi alat bantu indikator adanya fermentasi.

Sentrifugator

Namanya sih seram, tapi sentrifugator hanyalah sebuah alat untuk mempelajari struktur dan fungsi dari suatu komponen sel. Dengan gaya sentrifugal, substansi yang berat akan mengendap, sementara substansi yang ringan akan berada di atas. Nah, jadi sentrifugator berfungsi untuk memisahkan setiap komponen sel berdasarkan berat jenisnya.

Inkubator

Alat ini untuk mengerami (menginkubasi) suatu biakan mikroorganisme. Dengan alat pengatur suhu, inkubator memungkinkan tersedianya kondisi temperatur yang optimal untuk pertumbuahan suatu mikroorganisme.

Keren-keren kan alat dalam lab mikrobiologi? Tertarik dengan jurusan ini atau kamu sedang menimbang untuk jurusan lain? Tenang, kamu bisa daftar kuliah secara cepat dan mudah melalui goKampus. Tinggal upload rapor, 1 jam diterima! Semudah itu! Klik di sini untuk pendaftaran ya!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *